Comscore Tracker

5 Alasan Penting Kamu Tak Boleh Meremehkan Tanggung Jawabmu

Demi masa depanmu sendiri

Tanggung jawab. Kata yang sederhana tetapi menyimpan makna besar. Mudah diucapkan namun ternyata hanya sedikit yang benar-benar memiliki sifat tersebut dan konsisten melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Diajarkan sejak kecil dan mudah terlupakan begitu besar.

Sebenarnya, seberapa penting sih, memiliki sifat bertanggung jawab? Sangat penting! Ini alasannya:

1. Tidak bisa disebut dewasa kalau belum bisa bertanggung jawab

5 Alasan Penting Kamu Tak Boleh Meremehkan Tanggung JawabmuPixabay.com/Erik_Lucatero-8817894

Ya, dewasa tidak pernah hanya soal umur. Kalau kamu benar-benar dewasa, kamu pasti telah menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Itu berarti, mampu bertanggung jawab terlebih dahulu, baru bisa disebut dewasa. Kamu tentu juga tahu kan, cuma anak-anak yang belum bisa dimintai pertanggungjawaban?

2. Tak ada kesuksesan tanpa tanggung jawab

5 Alasan Penting Kamu Tak Boleh Meremehkan Tanggung JawabmuPixabay.com/Pexels-2286921

Selalu ada ‘harga’ yang pantas yang harus kamu tebus untuk setiap kesuksesan. Salah satunya adalah dengan menunjukkan kemampuanmu bertanggung jawab. Makin kamu bertanggung jawab, kamu makin berpeluang meraih kesuksesan.

Begitu pun sebaliknya. Saat kamu sembrono, segala bentuk dan tingkat kesuksesan akan selalu terlihat jauh dari hidupmu.

3. Makin kamu bertanggung jawab, makin tampak kompetensimu

5 Alasan Penting Kamu Tak Boleh Meremehkan Tanggung JawabmuPixabay.com/Studio32-2077661

Ya, kemampuanmu bertanggung jawab menunjukkan kamu orang yang berkompeten. Jadi, jangan pernah berpikir keharusanmu menunjukkan tanggung jawab itu hanya untuk menyenangkan orang lain seperti atasanmu dan menjadi beban besar bagimu.

Sifat bertanggung jawab adalah salah satu kualitas diri yang sangat utama. Ketika kamu tidak pernah lari dari tanggung jawab, kecakapanmu akan benar-benar diakui.

Baca Juga: 5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecil

4. Tanggung jawab dari luar adalah bentuk kepercayaan

5 Alasan Penting Kamu Tak Boleh Meremehkan Tanggung JawabmuPixabay.com/Pexels-2286921

Ada sifat tanggung jawab dari dalam dirimu, ada pula tanggung jawab yang diberikan dari pihak luar padamu. Kadang-kadang, tanggung jawab yang diberikan padamu memang terasa berat. Namun setiap kali kamu merasa berat, ingatlah bahwa tanggung jawab tidak pernah diberikan pada sembarang orang.

Ketika kamu menjadi yang terpilih, itu artinya si pemberi tanggung jawab juga memberikan kepercayaannya padamu. Percaya bahwa kamu mampu mengemban tanggung jawab itu dengan baik. Tentunya, kepercayaan itu juga timbul karena ia telah melihat rekam jejakmu selama ini. Maka seharusnya kamu merasa bangga.

5. Menjadi tidak bertanggung jawab hanya merugikan dirimu sendiri

5 Alasan Penting Kamu Tak Boleh Meremehkan Tanggung JawabmuPixabay.com/Free-Photos-242387

Pernahkah kamu berpikir bahwa jika kamu kurang bertanggung jawab dalam pekerjaanmu, kantorlah yang akan kelimpungan dan terancam merugi? Sekilas itu benar. Namun sebenarnya justru kamu sendiri yang paling dirugikan.

Jelas, bukan perkara sulit untuk kantormu mencari penggantimu alias memecatmu. Kalaupun kamu tak dipecat saat itu juga, sifatmu yang kurang bertanggung jawab akan membuatmu tidak disukai rekan-rekanmu. Di dunia ini tidak pernah ada pekerjaan yang benar-benar individual, kan?

Jika kamu kurang bertanggung jawab pada tugas-tugasmu, mau tidak mau rekan-rekanmu harus ikut membereskannya. Sekali, dua kali mungkin mereka masih bisa bersabar. Akan tetapi jika kamu terus begitu, ujung-ujungnya kamu pasti akan dilaporkan pada atasan dan terancam kehilangan pekerjaan juga.

Banyak hal dalam hidup ini terasa tidak mudah bukan karena hal-hal itu betul-betul sulit untuk dikuasai melainkan hanya karena belum terbiasa. Bagus sekali jika kamu sudah memiliki sifat bertanggung jawab. Kamu harus terus menjaganya bahkan meningkatkannya.

Akan tetapi jika kamu masih sering meremehkan tanggung jawabmu bahkan mengopernya pada orang lain, itu kerugian besar untukmu. Belajarlah untuk terus mengambil tanggung jawabmu demi masa depanmu sendiri yang lebih cerah.

Baca Juga: 5 Tip Menyeimbangkan Tanggung Jawab Pekerjaan dan Keluarga

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya