Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Rendah Diri Lihat Teman yang Sudah Jadi Orang

#IDNTimesLife Sukses itu bukan adu cepat-cepatan, lho!

Melihat kesuksesan orang lain ada kalanya penting untuk bisa mempelajari langkah-langkah apa saja yang diperlukan agar mampu sukses seperti dirinya. Sekaligus bisa memotivasi diri sendiri, kalau dia bisa mengubah nasib jadi lebih baik, maka kamu pun pasti mampu.

Namun jika hati gak dijaga, melihat kesuksesan orang lain, apalagi itu teman sendiri, malah bisa menimbulkan perasaan rendah diri. Jika perasaan ini sedang kamu rasakan, di bawah ini akan dikemukakan alasan kenapa kamu gak perlu merasa minder saat lihat teman kamu yang kini sudah jadi orang. Ini daftarnya!

1. Titik start tiap orang berbeda-beda

5 Alasan Kamu Gak Perlu Rendah Diri Lihat Teman yang Sudah Jadi Orangpixabay.com/users/free-photos-242387

Kamu harus sadari, bahwa tiap orang punya jenis perjalanan kehidupannya sendiri. Dan titik start-nya pun bisa berbeda.

Tak adil rasanya, membandingkan kesuksesan teman dengan kondisi kamu yang sekarang masih belum seperti dia. Boleh jadi saat kamu masih mereka-reka apa yang ingin kamu capai dalam hidup ini, dia sudah mulai mengambil langkah untuk mencapai impiannya.

Belum lagi privilege yang dia miliki. Koneksinya yang luas dengan bidang yang ia geluti, membuatnya gak begitu kesulitan untuk bisa belajar langsung dengan pakarnya. Sementara kamu belum memiliki itu untuk saat ini.

2. Gak baik bagi kesehatan mentalmu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Rendah Diri Lihat Teman yang Sudah Jadi Orangpexels.com/@mary-taylor

Selalu melongok prestasi temanmu, bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Kamu jadi merasa gak bisa apa-apa atau menjadi orang yang gak berguna.

Kalau memang melihat kesuksesan temanmu justru lebih membuatmu terpuruk, ada baiknya kamu istirahat dari media sosial. Sehingga gak lagi sering melihat kehidupan teman-temanmu yang kini sudah jadi orang. Hidupmu akan jauh terasa lebih damai!

3. Kamu jadi salah fokus

5 Alasan Kamu Gak Perlu Rendah Diri Lihat Teman yang Sudah Jadi Orangpexels.com/@olly

Terbayang-bayang dengan pencapaian orang lain, membuatmu jadi salah fokus. Bukannya memusatkan perhatianmu pada progress dirimu dari hari ke hari, malah kamu jadi fokus pada progress orang lain.

Kamu seharusnya sadar, apa yang menurutmu baik di kehidupan teman-temanmu, belum tentu cocok denganmu.

Sebagai contoh, mereka mungkin tidak masalah menerapkan hustle culture. Tapi ketika hal itu diterapkan ke kamu, yang ada kamu malah sakit-sakitan. Jadi, gak usah maksain diri sendiri untuk menerapkan gaya hidup orang lain! Nikmati saja jalan hidupmu sendiri.

Baca Juga: Ampuh, Ini 5 Tips Cepat Raih Kesuksesan yang Jarang Dibicarakan Orang

4. Rasa rendah diri membuatmu jadi gak bersyukur

5 Alasan Kamu Gak Perlu Rendah Diri Lihat Teman yang Sudah Jadi Orangpexels.com/@flora-westbrook-820907

Hati-hati, lho. Rasa minder yang sedang menggelayut dalam dirimu, membuat pusat perhatianmu hanya terarahkan pada apa yang kamu tidak punya. Bukan apa yang sudah kamu miliki saat ini. Hal tersebut akan membuatmu jadi selalu merasa kurang, sehingga gak bersyukur atas semua nikmat yang telah Tuhan berikan.

5. Sukses itu tentang konsistensi!

5 Alasan Kamu Gak Perlu Rendah Diri Lihat Teman yang Sudah Jadi Orangunsplash.com/@dchuck

Sukses itu bukan perkara adu cepat, siapa yang paling duluan bisa beli rumah atau mobil mewah. Sukses itu tentang bagaimana kamu mampu menantang dirimu sendiri, setiap hari, untuk bisa konsisten dengan langkah-langkah yang sudah kamu rancang, demi tercapainya goals yang telah kamu tetapkan sendiri.

Jika ini sudah tertanam dalam dirimu, akan terlihat progress positif dari hari ke hari. Dan kamu tak merasa perlu untuk membandingkan dengan progress orang lain. Kamu sudah cukup puas dengan raihan kamu sendiri.

Setelah membaca uraian di atas, semoga kamu gak lagi minder ya ketika melihat teman yang kini sudah jadi orang. Fokus aja pada impianmu sendiri!

Baca Juga: 5 Orang Ini Bukti bahwa Keterbatasan Fisik Bukan Penghambat Kesuksesan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya