Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermu

Gak harus bikin vlog, dengan menulis juga bisa, lho #IWF2021

Di era digital saat ini, personal branding menjadi aktivitas yang banyak dilakukan masyarakat di media sosial. Dengan membangun personal branding, orang-orang jadi punya persepsi khusus yang positif akan dirimu.

Manfaat membangun personal branding memang gak langsung dirasakan. Namun, dalam jangka panjang aktivitas tersebut bisa membantu kamu mengantarkan kesuksesan dalam karier, lho.

Pada sesi The Power of Writing For Your Future Career di Indonesia Writers Festival 2021, Samuel Ray seorang HR profesional, turut membagikan tips dalam membangun personal branding di media sosial, nih. Yuk, simak sampai habis, ya.

1. Fokuslah pada "bisa memberi apa", daripada "ingin jadi siapa"

IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermutangkapan layar Zoom di sesi The Power of Writing for Your Future Career pada Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times (dok. IDN Times/Langgeng Irma)

Salah satu tujuan membangun personal branding yaitu agar orang-orang mengenal kamu sebagai individu yang memiliki suatu keahlian atau keunikan. Namun, tanpa sadar di awal kerap terjebak pada tujuan akhir "aku ingin jadi A".

Samuel Ray, seorang HR berpengalaman lebih dari 6 tahun, lebih menyarankan agar fokus pada tujuan "bisa memberi apa" untuk orang-orang. Baik itu informasi yang berguna secara praktis atau teoritis, maupun informasi hiburan.

Misalnya, kamu punya hobi bergelut di bidang desain grafis. Mulailah sharing pengetahuan dan pengalaman kamu seputar desain grafis di media sosial. Lambat laun, orang-orang akan sadar jika kamu punya kemampuan di bidang tersebut dan mencarimu bila ada masalah seputar desain grafis.

2. Pilih media sosial untuk platform membangun personal branding

IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermutangkapan layar Zoom di sesi The Power of Writing for Your Future Career pada Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times (dok. IDN Times/Langgeng Irma)

Ada banyak akun media sosial yang bisa kamu jadikan platform ajang membangun personal branding. Sebelum mulai beraksi, kamu bisa tanyakan pada diri sendiri, "aku ingin dikenal di mana?" atau "mana yang lebih nyaman bagiku untuk sharing".

Baik LinkedIn, Twitter, atau Instagram sangat bisa dimanfaatkan. Namun sebagai permulaan, cobalah untuk fokus di salah satu akun terlebih dulu. Karena membangun personal branding membutuhkan konten yang bisa dibagikan secara konsisten. Bukankah hal besar dimulai dari hal-hal kecil?

Selain itu, kamu juga bisa menulis artikel sesuai topik favoritmu di IDN Times sebagai Community Writer, nih. Jika lolos kurasi dari editor, kamu bisa membagikannya ke media sosial dan hal itu termasuk kegiatan membangun personal branding, lho.

Baca Juga: IWF 2021: Kata Samuel Ray, Ini 5 Tips Bentuk Personal Branding Penulis

3. Bangun interaksi dengan sesama pengguna media sosial

IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermuilustrasi bermain ponsel (unsplash.com/bruce mars)

Kegiatan membangun personal branding gak hanya melulu berbagi informasi, tapi kamu juga perlu berinteraksi dengan sesama pengguna media sosial. Misalnya, dengan memberikan pandanganmu di kolom komentar mengenai hal yang dibagikan orang lain.

Berinteraksi dengan orang lain di media sosial pada akhirnya akan membuka pintu relasi kamu. Pengikut akun media sosialmu pun akan bertambah dan lambat laun kamu jadi punya jaring relasi yang lebih luas. So, beri apresiasi, saran, masukan, atau pandanganmu untuk orang lain juga, ya.

4. Jangan ingin menjadi seperti orang lain

IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermuilustrasi percaya diri (unsplash.com/Brooke Cagle)

Salah satu hal yang ditekankan Samuel Ray saat mulai membangun personal branding yaitu jadilah diri sendiri, bukan ingin jadi seperti orang lain. Karena, kamu punya nilai diri serta keunikan tersendiri dan mereka pun punya sesuatu yang membuat mereka berbeda.

Mungkin kamu dan temanmu sama-sama suka menulis. Namun, gaya bahasa hingga topik tulisan yang disuguhkan tentu bisa berbeda dan menjadi ciri khas masing-masing. So, kamu perlu membangun personal branding dengan caramu sendiri agar autentik.

5. Mulai dari menulis pengalaman hidup sekarang

IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermutangkapan layar Zoom di sesi The Power of Writing for Your Future Career pada Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times (dok. IDN Times/Langgeng Irma)

Galau ingin membangun personal branding dari mana? Mulailah dari yang sederhana yaitu berbagi pengalaman hidupmu. Seperti misalnya sharing bagaimana cara mendapat pekerjaan dengan cepat, membuat CV yang menarik perhatian HR, tips menghadapi klien, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit pula orang-orang yang terinspirasi dan terbantu lewat informasi yang berasal dari pengalaman hidup, lho. Karena itu, cobalah untuk berani mengemas pengalaman hidupmu jadi sebuah cerita yang punya pesan bagi orang lain.

Dalam membangun personal branding, konsistensi dan kreativitas pun diperlukan. Karena itu, dalam prosesnya pun wajar bila mengalami trial and error, seperti mendapat kritikan atau masukan yang mungkin mengguncang perasaanmu. Tetap jaga semangat dan jadikan hal itu sebagai bahan evaluasi diri, ya.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan mulai 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui zoom dan YouTube channel IDN Times. IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak yang lainnya. Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2021: 5 Cara Efektif Dapat Cuan dari Menulis ala Samuel Ray

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya