Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang Lain

Setiap manusia punya jatah rezekinya masing-masing

Tidak sedikit dari manusia yang merasa iri dengan pencapaian yang diperoleh orang lain. Tak melulu dalam bentuk harta, rasa iri bisa hadir lewat kebahagiaan yang dimiliki orang lain, seperti pasangan ataupun keluarga. Rasa iri biasanya membuatmu mempertanyakan mengapa Tuhan hanya memberikan kebahagian itu kepadanya bukan kepadamu juga.

Sebelum rasa iri membuat hidupmu tidak karuan, ada baiknya kamu memahami bahwa setiap orang hidup dengan pencapaiannya masing-masing dan bukan untuk saling bersaing. Agar pandanganmu makin terbuka, yuk, simak 5 alasan mengapa kamu gak perlu iri dengan pencapaian orang lain berikut ini. Baca sampai akhir ya!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Membenci Mantan Bisa Bikin Hidup Kurang Tenang

1. Pencapaian orang lain bukan patokan atau tolok ukur pencapaian dirimu

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang LainUnsplash.com/Raychan

Alasan pertama mengapa kamu gak perlu iri adalah karena pencapaian orang lain bukan patokan atau tolok ukur pencapaian dirimu. Setiap orang berjuang untuk pencapaiannya masing-masing. Terus mengikuti pencapaian orang lain justru akan membuatmu kehilangan arah dan tujuan.

Masing-masing orang adalah nakhoda untuk kapal hidupnya. Jika kamu terus-terusan mengikuti kapal orang lain, nantinya kamu akan berhenti di pelabuhan yang sama. Pertanyaannya, maukah kamu berhenti di pelabuhan yang bahkan tidak ingin kamu datangi?

2. Belum tentu yang orang lain capai adalah pencapaian yang kamu perlukan

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang LainUnsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Saat orang lain berhasil naik jabatan kemudian kamu ingin menjadi sepertinya. Saat temanmu membeli mobil mewah, timbul rasa ingin memiliki juga di dalam jiwa. Sadarkah bahwa kamu hanya ingin menyaingi mereka? Bahkan, kamu mungkin tidak benar-benar memerlukan semuanya.

Pencapaian orang lain bisa saja bukan hal yang benar-benar kamu perlukan meski tampak begitu kamu inginkan. Kamu tentu sering mendengar perkataan yang mengatakan bahwa Tuhan lebih tahu yang manusia butuhkan daripada si manusia itu sendiri. Oleh karena itu, belajarlah berbaik sangka bahwa setiap pencapaian yang diperoleh orang lain merupakan bagian rezeki yang sudah diatur sebagaimana mestinya oleh Sang Pencipta.

3. Setiap orang akan punya waktu berhasilnya masing-masing. Iri dan membandingkan diri cuma bikin kamu pusing sendiri

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang LainUnsplash.com/Max Ilienerwise

Setiap orang sudah punya jatah berhasilnya sendiri-sendiri. Jatah keberhasilanmu dan orang lain waktunya tidak mungkin selalu sama. Ada kalanya hidup orang lain akan tampak bahagia dibanding hidupmu, ada kalanya kamu yang diperlihatkan susah-susahnya terlebih dahulu.

Daripada kamu semakin pusing karena memikirkan pencapaian orang lain, ada baiknya kamu belajar memperbaiki kemampuan diri sebaik mungkin. Jika saat ini kamu belum dipertemukan dengan keberhasilan, kamu jangan sekali-kali memilih berhenti apalagi patah semangat. Kamu hanya perlu percaya bahwa di balik setiap kerja kerasmu selalu ada hasil terbaik yang menantimu.

4. Jalan hidup orang berbeda-beda, selama kamu berusaha berarti kamu sudah dalam perjalanan mencapai sesuatu

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang LainUnsplash.com/Anete Lūsiņa

Usaha adalah bahan bakar setiap pencapaian. Mengandalkan keberuntungan semata tidak akan membuat hidupmu berubah dalam sekali kedipan. Takdir memang telah diatur, namun sebagai manusia kamu jangan hanya modal mendengkur.

Setiap manusia pasti memiliki kesempatan untuk berhasil dengan ukuran yang sama rata. Yang membedakan semuanya hanya jalan menuju ke sana dan besarnya usaha. Oleh karena itu, daripada kamu iri, lebih baik kamu maksimalkan usaha dengan mengerahkan segenap tenaga yang kamu punya.

5. Dengan iri kamu justru gak dapat pelajaran apa-apa. Padahal, pencapaian orang lain bisa jadi pemacu semangat agar terus bergerak

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Iri dengan Pencapaian Orang LainUnsplash.com/Allef Vinicius

Menumbuhkan rasa iri tidak akan menjadikan hidupmu terasa lapang. Hidup dengan rasa iri seperti sedang berkawan dengan ambisi semata. Merawat rasa iri layaknya setiap hari memikul beban tak kasat mata.

Iri merupakan salah satu perbuatan yang teramat sia-sia apalagi jika dibiarkan tumbuh dari hari ke hari. Seharusnya pencapaian orang lain dapat mematik api semangatmu agar semakin menyala. Pencapaian orang lain juga bisa kamu ubah sebagai inspirasi dan pelajaran agar hidupmu semakin berkembang.

Nah, itulah kelima alasan mengapa kamu gak perlu iri dengan pencapaian orang lain. Daripada kamu iri gak jelas, mending kamu mengubah dirimu lebih berkualitas. Mulai sekarang singkirkan iri dan banyakin prestasi, ya!

Baca Juga: Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya