Comscore Tracker

Buat Kamu Hamba Materi, Sadarilah bahwa 5 Hal Ini Gak Bisa Dibeli

#IDNTimesLife Jangan sampai mengikis nurani, ya!

Uang dan materi memang penting. Tapi bukanlah jadi hal yang paling utama dalam hidup. Karena itu, memperolehnya dilakukan sewajarnya saja. Kerja keras, itu sudah pasti. Tapi jangan sampai membuatmu melakukan cara-cara yang menabrak etika, atau malah aturan yang ada.

Karena tak semua hal di dunia ini bisa dibeli dengan uang yang kamu punya. Ada banyak hal penting yang gak bisa kamu beli meski punya uang berlimpah. Apa saja?

1. Kepercayaan

Buat Kamu Hamba Materi, Sadarilah bahwa 5 Hal Ini Gak Bisa Dibeliilustrasi jabat tangan (pexels.com/Savvas Stavrinos)

Kepercayaan ini punya peran penting dalam berbagai sisi kehidupan. Kariermu gak akan maju, kalau atasan tak memercayaimu. Hubungan percintaanmu gak akan harmonis bila tak ada rasa percaya antara kamu dan pasangan.

Dan menariknya, kepercayaan ini gak bisa diberikan begitu saja. Merupakan hasil upaya atau citra yang telah kamu bangun bertahun-tahun. Karena itu, jangan sampai kamu mengkhianati kepercayaan seseorang hanya disebabkan ingin mendapat keuntungan instan. Dampaknya fatal. Orang gak bakal lagi menaruh kepercayaan padamu.

2. Etika

Buat Kamu Hamba Materi, Sadarilah bahwa 5 Hal Ini Gak Bisa Dibeliilustrasi kreator konten (pexels.com/Ivan Samkov)

Nah, ini yang kerap kita temui di zaman sekarang, ketika banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan lewat media online. Demi konten viral, tak peduli apa yang dilakukannya itu tak etis atau sampai merugikan orang lain.

Mengeksploitasi berita kematian, menjalin hubungan palsu, membohongi banyak orang, melakukan ujaran kebencian, adalah contoh perilaku tak beretika yang kini sudah saat umum kita saksikan.

Boleh saja dari hasil perilaku tak beretika tersebut membuatnya jadi terkenal dan banyak uang. Tapi, tanpa sadar, dia telah menjatuhkan harga dirinya sebagai manusia. Sehingga orang pun akan berkata “harta ternyata gak bisa membeli akhlak”.

3. Momen kebersamaan dengan orang tercinta

Buat Kamu Hamba Materi, Sadarilah bahwa 5 Hal Ini Gak Bisa Dibeliilustrasi makan bersama keluarga (pexels.com/Nicole Michalou)

Manusia adalah makhluk yang kompleks. Ada banyak kebutuhan dalam dirinya yang mesti dipenuhi. Bukan perkara makan saja.

Meski harta melimpah, tapi gak pernah menyediakan waktu bersama dengan orang-orang yang dicinta, akan percuma. Paling kerasa, nanti pas masa tua. Keluarga, teman, semua sibuk dengan urusan masing-masing. Gak ada yang peduli. Karena dulunya, terlalu sibuk mencari harta sana-sini.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan Hidup agar Masa Depanmu Bahagia

4. Kesabaran

Buat Kamu Hamba Materi, Sadarilah bahwa 5 Hal Ini Gak Bisa Dibeliilustrasi memejamkan mata (unsplash.com/Eli DeFaria)

Hidup akan terasa damai dan bahagia, jika kamu mampu bersabar. Dengan sabar, kamu jadi tak mudah berprasangka kepada orang lain. Lewat sabar, kamu jadi mampu menemukan solusi tepat dan tak terjebak dalam kepanikan.

Sayangnya, sabar ini gak berkaitan dengan harta sama sekali. Sekalipun kamu kaya raya, tanahmu ada di mana-mana, kamu gak bisa beli kesabaran. Karena hal itu hanya bisa kamu miliki dengan latihan.

5. Cinta yang tulus

Buat Kamu Hamba Materi, Sadarilah bahwa 5 Hal Ini Gak Bisa Dibeliilustrasi pasangan (pixabay.com/free-photos)

Peluangmu mendapatkan pasangan memang akan lebih besar ketika dirimu sudah mapan. Karena pasangan bisa tenang, bahwa hidup bersamamu gak akan membuatnya terlunta-lunta.

Tapi, kemapanan saja tak bisa memberimu cinta yang tulus. Walaupun hartamu gak akan habis tujuh turunan, tapi kalau perangaimu itu menyebalkan, lama-lama bakal ditinggal juga sama pasangan. Siapa yang betah, kalau tinggal di rumah besar, tapi setiap hari makan hati karena sikapmu yang selalu menyakiti.

Dari uraian di atas semoga bisa jadi pembelajaran bagi kita semua. Bahwa cari duit itu wajib, untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Tapi, jangan sampai mengikis nurani. Karena, hidup itu isinya bukan hanya tentang materi!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Hidup Lebih Lama dan Lebih Bahagia

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya