Comscore Tracker

5 Cara Balas Dendam Terbaik ketika Diremehkan, Fokus pada Dirimu

Tunjukkan padanya bahwa kamu berharga

Namanya juga manusia, sebaik apapun hal yang kamu lakukan pasti ada saja orang yang menilaimu dengan sebelah mata. Biasanya orang-orang seperti ini adalah orang yang belum mengenal dengan baik.

Orang seperti itu akan kita jumpai dengan kebiasaan mencari celah orang lain. Padahal sebenarnya setiap orang termasuk dirinya juga pasti memiliki sisi yang negatif, tapi sayang ia tidak mampu mengenali dirinya dengan baik dan mungkin karena jarang melakukan introspeksi diri. 

Orang yang suka memandang sebelah mata biasanya diiringi sikap suka meremehkan orang lain. Merasa bahwa dirinya paling benar dan sempurna.

Jika kamu saat ini merasakan hal tersebut, yuk simak beberapa cara balas dendam terbaik pada orang yang meremehkanmu. 

1. Jangan tersulut emosi, tunjukkan sikap biasa saja

5 Cara Balas Dendam Terbaik ketika Diremehkan, Fokus pada Dirimuilustrasi cuek (unsplash.com/Tamara Bellis)

Ketika kamu diremehkan oleh orang lain, cara yang pertama untuk menyikapinya yaitu jangan tersulut emosi atas perkataan atau perbuatan mereka yang merendahkanmu. Tunjukkan sikap biasa saja, buktikan bahwa perbuatan mereka tidak berpengaruh apa-apa terhadapmu. 

Hal ini selain membuatmu tidak menguras energi, mereka yang mencoba merendahkanmu kemungkinan akan merasa resah karena kamu tidak meresponnya. Jadi tak usah buang-buang waktu untuk menanggapi hal-hal yang tidak penting ya.

2. Jangan remehkan balik, fokus saja pada dirimu

5 Cara Balas Dendam Terbaik ketika Diremehkan, Fokus pada Dirimuilustrasi belajar (unsplash.com/Green Chameleon)

Cara yang selanjutnya kamu tak perlu repot-repot untuk membuang energimu dengan meremehkan balik mereka yang sudah merendahkanmu. Cukup fokus saja pada dirimu, kembangkan value-mu dengan memperluas pengalaman dan wawasan. 

Ketika kamu fokus pada perkembangan dirimu, kamu akan jauh lebih bersinar daripada orang-orang yang cuma bisa merendahkanmu. Mereka itu sebenarnya kurang kerjaan sampai dia menilai orang lain tanpa bertanggung jawab. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Paling Kejam saat Balas Dendam, Jangan Cari Ribut!

3. Buktikan keberhasilanmu, jangan banyak gaya

5 Cara Balas Dendam Terbaik ketika Diremehkan, Fokus pada Dirimuilustrasi pemenang (unsplash.com/Anton Maksimov)

Sudah menjadi naluri manusia ketika ada yang memandang sebelah mata atau merendahkan sebagai bentuk pembelaan diri kita akan menunjukkan bahwa apa yang mereka bilang itu tidak benar. Ada yang menunjukkan dengan positif, ada yang negatif. 

Jangan terlalu menunjukkan banyak gaya yang tidak penting di depan mereka. Perlihatkan saja bukti pencapaianmu atas keberhasilan- keberhasilan yang telah kamu peroleh. Hal itu merupakan cara balas dendam yang efektif untuk mereka yang suka meremehkan. 

4. Maafkan saja mereka, jangan simpan dendam

5 Cara Balas Dendam Terbaik ketika Diremehkan, Fokus pada Dirimuilustrasi tulisan memaafkan (unsplash.com/Alex Shute)

Kesal atas perlakuan mereka itu tidak apa. Yang penting jangan simpan amarah di hatimu hingga menjadi dendam ya. Hal itu merupakan sesuatu yang tidak baik untuk dirimu sendiri lho. 

Cara balas dendam yang terbaik salah satunya yaitu memaafkannya dengan tulus. Karena dengan memaafkan, kamu tidak memberikan ruang dirimu untuk merasakan sakit atas perbuatan orang lain. 

5. Tetap berbuat baiklah pada mereka

5 Cara Balas Dendam Terbaik ketika Diremehkan, Fokus pada Dirimuilustrasi bersalaman (unsplash.com/Chris Liverani)

Nah ketika kamu sedang diremehkan atau direndahkan orang lain selain memaafkan, kamu bisa melakukan perbuatan baik pada mereka. Karena dengan perilaku seperti itu, mereka akan mengetahui sisi baikmu. 

Sebenarnya orang yang meremehkan dan merendahkanmu itu adalah orang-orang yang tidak mengenalmu dengan baik sampai ia melakukan perbuatan atau perkataan yang kurang tepat untuk dilontarkan padamu. 

Nah hal-hal di atas merupakan cara balas dendam terbaik untuk orang yang suka meremehkanmu. Jangan diambil pusing apa yang mereka katakan dan perbuat. Kendalikan dirimu untuk tidak berbuat jahat kepada mereka. 

Baca Juga: 7 Kisah Balas Dendam dari Abad Pertengahan, Gak Kenal Ampun

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya