Comscore Tracker

5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!

Belajar ambil hikmahnya #IDNTimesLife

Dalam menjalani hidup ini, pasti kamu pernah mengalami suatu titik dimana bertemu dengan orang yang salah. Baik dalam urusan asmara, karier, dsb. Rasanya kamu jadi korban yang disakiti oleh orang-orang tersebut. 

Namun, ternyata ini lima manfaat saat bertemu dengan orang yang salah. Karena jarang disadari, yuk simak pembahasannya. 

1. Jadi paham beberapa karakter seseorang 

5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!Ilustrasi teman wanita (pixabay.com/JonnyBelvedere)

Terkadang kamu perlu latihan supaya bisa mengenal karakter seseorang dari pertemuanmu dengan orang yang salah. Akhirnya, kamu pasti mengerti bahwa karakter seseorang aslinya akan kelihatan seiring berjalannya waktu. Sehingga hikmahnya kamu jadi tak cepat menilai seseorang jika baru kenal. 

2. Sebagai jalan dipertemukan dengan orang yang tepat

5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!Ilustrasi kencan (pixabay.com/Disarm)

Jika tidak dipisahkan atau dikecewakan, bagaimana kamu bisa menyadari bahwa dia orang yang salah dan harus segera meninggalkannya? Istilahnya seperti mau ganti ban. Bagaimana ban yang baru bisa dipasang, jika ban yang lama tidak dilepas dulu.

Jadi, dengan bertemu dengan orang yang salah ini akan menjadi pelajaran dan juga jalanmu untuk mendapat yang lebih baik pastinya. 

3. Bisa mempelajari sesuatu dari orang tersebut 

5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!Ilustrasi berdiskusi (pixabay.com/Janebodega)

Walau dia memang orang yang salah; namun pastinya saat kamu bisa dekat dengannya karena sesuatu hal. Nah dari suatu hal inilah, kamu bisa mempelajari sesuatu hal yang positif dari diri orang tersebut. Dia memang salah karena akhirnya menyakiti dirimu. Namun, ada hal walau kecil yang pasti bisa kamu contoh darinya. 

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Berbuat Salah, meski Paham Itu Salah

4. Sebagai tanda bahwa kamu sudah naik level

5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!Ilustrasi wanita karier (pixabay.com/PaulLeng)

Jarang disadari, saat kamu bertemu dengan orang yang salah, pastinya level hidupmu sebenarnya ikut naik juga. Tak ada orang yang akan memanfaatkan orang yang level hidupnya biasa-biasa saja. Jadi, saat kamu dimanfaatkan sebenarnya orang melihat hidupmu levelnya sudah tinggi.

Atau sebaliknya. Kamu mungkin dikecewakan dengan orang yang level hidupnya di atasmu. Nah, ini juga menunjukkan bahwa orang yang levelnya di atasmu saja bisa melirik kamu sebagai orang yang menarik. Jadi gak selalu rugi saat bertemu dengan orang yang salah. 

5. Memotivasi diri supaya jangan berlaku sama kepada orang lain

5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!Ilustrasi pria kuat (pixabay.com/franzroos_fotomacher)

Jika jiwamu masih sehat, pasti kamu akan mempunyai motivasi untuk tidak berlaku sama kepada orang lain dengan perbuatan yang tidak menyenangkan. Pastinya bertemu orang yang salah identik dengan kerugian, kesedihan dan patah hati. Kamu tahu benar rasanya mengalami hal tersebut. 

Sehingga pada akhirnya kamu akan ambil keputusan untuk jangan sampai jadi orang yang salah untuk orang lain. Dengan demikian, bukannya kamu jadi manusia yang lebih baik?

Dalam hidup pasti kamu tidak akan selalu bertemu dengan orang yang baik. Namun, jangan sampai kamu yang jadi orang tidak baik tersebut. Ambillah hikmah dari setiap peristiwa supaya hidup menjadi lebih bijak. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak, lho! Salah Satunya Debat

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya