Comscore Tracker

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!

Pikirkan kebahagiaanmu!

Negative thoughts atau pikiran negatif dimiliki hampir oleh semua orang, termasuk kamu. Pikiran negatif ini bisa muncul dari apa yang kamu lihat dan dengarkan. Tak sedikit pikiran negatif justru mengarah pada judgement yang membuat hidupmu menjadi kurang bahagia.  

Mirisnya lagi, kamu malah sering membiarkan pikiran negatif ini meraja dalam dirimu. Akibatnya kebahagiaan yang mestinya kamu dapatkan menjauh secara perlahan. Berikut contoh beberapa pikiran negatif yang dapat menghambat kebahagiaan kamu.

1. Terlanjur memikirkan kegagalan

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!unsplash.com/Pim Chu

Pikiran negatif yang satu ini kerap kali terlintas ketika kamu ingin memulai hal-hal baru. Kamu menjadi kurang percaya diri dan memilih untuk tidak melakukan apapun. Akibatnya kamu tidak pernah mengetahui batas kemampuanmu yang sesungguhnya dan hal-hal apa saja yang harus ditingkatkan untuk memperbaiki diri.

Sekarang jangan terlalu fokus memikirkan kegagalan, tetapi pikirkanlah kesuksesan. Dengan begini, kesuksesan pun perlahan-lahan akan menghampiri dirimu.

2. Tidak yakin pada diri sendiri

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!unsplash.com/Joseph Rosales

Beberapa dari kamu mungkin mampu mengenali diri sendiri dengan baik. Tetapi, masih banyak yang belum yakin pada diri sendiri saat ingin melakukan suatu hal. Akibatnya kamu sering merendahkan diri, bahkan mengucapkan kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan. Misalnya, “aku pasti tidak bisa”.

Kalimat seperti ini justru membuatmu semakin down, padahal sebenarnya kamu mampu untuk melakukannya. Tetapi karena sudah terlanjur tidak yakin, maka usahamu sering berakhir dengan sia-sia.

3. Waktu masih panjang

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!unsplash.com/Aral Tasher

Banyak dari kamu yang sering menunda-nunda untuk melakukan hal-hal baru. Alasannya banyak, salah satunya karena kamu beranggapan kalau waktu masih panjang. Memang, tetapi kamu tidak pernah tahu sepanjang apa waktu itu.

Selalu menunda akan menjauhkanmu dari kesuksesan. Hal ini nantinya dapat menimbulkan penyesalan yang ujung-ujungnya akan semakin mengikis kebahagiaan kamu.

Baca Juga: Tinggalkan Saja, Ini 5 Hal yang Menghambatmu untuk Bahagia

4. Selalu membanding-bandingkan

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!unsplash.com/Jenna Anderson

Membandingkan diri dengan orang-orang hebat itu sangat baik untuk memotivasi diri sendiri, tetapi yang sering terjadi justru sebaliknya. Kamu sering membandingkan dirimu dengan orang di sekitar karena diselimuti rasa iri. Iri karena orang itu lebih cantik, lebih kaya, lebih eksis, dan lain sebagainya.

Ingat, kamu tidak seharusnya membandingkan dirimu dengan orang lain. Hal ini akan membuatmu semakin jauh dari kebahagiaan. Syukuri apa yang kamu miliki dan be you!

5. Menomorsatukan opini orang lain

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!unsplash.com/Guillaume Bolduc

Orang lain mungkin sering memberikan opini negatif terhadap dirimu, dan kamu ikut terhanyut dalam opini tersebut. Hal semacam inilah yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Dan pastinya akan membuat pikiran bertambah, sehingga dapat memicu stress.

Sah-sah saja bila ingin mendengarkan opini orang lain. Tetapi selalu nomorsatukan opinimu sendiri, ya! Sebab you know you dan kamu jugalah yang akan menjalaninya, bukan orang lain.

6. Hanyut pada masa lalu

6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!unsplash.com/Ronaldo Oliveira

Jujur saja, banyak dari kamu yang masih belum bisa move on dari masa lalu. Baik itu untuk urusan karir, percintaan, dan lain-lain. Ketidakmampuanmu melepas apa yang sudah terjadi akan membuatmu terus bersedih. Mau sampai kapan begini terus?

Apa yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Sekarang fokuslah menatap masa depan. Mulailah membangun pikiran positif yang dapat menambah kebahagiaan dalam hidupmu.

Negative thoughts tidak memberi keuntungan apapun. Stop sebelum terlambat!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk Terapkan

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You