Comscore Tracker

5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!

Gak perlu gengsi, justru memaafkan itu baik, lho

Rasanya semua orang sudah tahu, bahwa hendaknya sebagai manusia yang baik, kita mempunyai sifat pemaaf. Akan tetapi, memaafkan jauh lebih gampang dikatakan, daripada saat dipraktikkan. Rasa sakit hati akibat kesalahan yang pernah dilakukan orang lain yang begitu membekas, membuatmu sulit untuk ikhlas memberinya maaf.

Meski sulit, tapi perbuatan baik ini memang mesti kamu latih. Ada banyak manfaat bila kamu mampu memaafkan orang lain. Apa saja keuntungan yang bakal kamu dapat? Simak lebih lanjut pembahasannya di bawah ini!

1. Mengajarimu untuk bersikap lebih dewasa

5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!ilustrasi teman berpelukan (pexels.com/Liza Summer)

Di antara ciri kematangan emosional seseorang, adalah gak menyimpan dendam. Susah hidup tenang, apabila setiap kali ada orang berbuat salah, kamu terus-terusan mengingat kesalahan tersebut.

Selama manusia berinteraksi sosial, beda pandangan, sengaja atau tidak sengaja menyinggung perasaan, adalah hal lumrah yang bakal senantiasa kamu temui. Berapa banyak musuh yang akan kamu koleksi, bila setiap mereka melakukan kesalahan, kamu selalu dendam.

Ingat, lho, kalau mereka aja bisa berbuat salah, kamu pun gak akan luput. Suatu hari bakal “terpeleset” juga. Saat itu, pasti kamu ingin bisa dimaafkan, bukan?

2. Fisikmu jadi lebih sehat

5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Daniel Xavier)

Apa hubungannya memaafkan dengan kesehatan fisik? Saat kamu merasa kesal dengan seseorang, hatimu gak tenang, dan pikiran jadi tegang, kan? Kondisi stres yang terus-menerus itu gak baik, lho, karena bisa jadi bibit berbagai penyakit.

Dengan memaafkan, hatimu jadi lega, gak terus-terusan kesal, sehingga pikiran pun tenteram. Gak hanya baik bagi kesehatan jiwa, tapi kesehatan fisikmu pun terjaga, karena minim stres.

Baca Juga: 5 Cara Memaafkan Seseorang yang Tak Kunjung Menyadari Kesalahannya 

3. Kesalahan orang lain, secara tak langsung memberimu pelajaran

5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Miriam Alonso)

Dari kesalahan orang lain, setidaknya kamu jadi tahu untuk tak berlaku demikian. Misalnya, kamu sakit hati atas perkataan ketus temanmu.

Dari luka yang kamu rasakan, di situ ada hikmah yang bisa dipetik. Kamu jadi sadar, bila kamu merasa sakit hati diperlakukan seperti itu, maka orang lain pun akan sama. Sehingga, ke depannya bisa mencegahmu melakukan perbuatan keliru tersebut, dan mendorongmu untuk lebih hati-hati dalam berkata.

4. Menguatkan hubungan

5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!ilustrasi dua teman wanita (pexels.com/Zen Chung)

Layaknya otot badan yang akan kuat bila dilatih, begitu pula ikatan dalam hubungan. Untuk menjadikannya kuat, maka perlu dilatih, misalnya dengan adanya konflik.

Saat kamu marahan dengan teman atau pasangan, kalian jadi sama-sama belajar untuk saling memaafkan. Konflik yang terjadi pun bisa memberi kalian perspektif baru mengenai karakter teman atau pasangan.

Tanpa adanya konflik, kamu gak bakal tahu kalau ternyata teman atau pasanganmu berhati besar karena bersedia mengakui kesalahan dan meminta maaf. Marahan kemarin pun memberi bukti pada mereka, kalau kamu sosok yang patut dipertahankan, karena punya kelapangan hati untuk memaafkan.

5. Hidupmu jadi bahagia

5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di antara hal yang membuat kamu susah bahagia, adalah kungkungan masa lalu. Peristiwanya sudah terjadi kapan tahu, tapi masih saja hatimu menyimpan amarah dan dendam.

Dengan memaafkan, sama saja kamu telah berbuat baik pada diri sendiri. Kamu sudah membebaskan dirimu dari belenggu masa lalu. Hidupmu jadi damai dan bahagia!

Salah satu penyebab kenapa kamu sulit memaafkan, adalah perasaan gengsi. Seolah-olah jika memaafkan, kamu jadi pihak yang kalah.

Tapi, setelah membaca uraian tadi, ternyata bisa disimpulkan. Memaafkan kesalahan orang lain gak hanya bisa menenangkan hati pelakunya, tapi demi kebaikan dirimu juga. Hati dan pikiranmu jadi damai!

Baca Juga: 5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya