Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Menjelaskan Semua Hal yang Kamu Lakukan

#IDNTimesLife Cukup yang penting saja

Dalam hidup ini, tentu ada hal-hal terkait tindakanmu yang perlu kamu jelaskan. Apalagi jika itu langsung berdampak pada orang lain. Namun gak usah semuanya, ya! Nanti kamu pusing sendiri.

Terlebih sampai menjelaskan tindakan-tindakan yang merupakan urusan pribadimu pada siapa pun. Atau malah sedikit-sedikit suka membuat klarifikasi di media sosial padahal terlalu banyak orang yang gak kamu kenal di sana? Padahal kamu juga bukan public figure.

Biar lebih jelas, yuk, simak ulasan selengkapnya kenapa kamu gak perlu terlalu banyak menjelaskan tindakanmu pada orang lain.

1. Ada begitu banyak cara untuk menjelaskan, salah satunya dengan tidak menjelaskan

5 Alasan Gak Perlu Menjelaskan Semua Hal yang Kamu LakukanUnsplash.com/mason_hassoun

Ya, penjelasan umumnya berupa kata-kata. Namun sikap diammu sebenarnya juga mengandung penjelasan. Artinya, kamu gak terlalu menganggap sesuatu itu penting.

Atau memang penting, tetapi itu sangat pribadi sehingga kamu gak perlu memberikan penjelasan pada orang lain. Tinggal orang lain cukup mampu memahami makna di balik diammu atau gak.

2. Penjelasanmu tak selalu bisa diterima orang, kadang mereka malah memaksakan penilaian pribadi padamu

5 Alasan Gak Perlu Menjelaskan Semua Hal yang Kamu LakukanUnsplash.com/callmepetit

Inilah yang bakal bikin kamu stres. Sudah panjang lebar menjelaskan dengan apa adanya, orang lain belum tentu menghargainya. Kadang mereka sudah punya pendapat terkait apa yang kamu lakukan dan bisa jadi berbeda sekali dari penjelasanmu.

Sayangnya, bukannya mempertimbangkan baik-baik penjelasanmu, mereka malah selalu gak memercayaimu. Mereka berkeras dengan pendapat sendiri sehingga penjelasanmu sia-sia saja.

3. Menjelaskan semuanya dan didebat orang akan membuatmu merasa gak punya hak atas hidup sendiri

5 Alasan Gak Perlu Menjelaskan Semua Hal yang Kamu LakukanUnsplash.com/frhn

Kadang situasinya begini. Kamu merasa sudah 'berbaik hati' menjelaskan. Namun orang lain malah mendebatnya sesuka hati. Bahkan termasuk orang-orang sebenarnya gak ada keperluan atas tindakanmu.

Mereka cuma merasa bebas berkomentar atau perlu menanyakan segala hal. Bahkan sampai berusaha mengatur tindakan yang seharusnya kamu ambil padahal mereka bukan siapa-siapamu. Bikin malas banget, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Logis Anak Broken Home Juga Bisa Sukses dan Hidup Bahagia

4. Ada yang dengan senang hati belajar memahamimu tanpa memerlukan penjelasan, ada pula yang sama sekali gak peduli

5 Alasan Gak Perlu Menjelaskan Semua Hal yang Kamu LakukanUnsplash.com/seteph

Ada kalanya penjelasanmu memang berguna untuk membuat orang lain lebih memahami dirimu dan tindakan yang kamu ambil. Namun sebenarnya kuncinya bukan pada penjelasanmu melainkan kesediaan orang lain untuk memahamimu.

Dengan atau tanpa penjelasan, orang-orang yang memang mau memahamimu pasti akan tetap berusaha mengerti kamu. Akan tetapi sebaliknya, sebanyak apa pun penjelasanmu, orang yang sejak awal sudah gak peduli tetap gak akan menggubrisnya.

5. Menjelaskan segala hal bisa membuat hidupmu berjalan di tempat

5 Alasan Gak Perlu Menjelaskan Semua Hal yang Kamu LakukanUnsplash.com/icle

Coba renungkan lagi. Apakah selama ini hidupmu cuma disibukkan dengan menjelaskan ini itu pada orang-orang? Padahal sebetulnya gak dijelaskan pun sama sekali bukan masalah. 

Namun karena sudah menjadi kebiasaan, malah kamu yang seperti merasa wajib melakukannya. Gak bisa tenang kalau gak menjelaskan setiap tindakanmu pada siapa pun. Akibatnya, pikiran dan waktumu lebih tersita untuk itu ketimbang kegiatanmu yang lain.

Penting untukmu lebih cermat melihat kapan kamu perlu menjelaskan sesuatu dan kapan sama sekali gak perlu. Dengan begini, hidupmu akan terasa lebih simpel dan kamu terhindar dari terlalu memikirkan yang gak penting alias overthinking.

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih Bahagia

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya