Comscore Tracker

5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!

Selain bikin stres, overthinking juga bahaya buat masa depan

Kita memang disarankan untuk berpikir dahulu sebelum melakukan sesuatu. Bertindak gegabah, hanya akan menimbulkan masalah nantinya.

Namun, berpikir yang terlalu berlebihan, atau sering dikenal dengan istilah overthinking, juga tak baik. Karena bukannya malah mencegahmu dari kegagalan, justru bisa bikin hidupmu gak maju-maju.

Dirimu akan selalu dihantui ketakutan untuk melakukan sesuatu. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa kiat mudah mengatasi overthinking yang bisa kamu terapkan. Apa saja?

1. Fokuskan saja pada apa yang sedang kamu lakukan saat ini

5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!Ilustrasi pria sedang bekerja (unsplash.com/Miguelangel Miquelena)

Supaya pikiranmu gak ke mana-mana, biasakan untuk selalu fokus pada apa yang kamu kerjakan saat ini. Terserah apakah nanti hasilnya akan sempurna, atau masih butuh perbaikan di sana-sini.

Setidaknya, pikiranmu gak sibuk dengan hanya memikirkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Karena umumnya, prasangka buruk itu biasanya gak benar.

2. Sering-sering melakukan latihan pernapasan

5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!Ilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat overthinking, rasanya kepala mau pecah karena ada banyak pemikiran yang berkecamuk, dan pemikiran itu biasanya negatif. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu kedamaian hatimu, dan membuatmu sulit bahagia.

Salah satu cara mudah untuk mengatasinya, dengan sering-sering melakukan latihan pernapasan. Biasanya setelah melakukan beberapa lama, detak jantungmu jadi lebih teratur, pikiranmu jadi lebih terarah, dan hatimu jadi lebih tenang.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Mengurangi Kebiasaan Overthinking, Tertarik Coba?

3. Jangan berharap sempurna

5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!Ilustrasi wanita depan komputer (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Akan sulit kalau kamu selalu berharap mendapatkan hasil yang sempurna. Karena mau kamu merencanakan dengan sematang apa pun, tetap ada risiko gagal atau salah.

Akibat dari kebiasaan perfeksionis ini, bisa menjebakmu jadi overthinking. Terus memikirkan berbagai risiko gagal sampai akhirnya gak mulai-mulai, dan jadi keduluan orang lain. Yang rugi kamu sendiri akhirnya, kan?

4. Biasakan mindset bersyukur

5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!Ilustrasi wanita di tengah padang bunga (unsplash.com/Raychan)

Pikiranmu gak akan tenang, dan selalu liar membayangkan yang bukan-bukan, bila tidak dibiasakan melihat hal positif dan mensyukuri apa yang ada. Minimnya rasa syukur ini, membuatmu selalu terpusatkan pada apa yang kamu tidak miliki, dibanding dengan apa yang sudah kamu punyai saat ini.

Hal itulah yang sering bikin kepalamu pusing tujuh keliling. Kebanyakan mau dan inginnya, sampai mengabaikan atau meremehkan yang sudah diraih.

5. Ikhlaskan apa yang tidak bisa kamu kendalikan

5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!Ilustrasi pria memejamkan mata (unsplash.com/Andriyko Podilnyk)

Agar kamu bisa menghilangkan kebiasaan overthinking, dari sekarang cobalah untuk belajar mengikhlaskan. Sadari, bahwa tak semua hal bisa kamu kendalikan.

Sebagai contoh, kamu sudah berusaha belajar mati-matian supaya diterima jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tapi ternyata gak lolos juga. Daripada terus menghukum diri dan menuduh kalau dirimu tak cukup pintar, tak cukup beruntung, dan lain-lain, mending ikhlaskan saja semua itu.

Toh, kamu sudah berusaha yang terbaik. Cuma memikirkan kegagalan yang telah kamu alami, bisa bikin hidupmu jadi mandek. Tiap mau mencoba hal baru, kebayang terus pengalaman gagal kemarin, sampai akhirnya kamu gak mau mencoba. Sudah menyerah, bahkan sebelum mulai. Itu yang bikin hidupmu gak maju-maju!

 

Kebiasaan overthinking ini gak hanya bisa mengganggu kesehatan mental, tapi juga bisa berdampak besar bagi masa depanmu. Kebanyakan mikir, membuatmu melewatkan banyak kesempatan dalam hidup. Karena itu, yuk, latih diri untuk menghilangkan kebiasaan overthinking!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Ini

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya