Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertemu dengan Orang Baru

Berpengaruh pada first imperssion

Pertemuan dengan orang baru pasti sering kita lakukan ketika hendak melakukan pengenalan atau ada urusan penting. Fase ini biasanya sangat menentukan kesan pertama bagi orang lain terhadap diri kita. Kesan itu membawa pengaruh yang cukup menegangkan karena pada fase itulah orang mulai menilai. 

Penilaian inilah yang kemudian dapat menghasilkan apakah kita diterima atau tidak untuk melakukan kerja sama setelahnya. Baik itu soal pertemanan atau urusan pekerjaan misalnya. Turut menjadi tanda tanya bagi seseorang yang jarang melakukan pertemuan dengan orang baru tentang bagaimana agar lawan bicara nyaman dan menerima baik diri kita saat melakukan pertemuan pertama. 

Untuk menghindari ketidaknyamanan, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bertemu dengan orang baru. Yuk simak uraian di bawah ini. 

1. Membahas hal-hal yang bersifat pribadi

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertemu dengan Orang Baruilustrasi dua wanita mengobrol (pexels.com/mentatdgt)

Pertemuan pertama acap kali menjadi hal yang mendebarkan. Terbayang bagaimana harus bersikap agar pertemuan dapat berjalan dengan lancar. Selain soal penampilan yang tidak nyeleneh, ada lagi yang penting. 

Saat obrolan sedang berlangsung, dilarang membahas tentang hal-hal yang bersifat pribadi. Karena ada sebagian orang yang nyaman dengan obrolan tersebut dan ada yang tidak. Untuk lebih amannya jauhi obrolan tersebut ya agar tidak menimbulkan kesan berlebihan. 

2. Jangan membicarakan orang lain

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertemu dengan Orang Baruilustrasi pria berkemeja hitam(pexels.com/RODNAE Production)

Pertemuan pertama yang terjadi biasanya belum saling mengenal satu sama lain. Terkadang membuat bingung bahkan ragu mengenai memilih pembahasan saat berbincang. Kebingungan ini kerap di rasakan bagi yang jarang membuka topik obrolan. 

Orang seperti ini pasti pernah mengalami fase pembicaraan yang tak terarah. Bahkan terkadang karena obrolan yang terkesan tak terarah itu ia berpeluang besar untuk membicarakan orang lain. Karena membicarakan orang lain sangat mudah dilakukan daripada membahas hal lain. 

3. Tidak menghargai keberadaan lawan bicara

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertemu dengan Orang Baruilustrasi dua orang (pexels.com/Monstera)

Tujuan dari suatu pertemuan pasti ada kepentingan tertentu. Baik kepentingan yang mendesak atau tidak seharusnya dapat membuat partisipan pertemuan bisa menghargai keberadaan orang lain. Itulah yang menjadi permaslahan. 

Dan salah satu hal yang harus dihindari dan pantang untuk dilakukan saat pertemuan pertama dengan orang asing adalah tidak menghargai keberadaannya. Sibuk bermain ponsel atau dengan dirinya sendiri. Sikap ini akan menimbulkan kesan yang kurang baik lho. 

Baca Juga: 5 Tanda Dirimu Kurang Dicintai Orang-orang di Sekitarmu

4. Bersikap seolah-olah tahu segalanya

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertemu dengan Orang Baruilustrasi melirik (pexels.com/cottonbro)

Pertemuan pertama akan membawa kesan. Entah itu kesan yang baik atau buruk tergantung bagaimana seseorang besikap. Namun terkadang saat berbincang dan bersikap banyak orang yang tidak sadar dirinya sudah berlebihan dan melewati batas.

Seperti saat seseorang berusaha menampilkan kelebihan dirinya kepada pihak lawan bicara. Biasanya didasari oleh keinginannya untuk diakui. Tapi malah sikap yang seolah-olah tahu segalanya itu malah biasanya membuat pihak lawan tidak nyaman karena terkesan menonjolkan diri sendiri. 

5. Terlambat memenuhi janji

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertemu dengan Orang Baruilustrasi melihat jam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang akan menilai dan menentukan sikap dari pertemuan pertama. Untukmu yang sering memiliki pertemuan dengan orang baru upaya berikan hak terbaik saat melakukannya. Karena mulai dari pertemuan pertamalah seseorang dapat atau tidak mempercayaimu.

Upayakan yang terbaik jangan sampai mengecewakan lawan bicaramu. Seperti yang tidak boleh dilakukan adalah telat datang di pertemuan pertamamu. Kemungkinan yang akan terjadi adalah ketidaksukaan lawanmu karena ia merasa tidak dihargai.

Hayo dari kesekian larangan yang tidak boleh dilakukan saat bertemu dengan orang baru, mana yang paling sering kamu lakukan? Jika kamu tidak ingin mendapatkan kesan buruk terapkan kelima hal di atas ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Perlu Luangkan Waktu untuk Orang-orang di Sekitarmu

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya