Comscore Tracker

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!

#IDNTimesLife Biar kamu gak dicueki

Zaman sekarang, menemukan dan menghubungi siapa pun menjadi amat mudah. Kamu gak perlu mencari nomor teleponnya atau mengenalnya di dunia nyata. Cukup dengan mencari nama seseorang di media sosial, kamu bisa menghubunginya.

Sekalipun jalur komunikasi telah begitu beragam dan terbuka, jangan pernah meninggalkan sopan santun saat mengirim pesan pada siapa pun, ya! Sebab caramu berkomunikasi yang gak sopan bakal langsung membuatnya ilfil. Ikuti tipsnya berikut ini.

1. Wajib memperkenalkan diri terlebih dahulu

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!Ilustrasi menggunakan ponsel (unsplash.com/freestocks)

Sekalipun bila kamu mengirim pesan melalui medsos nama akunmu sudah tertera, tetaplah memperkenalkan diri. Bagaimanapun, kalian belum pernah bertemu. Apalagi jika nama akunmu bukan nama asli.

Jelaskan siapa kamu dan dari mana kamu mengetahui dirinya. Misal, kalian pernah bertemu di suatu acara. Dia menjadi pengisi acara dan kamu pesertanya. Kalau caramu memperkenalkan diri baik, orang lain juga lebih mungkin meresponsmu dengan baik.

2. Sampaikan keperluanmu dengan jelas, jangan bertele-tele!

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!Ilustrasi seseorang menggunakan ponsel (unsplash.com/kelli_mcclintock)

Mengirim pesan atau mengobrol dengan orang yang sudah dikenal dekat dengan orang asing tentu sangat berbeda. Kalau kalian sudah kenal dekat, mengirim pesan yang gak penting-penting amat sekadar untuk mengisi waktu juga gak masalah.

Begitu pula dengan pesan yang panjang. Namun dengan orang yang gak mengenalmu, pesanmu harus lebih ringkas tanpa mengurangi kejelasan maksudmu. Kalau pesanmu bertele-tele, orang bisa berpikir kamu hanya sedang mengisenginya dan dia gak punya waktu untukmu.

3. Jangan asal menggunakan 'aku-kamu' dan 'gue-lu'

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!Ilustrasi seseorang memegang ponsel (unsplash.com/utsmanmedia)

Bahkan jika dia sepantar denganmu, sebutan seperti di atas tidaklah sopan mengingat kalian gak saling kenal. Apalagi jika kamu gak tahu pasti usia lawan bicaramu. Sebaiknya gunakan kata 'saya' untuk menyebut dirimu sendiri.

Jika konteks pesanmu sangat resmi, kamu bisa menyebutnya 'Anda'. Namun jika itu terlalu kaku, setidaknya gunakan sapaan 'Mbak/Mas/Kak/Bapak/Ibu'. Gak masalah jika ternyata dia benar seumurmu atau malah lebih muda.

Sapaanmu tetap pantas bahkan sudah seharusnya sebagai bentuk penghormatan pada orang lain. Yang menjadi masalah besar justru jika kamu telanjur dicap gak sopan. Susah banget lho, untuk menghapus citra ini darimu.

Baca Juga: Sering Dilupakan, Ini 5 Etika Berkomentar di Media Sosial

4. Jangan mendesaknya untuk lekas membalas

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!Ilustrasi pria menggunakan ponsel (unsplash.com/thefoolies)

Kenal saja gak, kok memaksa cepat dibalas? Kira-kira seperti ini yang ada di benak orang lain jika kamu memaksanya untuk lekas membalas pesanmu. Apalagi jika pesanmu hanya menyangkut kepentinganmu, bukan kepentingannya.

Dan bila pesanmu gak kunjung direspons, jangan cepat menuduhnya jahat atau sombong. Ingat, kamu gak tahu kesibukannya. Kamu mungkin saja selalu memegang ponsel dan leluasa menggunakannya, tetapi dia belum tentu punya waktu untuk itu. Bersabarlah.

5. Jangan pernah mengirimkan konten tak senonoh atau berbicara vulgar

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!Ilustrasi seseorang menggunakan ponsel (unsplash.com/hannahbusing)

Gak jelas banget kalau kamu sampai berani melakukannya. Pada orang yang sudah dikenal pun gak pantas, apalagi pada orang yang gak mengenalmu. Bahkan sekalipun kamu merasa sangat mengenalnya, mungkin karena kamu mengidolakannya, di matanya kamu tetap orang asing.

Kalau kamu sampai mengirimkan konten yang tak senonoh atau pesan berbahasa vulgar, wajar bila dia emosi atau gak pernah menanggapimu. Akunmu bahkan bisa dilaporkan, lho. Mau?

6. Jangan lupa sampaikan terima kasih atas balasannya

6 Tips Mengirim Pesan pada Orang yang Gak Mengenalmu, Harus Sopan!Ilustrasi pria menggunakan ponsel (unsplash.com/sweetpagesco)

Ini nih, yang paling sering dilupakan. Kalau pesanmu sudah direspons dengan baik, kamu langsung kabur saja. Gak ada balasan lagi darimu padahal kamu belum bilang terima kasih atas kesediaannya membalas.

Ini sama seperti bila kamu bertamu ke rumah orang. Kamu datang baik-baik, bertamu selama beberapa menit, lalu pemilik rumah pamit ke belakang sebentar. Nah, saat pemilik rumah kembali ke ruang tamu, kamu sudah gak ada! Kalau kamu di posisinya, jengkel banget gak?

Hanya lantaran kalian gak saling mengenal, bukan berarti kamu boleh bersikap semaunya. Justru kamu harus lebih menjaga kesopanan. Sebab caramu pertama kali mencoba berkomunikasi dengannya sangat menentukan penilaiannya padamu untuk selamanya. 

Ingin dinilai sebagai orang yang paham tata krama, kan? Makanya, enam tips di atas wajib kamu terapkan, ya!

Baca Juga: 5 Etika Saat Main ke Rumah Teman yang Sudah Menikah, Perlu Dijaga!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya