Comscore Tracker

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiri

Bakal nyesel, deh kalau gak dicoba dari sekarang

The best investment you can make is in yourself (Warren Buffet)

Ketika berbicara investasi, yang umum langsung terpikirkan adalah membeli saham, membangun kontrakan, dan aktivitas penghasil uang lainnya. Padahal, investasi ke diri sendiri itu gak kalah penting, lho!

Dan gak selamanya, investasi ke diri sendiri itu harus mengeluarkan uang, justru bisa juga malah menghemat. Nah, berikut ini beberapa contoh investasi diri sendiri yang penting buat masa depanmu!

1. Pola makan sehat

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi memotong sayuran (pexels.com/Maarten van den Heuvel)

Memilih jenis makanan yang sehat itu gak harus mahal, kok! Bisa kamu lakukan dengan cara simpel seperti mengganti minuman manis yang kamu beli tiap hari, dengan perbanyak minum air putih. Bisa pula dengan mengganti camilan kekinian yang selalu jadi favoritmu, dengan camilan buah atau sayur.

Gak hanya gampang membuat kamu kenyang, tapi juga menyehatkan. Dan sehat ini, jadi investasi utama terhadap diri sendiri. Gimana mau kerja atau nyari duit, kalau badan sakit-sakitan. Betul?

2. Pola tidur cukup

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi tidur di atas laptop (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Agar tiap hari semangat menjalani hari, maka tidur yang cukup dan berkualitas baik, sangat wajib kamu penuhi. Beraktivitas dengan kondisi fisik dan pikiran segar, tentunya akan jadi lebih produktif dibanding dengan menahan kantuk sepanjang hari, bukan?

3. Tidak menunda-nunda

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi pria di depan laptop (pexels.com/Ivan Samkov)

Mulai sekarang, yuk, latih diri untuk tak menunda-nunda apa yang bisa dikerjakan hari ini. Disiplin diri ini adalah kunci sukses siapa pun yang ingin meraih mimpi, dalam bidang apa pun!

4. Baca buku

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi baca buku (pexels.com/Taryn Elliott)

The more you learn, the more you earn (Warren Buffet)

Semakin banyak pengetahuanmu, yang salah satunya diperoleh dari rutinitas membaca buku, maka semakin besar peluangmu untuk memperbesar penghasilan. Selain bisa meminimalkan potensi kegagalan dari usahamu saat ini, dengan selalu update pengetahuan, membuatmu mengenali berbagai kesempatan memperoleh cuan.

5. Mengikuti seminar atau pelatihan

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi seminar (unsplash.com/Evangeline Shaw)

Mengikuti seminar atau pelatihan memang butuh biaya. Akan tetapi, hal itu sama saja dengan investasi ke diri sendiri.

Dari hasil pelatihan tersebut, gak hanya kamu akan mendapatkan ilmu. Tapi juga koneksi, serta pengalaman dan ide segar dari berbagai peserta yang ikut.

Baca Juga: 7 Jenis Investasi Diri Sendiri yang Penting untuk Millenial

6. Berhenti merokok

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi merokok (unsplash.com/Lê Tit)

Sadar gak sih, ada berapa banyak uang yang sudah kamu bakar demi bisa menghirup asap rokok yang isinya itu penuh dengan kandungan zat berbahaya. Dengan kamu berhenti kebiasaan merokok, selain bisa menghemat uang, kamu pun memastikan kesehatanmu bisa lebih terjaga. Itu asetmu yang paling berharga, lho!

7. Menjauh dari lingkungan toksik

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi bullying (pexels.com/Keira Burton)

Keputusan pahit memang, harus meninggalkan lingkungan yang sudah familier. Tapi kalau lingkungan keluarga atau pertemananmu itu bikin hidupmu sengsara dan membuatmu sulit bahagia, mending wasalam aja deh.

8. Olahraga

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi olahraga lari (unsplash.com/Chander R)

Layaknya investasi yang baru dirasakan keuntungannya nanti-nanti, begitu juga dengan kebiasaan olahraga. Paling berasanya ketika melihat teman seusia kamu udah sering encok-encok, kamu masih lincah karena dari sekarang sudah sering gerak.

9. Latih bersyukur tiap hari

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi wanita bahagia (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Dengan melatih diri selalu bersyukur, lama-lama kamu jadi terbiasa untuk bersikap biasa aja saat ditempa kondisi sulit. Gak panik, atau mengedepankan emosi.

10. Silaturahmi

Buat yang Mau Maju! 10 Cara Simpel Investasi ke Diri Sendiriilustrasi teman wanita (pexels.com/Elly Fairytale)

Peran keluarga atau teman yang baik, terkadang sering disepelekan. Padahal, mereka jadi garda terdepan saat kamu susah. Karena itu, cobalah sering-sering silaturahmi pada keluarga atau teman tercinta. Gak harus mengunjungi mereka, kok, mengingat situasi pandemik saat ini. Kamu bisa lakukan dengan menelepon, atau mengirimi paket makanan. Simpel, tapi bikin mereka bahagia.

Dengan melakukan hal-hal tadi, gak hanya akan membantumu meraih mimpi untuk mengumpulkan pundi-pundi, tapi juga menjamin seluruh sisi hidupmu jadi berkualitas, serta hidupmu akan terus maju dan berkembang!

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja Kantoran

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya