Comscore Tracker

Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diri

Ada banyak hal yang sebenarnya patut membuatmu bangga!

Hidup memang seperti roller coaster, kadang naik, kadang turun. Ketika sedang down, ada banyak hal yang kemudian membuatmu merasa insecure, dan menyebabkan pandanganmu kabur pada berbagai pencapaian selama ini, yang harusnya patut diberi apresiasi.

Itu biasa terjadi, ketika tujuan yang sudah kamu harap berjalan, ternyata gak memberi hasil sesuai harapan. Kendati kamu menemui kegagalan, jangan pernah lupakan, bahwa dirimu tetaplah berharga. Ada banyak hal yang harusnya bikin kamu bangga dan mengapresiasi diri. Seperti hal berikut ini!

1. Kamu punya impian yang ingin diraih

Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diriilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com/George Milton)

Upaya meraih impian memang gak mudah. Dan sebab itulah, mengapa banyak orang yang takut untuk bermimpi besar. Mereka bilang, “Hidup jangan muluk-muluk!”.

Namun, kamu berbeda. Meski saat ini impianmu belum kelihatan hilalnya, tapi setidaknya kamu sudah berhasil menapakkan satu langkah, yakni berani bermimpi. Ketika kondisi gak ideal, alih-alih mengutuki, kamu berani melangkah untuk memperbaiki. Bagimu, nasib itu jadi tanggung jawab masing-masing pribadi.

2. Kebaikanmu memberi harapan bahwa dunia tak sesuram yang dikira orang

Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diriilustrasi relawan (pexels.com/RODNAE Productions)

Dengan banyaknya hal buruk yang terjadi di dunia ini, kebaikanmu ibarat oase di tengah padang pasir. Tanpa sadar, kemauanmu untuk menolong orang lain, telah memberi harapan ke banyak orang. Bahwa dunia ini masih ada banyak orang baik dan enggak sesuram yang dibayangkan.

Kamu patut bangga, ketika orang lain memilih egois, kamu masih mau berbagi. Ketika orang lain abai, kamu peduli. Dan semua itu kamu lakukan, tanpa mengharap imbalan. Ikhlas!

3. Sejauh ini, kamu telah melewati banyak hal

Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diriilustrasi pria merenung (pexels.com/Rahul Shah)

Hidupmu jauh dari kata mulus. Ada banyak masalah bertubi-tubi yang telah berhasil kamu lewati. Kesedihan, kekecewaan, dan terkadang berpikir kalau hidup ini tak adil, sudah pernah kamu rasakan. Nyatanya, kamu berhasil melewati itu semua.

Jadi, jangan pernah menghakimi dirimu orang yang lemah, ya! Kemampuanmu untuk bertahan sampai sejauh ini, juga hal yang patut diapresiasi.

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Kelemahan Menjadi Kekuatan, Sudahi Insecure!

4. Kehadiranmu mampu membuat orang lain tersenyum

Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diriilustrasi menolong teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Prestasi dalam hidup gak terbatas pada berapa banyak harta yang telah kamu miliki, atau berapa piala yang telah kamu raih. Kehadiranmu yang mampu membuat orang lain tersenyum, itu pun patut membuatmu bangga.

Gak semua orang, eksistensinya jadi berkah. Malah ada tipe manusia yang ketidakhadirannya justru ditunggu-tunggu, saking seringnya bikin orang menderita. Akan tetapi, sikapmu yang welas asih, sabar, mau untuk mendengarkan orang lain, suka menghibur dengan celoteh santai, telah menimbulkan kerinduan, saat kamu gak ada.

5. Kamu pantang menyerah

Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diriilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Blue Bird)

Walaupun telah melewati berbagai rintangan, dan bukan sekali dua kali, ingin menyerah pada godaan untuk berhenti, kamu menolak itu. Kamu masih saja keras kepala dengan berbagai target yang ingin kamu capai.

Dan itu patut memberimu rasa bangga, lho! Karena banyak orang, ketika dihantam dengan kegagalan bertubi-tubi, akhirnya memilih menyerah dengan berbagai alasan yang tampak masuk akal. Tapi, kamu hingga kini masih terus berusaha. Mantap!

Dalam hidup, pasti kamu akan mengalami masa-masa pahit yang menimbulkan rasa insecure. Ketika perasaan itu hadir, ingatlah poin-poin tadi. Kamu gak seharusnya merasa rendah diri. Karena kamu adalah pribadi yang kuat!

Baca Juga: Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya