Comscore Tracker

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!

#ANGPOIN Say no is really important

Setiap orang punya hak untuk berkata “tidak”, baik kepada diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Berani berkata tidak bukanlah pertanda kalau seseorang pelit atau egois, tapi lebih ke pertanda akan ketidaksanggupan seseorang untuk melakukan apa yang orang lain inginkan. Daripada ujung-ujungnya mengecewakan, lebih baik berkata tidak sejak awal. Setuju?

Meski kata “tidak” sedikit menyakitkan hati orang-orang yang mendengarnya, tapi ada beberapa keuntungan yang bisa didapat lho! Berikut ini contohnya.

1. Menghemat uang, waktu, dan tenaga

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!unsplash.com/Reinaldo Kevin

Kata “iya” yang sering kamu ucapkan ternyata menguras isi dompetmu, lho! Misalnya ketika kamu mengiyakan ajakan teman untuk nongkrong di kafe. Alih-alih ingin melakukan penghematan di bulan ini, eh ujung-ujungnya tetap saja boros karena kamu gak enak mengucapkan kata tidak kepada teman.

Gak hanya uang, tapi waktu dan tenagamu juga ikut terkuras. Mau sampai kapan begini terus? Lakukan perubahan dan beranikan diri untuk katakan tidak. Demi kebaikan dirimu juga, lho!

2. Pertanda makin kenal sama diri sendiri

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!unsplash.com/Brooke Cagle

Ya, kata “tidak” yang kamu ucapkan bisa jadi pertanda kalau kamu makin kenal sama diri sendiri. Kok bisa? Karena sekarang kamu tahu hal-hal apa saja yang masih ada dalam batas kemampuanmu dan hal-hal apa saja yang ada di luar batas kemampuanmu.

Logikanya, kamu gak akan mungkin menolak kalau kamu memang bisa melakukan apa yang diminta oleh orang lain. Kalau sampai ditolak sih itu artinya kamu agak perhitungan untuk urusan membantu orang lain.

3. Tugas-tugas cepat beres

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Tidak seperti dulu saat kamu selalu mengiyakan permintaan orang lain, dimana tugas-tugasmu jarang selesai, kamu pun sering merasa lelah gak karuan. Tapi sekarang, it all flipped back karena kamu sudah berani berkata “tidak” kepada orang lain. Alhasil, semua tugas-tugas cepat selesai, kamu pun bisa beristirahat lebih banyak selepas melakukan rutinitas sehari-hari.

Baca Juga: 6 Ide Me Time Seru di Rumah, Cocok Buat Kamu Si Super Sibuk!

4. Semakin teguh pada prinsip

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Setiap orang punya prinsip hidup masing-masing. Tapi, prinsip hidup yang dibuat sering kali goyah karena perkataan orang lain dan ketidakmampuan diri sendiri untuk mengatakan “tidak” sama hal-hal yang ada di luar sana.

Nah, biar kamu semakin teguh pada prinsip hidupmu sendiri, sesekali katakan lah tidak. Mengatakan tidak gak sesulit yang dibayangkan. Sekali dilakukan, maka kamu pun akan terbiasa ke depannya.

5. Bikin orang lain lebih kenal sama kamu

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!unsplash.com/Maria Krisanova

Selama ini orang lain menganggapmu sebagai orang paling baik yang pernah ada. Kenapa? Karena kamu selalu berkata iya, iya, dan iya untuk apapun yang mereka minta. Kalau terus berlanjut, ujung-ujungnya kamu bisa dimanfaatkan sama orang lain, lho!

Sudah cukup berkata iya-nya. Sekarang saatnya katakan “tidak” biar orang lain semakin mengenal sifat aslimu, semakin kenal kalau kamu gak selemah, dan mudah dimanfaatkan seperti apa yang mereka kira selama ini.

6. Me time akan semakin bertambah

Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!unsplash.com/Angelika Agibalova

Berapa banyak waktu yang sudah kamu habiskan bersama orang lain karena selalu berkata iya? Sangat banyak, sampai kamu lupa kalau kamu juga butuh waktu untuk menyendiri.

Bukan bermaksud untuk mengasingkan diri, tapi menyendiri adalah upaya untuk men-charge energi positif yang ada dalam diri sendiri. Dan ini tidak akan bisa kamu lakukan kalau kamu selalu bersama-sama dengan orang lain.

Mulai sekarang, coba adakan me time alias waktu khusus yang memang ditujukan untuk diri sendiri. Apapun yang kamu lakukan, ke manapun kamu pergi, apa manfaat yang bisa didapatkan, semuanya untuk kamu seorang. Segera katakan “tidak" Apabila orang lain berusaha mengagalkan upayamu untuk mengadakan me time.

You have right not to please everyone or to make them feel comfort, jadi jangan selalu merasa gak enakan setiap kali berkata tidak. Toh, kamu juga punya alasan dibalik berkata tidak. So, why not? Kamu berhak melakukannya kok, jangan takut!

Baca Juga: 7 Kutipan Inspiratif Pandji Pragiwaksono yang Bikin Kamu Semangat Lagi

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya