Comscore Tracker

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!

Sebelum kamu iri, sadari dulu sukses gak cuma senang doang

“Ya wajarlah dia sukses, orangtuanya kaya raya”
“Enak banget ya hidupnya, tiap bulan ke luar negeri”
“Beruntung banget ya hidup lo, bisa naik jabatan”

Saat melihat kehidupan orang lain yang sudah sukses, sering kali terdengar celetukan yang menggampangkan. Seolah-olah suksesnya itu diraih cuma semalam, atau hanya disebabkan dewi fortuna berpihak padanya saja.

Gak sadar, di balik nyamannya kehidupan yang kamu lihat, ternyata ada perjuangan yang berdarah-darah. Maka dari itu, yuk kita pahami derita apa saja yang umum dilalui oleh mereka yang sukses. Supaya kamu gak iri atau melihat sukses itu cuma dari enaknya saja!

1. Jam kerja yang panjang

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi kerja lembur (pexels.com/cottonbro)

Ada banyak pebisnis pemula yang akhirnya gagal, karena gak siap. Mengira kalau jadi wirausahawan itu enak, bisa liburan semaunya, masuk kerja gak harus tiap hari. Baru sadar, saat merintis bisnis, malah bisa jadi jam kerjanya lebih panjang dari jam kerja orang kantoran.

2. Gak punya duit

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi pria mumet (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah banyak contohnya, orang yang sukses, dulunya itu sampai gak punya duit sama sekali. Salah satunya disebabkan karena uangnya telah habis untuk modal, sementara jalannya bisnis gak sesuai dengan harapannya selama ini.

3. Ditolak berkali-kali

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi wanita sedang pusing (pexels.com/Monstera)

Teman yang kamu bilang beruntung bisa naik jabatan, sudah merasakan pahitnya penolakan. Bukan sekali dua kali, tapi sampai gak terhitung lagi. Karena itu, bukanlah perkara beruntung ketika dia akhirnya diangkat ke posisi yang lebih tinggi. Mentalnya yang sudah teruji, membuatnya layak jadi pemimpin dan mendapat gaji tinggi.

4. Kurang tidur

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi pria kerja di tempat tidur (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sebelum orang sukses itu bisa santai, ia sudah kenyang merasakan malam-malam di mana tidur cuma beberapa jam saja. Seharian melayani konsumen, masih harus mengurus laporan keuangan, dan membuat strategi agar bisnisnya bisa laku di pasaran. Jadi, dia bisa santai sekarang, karena dulunya sudah bayar harga perjuangan.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Gak Tergoda Gambaran Kesuksesan Instan

5. Salah ambil keputusan

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi investasi (unsplash.com/MayoFi)

Investasinya yang ada di mana-mana, dan jadi sumber penghasilannya, bukan tanpa derita. Dirinya pun pernah mengambil keputusan yang salah dan menyebabkan kehilangan uang dalam jumlah besar.

6. Dikhianati rekan kerja

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi marah (unsplash.com/Steve Ding)

Dikira temannya bisa dipercaya. Siapa sangka, modal yang ia kumpulkan dengan susah payah, akhirnya dibawa kabur. Tapi, pengalaman pahit itu, tak membuatnya menyerah. Dan kegigihannya itu, yang mengantarkan dirinya bisa sukses kini.

7. Ragu kalau gagal

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi wanita merenung (unsplash.com/Atikh Bana)

Orang yang sudah meraih impiannya, bukan berarti gak pernah merasakan ragu. Hanya saja, dia memaksa dirinya untuk terus melangkah. Bukan malah menyerah dan membiarkan keraguan menghentikan langkahnya.

8. Tekanan dari keluarga

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi ditentang (pexels.com/Monstera)

Sebelum usahanya melebar seperti sekarang, dulu pun ia pernah mengalami pertentangan dari keluarga. Dibilang ‘gila’, ‘gak bersyukur’ karena memilih keluar dari perusahaan yang sudah memberikannya gaji besar, demi merintis usaha yang belum tentu sukses.

9. Menyaksikan keluarga harus susah

Sukses Gak Cuma Sekadar Enak, Lihat Juga 9 Perjuangannya!ilustrasi anak dan ibu (pexels.com/Daria Obymaha)

Saat mengambil keputusan besar, yang paling menyayat hati ketika melihat bahwa keputusan itu berdampak pada kondisi keluarga. Yang tadinya sangat berkecukupan, sekarang harus hidup hemat, karena bisnisnya belum jalan dan menghasilkan keuntungan.

Nah, sekarang sudah sadar, ya. Kalau ternyata untuk hidup enak, tetap butuh perjuangan. Gak bisa cuma ujug-ujug langsung jadi sultan.

Jadi, gak usah dengki dengan pencapaian orang lain. Kamu pun bisa meraihnya asalkan mau merasakan derita yang sama demi meraih impian. Gak cuma enaknya doang!

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Semut untuk Meraih Kesuksesan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya