Comscore Tracker

5 Efek Negatif kalau Kamu Selalu Iri sama Kehidupan Orang Lain

Buang jauh-jauh sikap iri tersebut, ya!

Pernah iri sama seseorang, temanmu mungkin? Akui saja, gak perlu malu karena hampir semua orang pernah merasa iri kepada orang lain. Entah itu terhadap kehidupannya, kesuksesan, kisah percintaan, dan lain sebagainya.

Yang salah adalah ketika kamu selalu iri sama orang tersebut. Sebab, ada beberapa efek negatif yang muncul kalau kamu bertahan dengan rasa iri ini. Apa saja?

1. Kamu bakal sibuk mengukur kesuksesannya, bukan kesuksesanmu

5 Efek Negatif kalau Kamu Selalu Iri sama Kehidupan Orang Lainpexels.com/Anastasia Shuraeva

Pertama, kamu sibuk mengurusi kesuksesan yang di dapatkan selama ini, baik yang skalanya kecil maupun besar. Sangat disayangkan, karena hal ini akan membuatmu lupa untuk mengurus kesuksesan sendiri yang sejatinya jauh lebih penting daripada kesuksesan orang lain. 

Hal yang wajar kalau seseorang bisa meraih sukses karena perjuangan dia pun sebanding. Kalau kamu mau sukses juga, ayo berjuang dan lihat apa yang bisa kamu dapatkan.

2. Gak hanya sama dia, kamu jadi ikut-ikutan benci sama diri sendiri dan orang di sekitarmu

5 Efek Negatif kalau Kamu Selalu Iri sama Kehidupan Orang Lainpexels.com/Brett Sayles

Bukan hanya benci melihat orang yang sukses saja, tapi kamu ikut benci sama diri sendiri karena progres yang kamu buat gak signifikan. Kamu juga akan ikut membenci orang lain karena berasumsi kalau mereka jugalah yang membuatmu selalu gagal. Padahal karena keberuntungan yang belum berpihak kepadamu. 

Daripada iri, lebih baik sabar dan ambil hikmah dari setiap kegagalan yang terjadi dalam hidupmu. Dari situ kamu bisa belajar banyak hal tentang gimana cara memperbaiki personality, pola pikir, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan main iri saja sebelum kamu mau mengubah diri secara signifikan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang Lain

3. Kamu malah menyalahkan takdir

5 Efek Negatif kalau Kamu Selalu Iri sama Kehidupan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Hidupmu memang sudah diatur oleh takdir, tapi takdirmu gak seburuk itu. Kamu punya kesempatan untuk memperbaikinya, tergantung dari besarnya usaha yang kamu buat.

Makanya jangan iri dan menyalahkan takdir kalau saat ini kamu belum seberuntung orang lain. Tetaplah berjuang dan pupuk kesabaran karena usahamu pasti membuahkan hasil. 

4. Hidupmu jauh dari kata tenang

5 Efek Negatif kalau Kamu Selalu Iri sama Kehidupan Orang Lainpexels.com/Dexon Save Silva

Kalau kamu terus-menerus iri, yang ada hidupmu gak akan tenang. Kamu langsung cemas setiap kali ada orang berhasil, meskipun orang itu layak mendapatkannya. Kamu pun langsung bandingkan dengan diri sendiri yang membuatmu merasa semakin terpuruk.

Belajarlah menerima keadaan. Sakit, iya sakit, tapi percayalah akan ada saat di mana kamu juga merasakan hal yang sama. Ingatlah kalau roda kehidupan terus berputar, jadi jangan putus asa.

5. Kamu pun sulit untuk berkembang

5 Efek Negatif kalau Kamu Selalu Iri sama Kehidupan Orang Lainpexels.com/Austin Guevara

Logikanya, gimana mau berkembang kalau kamu bisanya cuma iri? Rasa iri ini akan membuatmu benci dan ingin merusak kebahagiaan yang orang lain miliki. Kamu mulai menebar gosip atau apa pun itu supaya orang lain gak simpati kepada kesuksesannya.

Padahal kesuksesan orang lain itulah yang harusnya kamu jadikan motivasi untuk mengejar kesuksesanmu juga. Coba tanyakan apa resep suksesnya supaya kamu bisa terapkan dalam hidupmu.

Sikap iri gak memberi keuntungan apa-apa, jadi jangan dipertahankan. Lebih baik tingkatkan motivasi dan sikap positif dalam dirimu agar suatu saat nanti kamu bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari hari ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Menekan Dirimu agar Mampu Berkembang

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya