Comscore Tracker

Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangat

Memotivasi dirimu sendiri itu penting

Saat menghadapi situasi yang berat, kamu pasti sering merasa berputus asa. Apalagi, jika hal yang kita jalani adalah sesuatu yang berat dan susah untuk dijalani. Situasi seperti ini akan sering kamu temukan baik di dalam pekerjaan, kuliah, atau hal yang penting lainnya. Kalau rasa malas sudah mulai timbul, kamu harus mencari cara untuk mengatasi ini semua. Motivasi untuk dirimu perlu kamu lakukan.

Gimana, sih cara untuk memotivasi dirimu sendiri saat timbul perasaan ingin menyerah dengan apa yang kamu harus lewati? Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memotivasi dirimu sendiri biar lebih semangat.

1. Lakukan hal yang kamu suka

Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangatpixabay.com/kaboompics

Saat merasa bosan dan hampir menyerah ambil waktu sejenak untuk melakukan hal yang kamu suka. Apapun itu, yang membuat kamu bahagia lakukanlah. Kalau kamu sudah berusaha sekuat tenaga, luangkan waktu sejenak untuk bersenang-senang.

2. Pasang target yang pas untuk mencapai tujuanmu

Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangatpixabay.com/rawpixel

Kalau kamu sedang mengerjakan sesuatu, pasang target yang sesuai dengan kemampuanmu. Jangan melebihi kemampuan yang kamu miliki agar yang kamu jalani berjalan dengan lancar. Target yang tidak sesuai membuat kamu kehilangan motivasi karena melebihi kemampuanmu.

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Kembalikan Motivasi Belajarmu, Ayo Semangat!

3. Hargai apa yang telah kamu kerjakan

Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangatpixabay.com/free-photos

Apa yang sudah kamu kerjakan merupakan hasil dari kerja kerasmu. Hargai dan jangan menyesali apapun yang sudah kamu kerjakan. Jika masih ada kesalahan, berusahalah untuk memperbaiki ke depannya. 

4. Jangan merasa cepat puas

Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangatpixabay.com/rawpixel

Cepat puas dengan apa yang kamu kerjakan akan membuat kamu malas untuk ke depannya. Merasa apa yang kamu kerjakan sudah lebih dari semuanya bisa membuat kamu tidak semangat untuk tantangan berikutnya. Merasa puas boleh saja, tetapi harus ada batasnya supaya kamu tetap maju.

5. Jangan lupa beri reward untuk dirimu setelah semua berhasil

Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar SemangatPixabay/SplitShire

Reward untuk diri sendiri boleh kamu dapatkan setelah semuanya selesai. Kamu bisa memasang target reward yang akan kamu dapat setelah semua berhasil. Hal ini akan membuat kamu lebih termotivasi untuk tantangan yang baru. 

Nah, itulah kelima tips yang dapat kamu lakukan supaya selalu termotivasi dan semangat menyelesaikan pekerjaan. Teruslah berusaha dan lakukan hal yang bisa membuat kamu bahagia saat kamu bekerja supaya kamu ada hiburan. Setelah tugasmu benar-benar selesai, wujudkan hal yang kamu inginkan supaya lebih semangat lagi.

Baca Juga: 5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!

Lois Maria Andries Photo Community Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You