Comscore Tracker

5 Skill yang Harus Dipunya jika Merasa Nilai Akademikmu Kurang

Tutupi kekuranganmu, tingkatkan kemampuanmu

Manusia diciptakan Tuhan dengan sebaik-baiknya. Dibekali akal yang dapat digunakan untuk berpikir membedakan mana yang baik dan tidak. Dalam pendidikan formal, acap kali seseorang dinilai pintar disekolah hanya dengan patokan standar nilai semata.

Mereka yang termasuk juara ialah yang dianggap punya nilai bagus. Padahal belum tentu yang nilainya rendah tidak pintar. Nilai akademik selalu menjadi momok pembahasan dimana-mana. Namun, bagi kamu yang nilai akademiknya rendah, tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa menguasai lima skill ini dari sekarang.

1. Public speaking 

5 Skill yang Harus Dipunya jika Merasa Nilai Akademikmu Kurangilustrasi presentasi di depan banyak orang (unsplash.com/Teemu paananen)

Memang tidak semua orang menyukai  mata pelajaran tertentu. Oleh karena itu juga, tidak semua hasil yang didapatkan semua akan bagus, pasti ada yang rendah. Salah satu cara untuk menutupinya ialah asahlah skill public speaking.

Meski public speaking tidak dinilai dalam sekolah formal, tapi diluar itu kamu akan bisa mengembangkan dan meningkatkan nilai diri dari public speaking yang kamu kuasai.  Jadi, jangan cepat berputus asa, ya.

2. Kemampuan bernegosiasi 

5 Skill yang Harus Dipunya jika Merasa Nilai Akademikmu Kurangilustrasi diskusi (unsplash.com/Jason Goodman)

Negosiasi ialah suatu proses interaktif antara dua orang atau lebih untuk berusaha menemukan titik temu untuk kepentingan bersama. Memiliki kemampuan negoisasi dapat memberikan keuntungan yang banyak. Salah satunya bisa menentukan kariermu, lho.

Jadi kamu tidak perlu merasa rendah hati jika nilai akademikmu tidak tertalu bagus. Skill ini bisa jadi pilihanmu untuk meningkatkan kualitas diri. Diperlukan latihan untuk memiliki skill ini, tapi yakinlah jika ada kemauan pasti ada jalan.

Baca Juga: 5 Skill Digital Marketing yang Wajib Dipelajari Seorang Marketer

3. Bekerja sama dan kolaborasi 

5 Skill yang Harus Dipunya jika Merasa Nilai Akademikmu Kurangilustrasi berjabat tangan (unsplash.com/Cytoon Photography)

Dalam dunia kerja, skill bekerja sama dan berkolaborasi sangat dibutuhkan. Setiap hal pasti memerlukan kemampuan kerjasama dan koordinasi, meliputi kemampuan komunikasi yang baik, mempengaruhi orang lain, perencanaan, dan lain sebagainya.

Kemampuan ini bisa dilatih dengan belajar mengikuti stuktur kepanitiaan acara atau yang lainnya. Dengan begitu, kamu akan dapat menjadi seseorang yang mampu diandalkan oleh orang lain. Hal tersebut juga menjadikanmu seseorang yang mempunyai nilai plus tersendiri, lho.

4. Kepemimpinan 

5 Skill yang Harus Dipunya jika Merasa Nilai Akademikmu Kurangilustrasi memimpin (unsplash.com/Autisn Distel)

Kemampuan leadership atau kepemimpinan juga dibutuhkan di mana saja. Dalam sebuah organisasi maupun perusahaan, misalnya. Skill ini dapat dikatakan sebagai seni memotivasi orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Skill ini tidak hanya dimiliki oleh seseorang karena naluri dari keluarga saja. Namun, juga bisa ditumbuhkan dari seseorang yang keluarganya tidak memiliki  latar belakang menjadi seorang pemimpin. Jadi semua memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki skill ini.

5. Manajemen waktu 

5 Skill yang Harus Dipunya jika Merasa Nilai Akademikmu Kurangilustrasi mengecek jam (pexels.com/energepic.com)

Manajemen waktu atau time management ialah proses mengatur waktu secara efektif sehingga aktivitas yang dilakukan dapat berjalan secara tepat dan efisien. Kemampuan ini wajib untuk dimiliki, agar kamu dapat menjadi seseorang yang berkualitas.

Kategorikan waktu dengan menggunakan strategi penting dan semi penting. Dengan menerapkan hal ini, tentu dapat membantumu menjadi seseorang yang disiplin dan menghargai waktu.

Jangan merasa rendah diri jika nilai akademikmu tidak bagus. Lebih baik tingkatkan nilai diri dengan hal-hal yang bisa dilakukan. Nah, itu tadi beberapa skill yang bisa diasah untuk menutupi nilai akademikmu yang rendah. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Skill Penting yang Wajib Kamu Upgrade, biar Karier Gak Stuck!

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya