Comscore Tracker

5 Hal Sederhana yang Kadang Berarti Besar bagi Orang Lain, Catat!

Gak perlu tunggu kaya buat menyenangkan orang #IDNTimesLife

Setiap hari, kamu tentunya akan memulai kehidupan yang baru. Mungkin hari kemarin sangat berat bagimu. Namun, bukan tak mungkin di hari esok kamu akan langsung menemukan solusi untuk permasalahan dirimu. Nah, berinteraksi dengan sesama manusia merupakan hal yang akan sering kamu lakukan dalam kehidupan. 

Namun, sadarkah kamu bahwa lima hal sederhana ini bisa berarti besar bagi orang lain, saat kamu melakukannya. Apa saja? 

1. Menyapa orang lain

5 Hal Sederhana yang Kadang Berarti Besar bagi Orang Lain, Catat!Ilustrasi teman wanita (pixabay.com/JonnyBelvedere)

Tidak ada orang yang tak suka disapa. Kecuali, kamu punya utang dan yang menyapa adalah si penagih utang. Sapaan merupakan salah satu bentuk bahwa kamu dianggap dalam sebuah komunitas. Orang lain mengakui keberadaan kamu dan menghargai kamu. 

Menyapa orang lain ternyata bisa membawa kebahagiaan bagi orang yang disapa. Maka dari itu, jangan malas untuk menyapa orang lain terlebih dahulu. Karena kalau kamu ramah, orang lain juga tak sungkan buat menyapa kamu terlebih dahulu. 

2. Mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukannya

5 Hal Sederhana yang Kadang Berarti Besar bagi Orang Lain, Catat!Ilustrasi ucapan selamat (pixabay.com/MAKY_OREL)

Selain sapaan, bentuk dari menghargai eksistensi seseorang adalah dengan ucapan terima kasih. Kadang, mereka tidak mengharapkan bayaran, kok. Hanya kamu ucapkan terima kasih yang tulus saja, orang lain akan merasa dihargai dan perbuatannya diakui. 

Contohnya saja seorang karyawan yang sudah bersusah payah membantu pekerjaan atasannya. Ketika atasannya mengapresiasi kinerjanya, maka hal itu sebenarnya sudah lebih dari cukup. Kalau ada bonusnya, itu rezekimu. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Nyaman dengan Kebaikan Orang Lain, Sadari Ya!

3. Menanyakan keadaan seseorang 

5 Hal Sederhana yang Kadang Berarti Besar bagi Orang Lain, Catat!Ilustrasi curhat (pixabay.com/GAIMARD)

Coba saja saat kamu sedih dan tak ada seorang pun yang peduli sama perubahan sikapmu. Pastinya sedih banget, bukan? Walau saat sedih kamu ingin sendiri, namun rasanya sangat melegakan ketika ada orang yang peduli dan menanyakan kabarmu. Syukur-syukur bisa meluangkan waktunya untuk kamu curhati. 

Maka penting bagimu untuk sesekali jangan terlalu cuek sama lingkungan sekitar. Karena bisa jadi, menanyakan kabar seseorang bisa menyelamatkan orang tersebut dari pikiran-pikiran negatif. 

4. Memberikan semangat 

5 Hal Sederhana yang Kadang Berarti Besar bagi Orang Lain, Catat!Ilustrasi persahabatan (pixabay.com/ptksgc)

Kedengerannya sangat sepele, hanya memberikan dukungan dan semangat ke orang lain. Namun, ini bisa membuat orang beneran semangat untuk menjalani sesuatu. Walau sebenarnya diri sendiri sudah cukup bisa menyemangati, namun dukungan dari orang sekitar kadang sangat diperlukan orang lain. 

Orang kadang ingin mendengar pendapat orang lain. Ketika ini terjadi, dia merasa dipedulikan oleh orang sekitar. Bayangkan betapa bahagianya mereka. 

5. Meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain

5 Hal Sederhana yang Kadang Berarti Besar bagi Orang Lain, Catat!Ilustrasi kekasih (pixabay.com/StockSnaps)

Sejatinya manusia sangat ingin mengutarakan semua hal yang dia rasakan. Hingga kadang lupa, bahwa orang lain pun memiliki keinginan yang sama. Ketika kamu malah menyediakan waktumu untuk mendengarkan orang lain berpendapat, maka hal ini sudah cukup membuat orang tersebut merasa lega dan bahagia.

Kadang kamu tak perlu memberikan komentar apa pun. Karena sebenarnya doi sudah tahu jalan keluarnya. Namun, memang orang sangat ingin didengar. Jadi, maukah kamu belajar jadi pendengar yang baik? 

Bayangkan Guys, jika lima hal sederhana di atas saja bisa membawa pengaruh besar bagi orang lain, bagaimana dengan aksi nyata yang bisa kamu lakukan setiap hari? Tentunya hidup akan bertambah bahagia dan juga kedamaian tercipta. Maka, tak sulit kan, untuk membantu orang lain?

Baca Juga: 5 Akibatnya kalau Kamu Terlalu Baik dan Pemaaf sama Orang Lain 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya