Comscore Tracker

5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!

Bisa jadi bahan refleksi diri

Dalam hidup ini, ternyata bukan hanya bernafas saja yang kamu butuhkan. Ada hal lain seperti apa yang ingin kamu kerjakan dan apa yang menjadi kesukaanmu dalam hidup. Karena bahaya sekali jika dalam hidup seseorang tak memiliki gairah atau tujuan dalam menjalani hidup. Pastinya akan terasa bosan dan hampa.

Nah, passion adalah hal yang berkaitan dengan apa yang ingin kamu lakukan dan sukai dalam hidup ini. Namun, banyak orang yang masih kesulitan menemukan passion dirinya karena lima hal ini. 

1. Tidak mengasah talenta yang diberikan

5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!Ilustrasi mengantuk (pixabay.com/Sammy-Williams)

Tak ada manusia yang tak diberikan talenta oleh Tuhan. Hanya saja kamu sebagai manusia kadang suka meremehkan. Selalu menganggap bahwa talenta yang keren harus terukur dengan IQ yang tinggi dan pintar secara akademis.

Padahal, semua talenta itu bagus dan akan jadi sesuatu yang bisa jadi bekal dirimu. Ketika kamu meremehkan talenta diri sendiri, maka kamu juga akan semakin lama mencoba segala bidang dan menghabiskan waktu di sana. 

2. Terlalu fokus sama kelemahan bukan kelebihan 

5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!Ilustrasi penantian (pixabay.com/darksouls1)

Nah, biasanya dari sikap meremehkan talenta, kamu akan mulai melihat diri sebagai orang yang tidak berguna. Membandingkan hidup dengan orang lain, sehingga kamu hanya fokus sama hal yang memang tidak bisa kamu lakukan. Alhasil kamu malah akan stres dan kehilangan rasa cinta dan bangga pada diri sendiri.

Harusnya, yang jadi fokus adalah kelebihan yang kamu punya. Karena ketika kamu mau menggali apa kelebihanmu dibandingkan orang lain, maka passion itu akan segera ditemukan dan jadi besar untukmu. 

Baca Juga: 5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan saat Mengejar Passion, Hindari Ya!

3. Mudah mengikuti saran orang dan tak berani memutuskan sendiri 

5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!Ilustrasi diskusi (pixabay.com/Sozavisimost)

Karena kamu tak sadar apa yang menjadi kekuatan dirimu, maka setiap ada orang yang memberikan masukan, kamu telan mentah-mentah. Kamu lebih percaya sama pendapat orang, ketimbang suara hati sendiri.

Tentunya hal ini sangat berbahaya untukmu. Selain kamu rentan akan membuang waktu, mengikuti saran dari orang tanpa pertimbangan juga bisa membuatmu semakin terjebak dalam hidup. 

Maka dari itu, janganlah dengarkan semua saran dari orang. Apalagi jika yang memberi saran tidak mengetahui dengan baik siapa dirimu. Bisa jadi, mereka hanya memberikan asumsi pribadi saja. 

4. Terpatok pada masalah materi 

5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!Ilustrasi biaya pengeluaran (pixabay.com/geralt)

Memang, tak semua talenta di awal akan memberikan gambaran kesuksesan. Apalagi jika sudah kamu remehkan terlebih dahulu. Sehingga, kamu lebih melakukan sesuatu yang menurutmu akan cepat menghasilkan uang. Padahal setelah menjalaninya, tak semua yang kelihatan mewah itu senang kamu lakukan. 

Jadi, janganlah fokus sama materinya saja. Namun, nikmati proses saat melakukannya. Karena kamu akan dapat banyak ketika dari hal kecil saja betul-betul kamu kerjakan dengan baik. 

5. Cenderung mengikuti trend tanpa memikirkan kemampuan 

5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!Ilustrasi kasir (pixabay.com/StockSnap)

Saat ini, banyak trend yang bisa menawarkan sejumlah profesi baru buatmu. Misalnya saja barista, content creator, dll. Semuanya baik dan bisa menjanjikan. Namun, apakah semua orang bisa melakukannya? Tentu tidak.

Karena setiap orang dibekali dengan bakatnya masing-masing. Ketika hanya mengikuti trend, artinya dirimu hanya ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain saja. 

Boleh saja mengambil setiap kesempatan. Namun, pikirkan dengan matang sebelum memulai. Apalagi jika tak memiliki basic ilmu yang memadai. Selain bisa rugi waktu, bisa rugi materi juga, lho. 

 

Jadi, stop melakukan lima hal di atas yang akan membuat kamu lama menemukan passion dalam hidup. Coba temui apa yang kamu inginkan dan senang lakukan dalam hidup ini. Maka, saat bangun pagi dan membuka mata, kamu ada alasan untuk memulai hari. 

Baca Juga: 5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya