Comscore Tracker

5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia

#IDNTimesLife Baik untuk kesehatan mentalmu, lho

Prasangka baik merupakan sikap mental yang mampu melihat sisi positif dalam segala situasi. Orang yang berprasangka baik tidak akan tergesa-gesa melakukan sebuah penilaian. Ia akan berusaha mencari tahu dulu, alasan apa dibalik sikap atau perilaku seseorang. Ini membuatnya menjadi pribadi yang lebih toleran dan tidak main hakim sendiri.

Menjaga prasangka baik ini sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapat.

1. Emosi lebih terkendali 

5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagiapexels.com/@mentalhealthamerica

Dengan selalu berprasangka baik, kamu jadi lebih bisa mengontrol emosi. Tidak gampang labil atau meledak-ledak. Tiap kali ada hal yang mengecewakanmu, kamu tidak langsung marah-marah. Tapi bertanya-tanya dulu, ini kira-kira sebabnya apa.

Sikap seperti ini selain membuatmu lebih bahagia, orang-orang pun jadi senang bergaul denganmu karena kamu bukanlah tipe bersumbu pendek, gampang ngegas.

2. Mengurangi stres 

5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagiafreepik.com/katemangostar

Karena terbiasa memandang sesuatu dari sisi positifnya, hidup kamu pun jadi minim stres. Kamu terhindar dari prasangka yang tidak-tidak terhadap orang lain maupun pikiran buruk terhadap berbagai situasi. Memelihara sikap ini akan mendukung kesehatan mentalmu sehingga terhindar dari depresi maupun gangguan kecemasan.

3. Membuatmu disukai banyak orang 

5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagiaunsplash.com/@priscilladupreez

Orang tentunya jauh lebih senang bergaul dengan kamu yang berkepala dingin, dibanding mereka yang mudah sekali marah-marah atau gampang sekali menghakimi. Berprasangka baik membuatmu selalu menganalisis situasi dari berbagai sudut dan lebih bisa memberi penilaian secara objektif.

Baca Juga: 7 Kalimat Bijak Pedoman Hidup Rakyat Sulawesi Selatan yang Inspiratif

4. Lebih sukses 

5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagiapexels.com/@adrienn

Berprasangka baik tak hanya berkaitan dengan hubungan sosial, tapi juga bagaimana kamu melihat peluang. Bukannya ciut, kamu justru berani mengambil peluang tersebut karena melihat ada potensi keberhasilan di sana. Ini membuatmu lebih sukses dibanding orang-orang yang terbiasa melihat buruknya dibanding baiknya, kurangnya dibanding lebihnya.

5. Hubungan kepada Tuhan jadi lebih dekat 

5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagiafreepik.com/jcomp

Kebiasaan berprasangka baik juga bisa membuat hubunganmu dengan Allah jadi lebih dekat. Kamu terhindar dari pikiran-pikiran buruk ketika kesulitan menimpa. Kamu yakin, kesulitan yang Allah berikan ini untuk membentukmu jadi pribadi yang lebih kuat. Dan dalam dirimu selalu tertanam keyakinan yang lahir dari prasangka baik, bahwa dibalik kesulitan ini ada hikmah dan pelangi yang menanti.

Dengan selalu menjaga prasangka baik dalam kehidupan ini, bisa membuat hidupmu jadi lebih bahagia. Jauh dari prasangka-prasangka buruk yang bisa menggelapkan pikiran dan memberimu tekanan batin. Karena itu, yuk mulai sekarang latih diri kita untuk bisa melihat sisi positif dalam setiap situasi, termasuk dalam situasi sulit sekalipun.

Baca Juga: 10 Pepatah Jawa yang Bisa Dijadikan Pengingat dan Motivasi Kehidupan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya