Comscore Tracker

5 Cara Keliru Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Terlihat Lebay

Cintanya berlebihan sih

Ada banyak kata-kata bijak yang mengajak kita untuk lebih mencintai diri sendiri. Tentu, ada yang berhasil mencintai dirinya sendiri, ada juga yang gagal. Ada pula yang jadi terlalu mencintai diri sendiri karena dia keliru memaknai arti kata love yourself ini.

Apakah kamu termasuk? Yuk, cari tahu jawabannya dengan mengecek lima cara keliru mencintai diri sendiri berikut ini.

1. Menghalalkan segala cara agar kamu tidak tersakiti

5 Cara Keliru Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Terlihat Lebaypexels.com/Ibraim Leonardo

Saking cintanya sama diri sendiri, kamu jadi menghalalkan segala cara agar orang lain gak bisa menyakitimu. Kamu tega mengorbankan orang yang tak bersalah untuk menyelamatkan diri sendiri. Kejam, kan?

Mencintai diri sendiri itu boleh, tapi gunakan cara yang baik agar orang lain tidak menjadi korban untuk keuntunganmu sendiri.

2. Menutup diri agar orang lain tidak bisa masuk dan menyakiti kamu

5 Cara Keliru Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Terlihat Lebaypexels.com/Elijah O'Donnell

Kamu memang gak mau kalau orang lain sampai menyakitimu. Tapi, bukan berarti menutup diri dari kehadiran orang-orang. Sebab, maksud dan tujuan mereka belum tentu jahat. Bisa saja mereka ingin menambah porsi kebahagiaan kamu. Tidak ada yang tahu, kan?

Bertemanlah sama siapa saja. Tapi, jangan lupa batasi diri, terutama sama orang yang baru dikenal karena kamu belum mengetahui sifat mereka yang sebenarnya. 

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagia

3. Menyalahkan seseorang kalau dia membandingkan dirinya dengan orang lain

5 Cara Keliru Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Terlihat Lebaypexels.com/Ketut Subiyanto

Membandingkan diri sendiri tidak selalu bermakna negatif asal yang dibandingkan adalah prestasi dan kebaikan. Jadi, kamu tidak boleh menyalahkan setiap orang yang ingin membandingkan dirinya dan orang lain. 

Orang tersebut melakukannya karena dia ingin termotivasi oleh hal-hal baik yang selama ini belum bisa dia raih. Kalau kamu kurang suka, biarkan saja. Lagi pula mereka juga tidak meminta kamu untuk melakukan yang sama, kan?

4. Membeli apa pun yang kamu inginkan untuk menyenangkan diri sendiri

5 Cara Keliru Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Terlihat Lebaypexels.com/Andrea Piacquadio

Menyenangkan diri sendiri dengan membeli suatu barang memang tidak salah. Tapi, ini bukan cara untuk menunjukkan kalau kamu cinta sama diri sendiri. Kesannya justru boros karena kamu belum tentu membutuhkan barang tersebut.

Akan lebih baik kalau kamu membeli barang seperlunya. Sisa uangnya bisa kamu tabung atau investasikan untuk membeli barang yang bisa membuatmu bahagia dalam jangka panjang, misalnya rumah. Jadi, kamu tidak perlu mengontrak atau ngekos lagi.

5. Merasa kalau posisimu selalu di atas angin

5 Cara Keliru Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Kamu Terlihat Lebaypexels.com/EVG Culture

Kamu yang sudah berhasil mencintai diri sendiri tidak boleh meremehkan orang yang belum berhasil mencintai dirinya. Kamu boleh bangga karena bisa menerima dirimu apa adanya. Tapi, orang lain juga sedang berusaha mewujudkan hal yang sama seperti kamu.

Kamu harusnya menguatkan dan menyemangati mereka agar bisa mewujudkan hal yang sama. Atau mungkin memberitahu tips-tips yang membuatmu sukses mencintai diri sendiri agar mereka pun ikut berhasil.

Boleh mencintai diri sendiri, tapi jangan sampai kelihatan lebay agar orang lain tidak ilfeel sama kamu. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Self Love yang Kuat, Positif Banget!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya