Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diingat jika Jadi Anak Rantau, Jangan Malu-maluin!

#IDNTimesLife Hidup mandiri namun tetap berkualitas

Terkadang situasi hidup memaksa kamu untuk belajar atau bekerja jauh dari rumah. Biasanya kamu harus jadi anak rantau dan meninggalkan keluarga di kampung halaman. Ada baiknya, karena kamu akan belajar cara hidup mandiri. Kurangnya, pasti kadang merasa kesepian dan rindu keluarga. 

Namun, di balik itu semua berikut lima hal yang tak boleh dilupakan jika kamu hidup sebagai anak rantauan. Apa saja?

1. Jangan terlalu menutup diri, ayo belajar bergaul 

5 Hal yang Harus Diingat jika Jadi Anak Rantau, Jangan Malu-maluin!Ilustrasi persahabatan (pixabay.com/snicky2290)

Sifat introvert memang tak bisa hilang begitu saja. Namun, di sini kamu tinggal bersama orang-orang baru. Kamu pun suatu saat pasti perlu berinteraksi dengan mereka. Setidaknya, belajarlah untuk menyapa. Tidak perlu malu dianggap aneh atau tidak dibalas sapaannya. 

Kamu perlu mengenal seseorang untuk bersosialisasi. Banyak manfaat yang bakal diperoleh, kok. Selain untuk membuka koneksi, juga sebagai bala bantuan ketika keluarga tidak bisa langsung datang saat sesuatu terjadi padamu.

2. Bijaklah mengelola keuangan

5 Hal yang Harus Diingat jika Jadi Anak Rantau, Jangan Malu-maluin!Ilustrasi masalah keuangan (pixabay.com/alandelacruz4)

Kaya miskin ternyata bukan ditentukan dari seberapa banyak penghasilan saja, namun juga dari cara mengolahnya. Ketika kamu memiliki gaji atau uang bulanan dari orangtua, kamu harus mulai atur skala prioritas. Pisahkan, mana yang harus dibayarkan terlebih dahulu. 

Seperti misalnya harus bayar kos, makan, Internet, asuransi dan transportasi. Sisanya sisihkan sedikit untuk menampung sebagai dana mendesak. Selebihnya gunakan untuk hiburan. Jangan ketika mendapat uang langsung bingung mau beli apa. Tapi bayar dulu tagihan yang bersifat primer.

3. Tidak ada yang bisa mengontrol kamu, selain diri sendiri 

5 Hal yang Harus Diingat jika Jadi Anak Rantau, Jangan Malu-maluin!Ilustrasi petualangan (pixabay.com/Free-Photos)

Orangtua jauh darimu. Saudara juga tidak terlalu banyak yang tinggal satu kota. Maka, pengontrol hidupmu sekarang adalah dirimu sendiri. Gak sulit memimpin diri sendiri asal mau patuh pada hati nurani.

Misalnya hatimu berkata kamu harus tidur karena besok harus bangun pagi. Kalau kamu mau nurut dan tidur, lama-lama kamu akan terbiasa. Jika malah tidak menurut, maka dirimu akan sulit untuk disiplin. Jangan sampai merepotkan ibu kos hanya untuk membangunkan kamu untuk kerja atau sekolah.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Merantau ke Kota Lain

4. Jaga nama baik keluarga dan daerah 

5 Hal yang Harus Diingat jika Jadi Anak Rantau, Jangan Malu-maluin!Ilustrasi tari kebudayaan (pixabay.com/innokurnia)

Kebiasaan orang pada umumnya adalah menggeneralisasi orang dari daerah tertentu, karena kesalahan satu orang. Misalnya orang dari daerah A dikenal suka membuat keributan. Padahal tidak semua benar demikian.

Dari sinilah kamu harus pandai membawa nama baik diri, keluarga, dan daerah. Jangan bertindak yang tidak sopan atau terbawa arus kehidupan kota dengan alasan selama ini tidak bebas hidup di daerah. 

5. Jangan lupakan asal usul kamu berasal

5 Hal yang Harus Diingat jika Jadi Anak Rantau, Jangan Malu-maluin!Ilustrasi kampung halaman (pixabay.com/musaortac)

Memang kehidupan akhirnya membawamu hidup di kota besar. Namun, jangan lupakan dari mana dan siapa kamu sebenarnya. Jangan malu menggunakan bahasa daerah, jika memang pada kondisi yang pas. Jangan malu terlihat kampungan jika makan makanan khas daerah. Banggalah dengan siapa dirimu dan dari mana asalmu.

Jadi, jangan lupakan lima hal di atas ya ketika sudah mulai hidup merantau. Ingat tujuan kamu pergi dan ada orangtua dan keluarga yang tentunya menantikan keberhasilanmu. Semangat dan hati-hati hidup di tanah rantau, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Seseorang Enggan untuk Pergi Merantau

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya