Comscore Tracker

Surat At-Takasur Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaan

Yuk, mengimaninya agar terhindar dari fitnah dan siksa kubur

Surat At-Takasur terdiri dari 8 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah. At-Takasur sendiri artinya bermegah-megah dan namanya merujuk pada lafaz at-takasur yang terdapat dalam ayat pertama surat ini.

Surat ini termasuk dalam Juz 'Amma atau juz 30 dan menempati urutan surat ke-102. Berikut bacaan arab dan latin surat At-Takasur, lengkap dengan kandungan dan keutamaannya. Yuk, simak!

1. Surat At-Takasur ayat 1–8 beserta artinya

Surat At-Takasur Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan KeutamaanIlustrasi Al-Qur'an (pixabay.Com/cahiwak)

Surat ini merupakan pengingat kepada umat muslim akan perbuatan di dunia yang termasuk merugi. Lebih lanjut, berikut bacaan arab surat At-Takasur, latin dan artinya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmannirrahiim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Ayat 1

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ

Al-hākumut-takāsur.

Artinya: "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,"

Ayat 2

حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَۗ

Hattā zurtumul-maqābir.

Artinya: "sampai kamu masuk ke dalam kubur."

Ayat 3

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ

Kallā saufa ta’lamụn.

Artinya: Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),"

Ayat 4

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ

Summa kallā saufa ta’lamụn.

Artinya: "Kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui."

Ayat 5

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗ

Kallā lau ta’lamụna ‘ilmal-yaqīn.

Artinya: "Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti."

Ayat 6

لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙ

Latarawunnal-jahīm.

Artinya: "Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim,"

Ayat 7

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙ

Summa latarawunnahā ‘ainal-yaqīn.

Artinya: "kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri,"

Ayat 8

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

Summa latus'alunna yauma'iżin ‘anin-na’īm.

Artinya: "kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)."

2. Makna surat At-Takasur

Surat At-Takasur Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan KeutamaanIlustrasi membaca Al-Qur'an (unsplash.com/RachidOucharia)

Surat At-Takasur yang bermakna bermegah-megahan ini dengan jelas menunjukkan bahwa itu adalah perbuatan yang merugi. Allah SWT menyukai hamba yang selalu hidup dalam kesederhanaan dan selalu rendah hati.

Sikap manusia yang suka bermegah-megahan dalam hidupnya akan membuat dirinya terjerumus ke dalam Jahanam dan kekal di dalamnya. Akhir surat At-Takasur, dijelaskan bahwa di hari kiamat nanti, manusia akan diminta pertanggungjawaban atas fungsi harta benda yang dimiliki semasa hidupnya di dunia.

Baca Juga: Meski Uangmu Pas-pasan, Ini 5 Alasan Kamu Jangan Menunda untuk Beramal

3. Kandungan surat At-Takasur

Surat At-Takasur Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an (pixabay.com/ freebiespic)

Surat At-Takasur menjelaskan tentang perilaku manusia yang suka bermegah-megahan didalam kehidupan duniawi. Manusia kerap terlalu terhanyut dalam keindahan di dunia sehingga senantiasa melalaikan tujuan hidup manusia yang diciptakan oleh Allah SWT, termasuk selalu taat dan beribadah kepada-Nya.

Manusia yang gemar berfoya-foya, membelanjakan harta bendanya hanya untuk kesenangan duniawi adalah manusia yang merugi, baik di dunia dan akhirat. Hartanya tidak ada gunanya dan tidak dapat menjadi sarana penolong ketika di hari pembalasan. Dan manusia yang melalaikan hakikat hidup pun baru menyadari kesalahannya ketika ajal sudah menjemput.

4. Keutamaan surat At-Takasur

Surat At-Takasur Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi membaca Al-Qur'an (pexels.com/ Rodnae Productions)

Surat ini memuat keberkahan besar bagi siapa pun yang mengimaninya dengan sepenuh hati. Berikut beberapa keutamaan dari surat At-Takasur, yaitu:

  • Betemu Rasulullah SAW
    Sayidina Umar berkata, ”Wahai Rasulullah siapa yang kuat membaca seribu ayat?” Maka Rasulullah SAW membaca surat At-Takasur kemudian beliau bersabda, ”Sungguh demi jiwaku yang ada digenggamannya, sesungguhnya surat Al Haqumut takatsur sama dengan membaca seribu ayat.” Kemudian, bagi siapa saja yang membaca surat At-Takasur sebanyak 100 kali setiap selesai solat Isya sebelum tidur, maka atas izin Allah SWT orang tersebut dapat melihat Rasulullah SAW di dalam tidurnya.
  • Terpenuhi hajatnya dan dilimpahkan pahala
    Bagi siapa yang membaca surat At-Takasur sebanyak 1000 kali, maka Allah SWT akan terpenuhi akan hajat rezeki dan kenaikan pangkat.
  • Dilimpahkan pahala
    Allah SWT akan melimpahkan pahala yang sangat besar, bagi siapa saja yang membaca surat At-Takasur sebanyak 7 kali selama hujan turun. Sebagaimana Abi Abdullah berkata, “Barang siapa yang membaca surat At-Takatsur di dalam salat fardu, maka Allah mencatat untuknya pahala seperti seratus syahid, barang siapa yang membacanya dalam salat sunah, maka Allah mencatatnya pahala lima puluh syahid, dan empat puluh baris malaikat mendirikan salat bersamanya, insyaallah.” (Tafsirul Burhan, juz 8: 155).
  • Menjadi obat penawar
    Surat At-Takasur dapat menjadi penawar yang mujarab. Kamu dapat membacakan surat ini pada air hujan yang dicampurkan dengan air minum sebanyak 100 kali atau lebih. Maka atas izin Allah SWT, ini dapat menjadi sebuah penawar yang mujarab.
  • Sama dengan membaca seribu ayat
    Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang mampu membaca seribu ayat setiap hari?” Para Sahabat menjawab, “Siapa yang mampu membaca seribu ayat?” Baginda menjawab, “Seseorang yang membaca surat At-Takatsur.” (Biharul Anwar, Juz 89: 336)
  • Mendapatkan ampunan.
    Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (surat At-Takatsur), maka Allah tidak akan menghisabnya atas nikmat yang diberikan kepadanya selama di dunia. Dan barang siapa yang membacanya ketika turun hujan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 372).

5. Surat At-Takasur sebagai pelindung dari fitnah kubur

Surat At-Takasur Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan KeutamaanSalat malam adalah salah satu amalan yang disunnahkan (unspalsh.com/@rumanamin)

Kita tentu tidak ingin mendapat fitnah dan siksa kubur yang pedih. Untuk itu, memperbanyak amalan ibadah di jalan Allah SWT niscaya dapat terhindar dari kehidupan di alam kubur yang buruk. Salah satunya dengan mengimani surat At-Takasur ini.

Seperti sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang membaca surat At-Takatsur ketika tidur, maka ia dilindungi dari fitnah kubur dan Allah juga menjaganya dari keburukan malaikat Munkar dan Nakir.” (Biharul-Anwar, Juz 89: 336). Subhanallah!

Demikian bacaan surat At-Takasur beserta arti dan keutamaannya. Mengimani ajaran dalam Al-Qur'an sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim agar selamat di dunia dan akhirat.

Baca Juga: 5 Amalan yang Bantu Selamatkan Muslim dari Pertanyaan di Alam Kubur

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya