Comscore Tracker

5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!

Lihat HP saat teman sedang bicara, sama saja tak menghargai!

Dalam berinteraksi sosial, diperlukan etika atau adab supaya hubungan bisa berjalan lancar, sehingga tak ada yang merasa tersakiti atau tak nyaman. Hanya saja, tak semua mampu memahami etika yang mesti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa etika sederhana tapi sayangnya, sering disepelekan orang. Apa saja itu?

1. Beritahukan dulu sebelumnya jika ingin bertamu

5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!pexels.com/@gabby-k

Etika sederhana yang sebaiknya kamu mulai terapkan adalah, ketika hendak bertamu, sebaiknya hubungi dulu tuan rumahnya. Karena bisa jadi, orang tersebut sedang berhalangan, atau memang sedang ingin sendirian dan tak mau menerima tamu.

Selain itu, dengan menghubunginya terlebih dahulu, ia pun bisa mempersiapkan jamuan untukmu tanpa harus terburu-buru. Kamu juga terhindar dari timing yang tidak pas, misalnya saat dia hanya sedang memakai jubah mandi, dan sebagainya.

2. Hindari genangan air saat berkendara

5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!pexels.com/@chetanvlad

Ini sepele sebenarnya, tapi faktanya, masih banyak orang yang berkendara main hajar saja saat ada genangan air. Mereka tak peduli bahwa perilaku sembrononya itu merugikan orang lain.

Kebayang gak sih, kalau yang kena cipratan itu adalah pelamar kerja yang sedang menuju lokasi perusahaan tempat wawancara? Hancur hatinya karena harus balik lagi ke rumah mengganti baju, padahal sudah tak ada waktu. Perilaku sepele, tapi ternyata bisa merusak kehidupan orang lain. Jadi, hindari ya!

Baca Juga: 5 Etika Penting yang Harus Dimiliki Supaya Betah Kerja di Kantor

3. Ucapkan 'permisi' saat melewati orang di jalan

5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!pexels.com/@nubikini

Sopan santun lain yang perlu kamu perhatikan, ketika berjalan dan di sisi jalan berdekatan dengan orang yang sedang ngobrol atau sekadar duduk, maka biasakan untuk mengucapkan kata ‘permisi’.

Bahkan jika dia orang yang lebih tua, usahakan dengan badan sedikit membungkuk. Itu gak membuatmu terlihat hina, lho! Justru sebaliknya, orang akan kagum padamu karena punya manner yang kini sudah jarang sekali diperlihatkan.

4. Menggunakan headset saat di tempat umum

5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!pexels.com/@pixabay

Ketika kamu sedang berada di tempat umum, sadarilah bahwa itu bukan tempat tinggalmu. Jadi mau tak mau, kamu pun harus memperhatikan perilakumu supaya tidak mengganggu orang.

Salah satunya dengan menggunakan headset, baik ketika di dalam kendaraan umum, maupun di tempat layanan publik. Bagimu mungkin seru, main game dengan suara keras. Tapi orang sekelilingmu bisa pusing. Begitu pula ketika mendengarkan musik atau ceramah. Gak semua orang sesuai dengan seleramu. Karena itu sebelum ditegur satpam atau dipelototin orang sekitar, siapkan headset ya!

5. Tidak melihat HP saat mengobrol

5 Etika Sederhana yang Sering Disepelekan, Gak Lihat HP saat Ngobrol!pexels.com/keira burton

Bagaimana perasaanmu ketika sedang ngobrol dengan teman, tapi teman malah sibuk lihat HP? Sakit hati, kan? Karena hal tersebut termasuk bahasa tubuh kalau temanmu itu tak menghargai.

Oleh sebab itu, hindari, ya kalau sedang mengobrol sambil melihat HP. Dan sebaiknya letakkan saja di dalam tasmu. Fokuskan pada lawan bicaramu. Lagi pula, kalau memang kamu ingin main HP, ya gak usah ketemu atau ngobrol aja. Percuma, kan badanmu di situ tapi pikiranmu kelilingan di dunia maya?

Dari berbagai etika di atas, mana yang sudah sering kamu terapkan? Kalau sudah semuanya, selamat! Berarti kamu termasuk orang yang beretika.

Baca Juga: 5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemik

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya