Comscore Tracker

5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih Bahagia

Ada alasannya, nih!

Banyak orang yang tidak punya standar hidup sendiri dalam kehidupannya. Gak jarang bahkan kita sebagai manusia menggunakan standar hidup orang lain untuk kehidupan kita. Ketidakpahaman dan keacuhan seseorang dengan standar hidupnya sendiri membuat rasa gelisah dan minder kerap menjadi teman yang meresahkan. 

Jangan disepelekan, nyatanya standar hidup yang dibuat sendiri mampu menciptakan perasaan bahagia dengan sederhana dan mengubah cara pandang seseorang dalam berbagai hal. Wajib kamu tahu, berikut adalah lima alasan mengapa punya standar hidup sendiri membuatmu lebih bahagia. Keep reading, ya! 

1. Memiliki standar hidup sendiri membuatmu sadar akan arti mencintai diri sendiri

5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih BahagiaPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kamu tahu apa maumu, apa saja impianmu, tujuanmu kemana nantinya hal tersebut membuatmu lebih mengenal dirimu sendiri. Dengan mengenali diri sendiri, kamu akan paham caranya memerlakukan diri dengan baik dan paham apa definisi self love yang sesungguhnya.

Saat kamu sudah paham betul siapa dirimu, bahagia akan menghampirimu dengan cara yang sederhana. Selain itu, punya standar hidup sendiri membuatmu punya tujuan yang jelas. Tujuan tersebut juga tidak mengedepankan gengsi melainkan keinginan dan kepuasan diri sendiri. 

2. Rasa iri dan minder jadi gak mau berteman denganmu

5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih BahagiaPexels.com/Quốc Bảo

Siapa yang hidupnya bahagia jika setiap hari harus bergelut dengan rasa iri dan minder? Sering diabaikan, nyatanya perasaan kurang nyaman tersebut harus segera diatasi agar tidak sering merusak suasana hati dan mentalmu.

Harus kamu tahu, nyatanya memiliki standar hidup sendiri dapat membuat rasa iri dan minder tersebut  perlahan sirna dari hidupmu. Memiliki standar hidup sendiri membuatmu enggan membandingkan hidup dengan orang lain.

Kamu paham betul bahwa setiap orang memiliki indikator pencapaiannya masing-masing. Lagi pula bahagia orang lain belum tentu sama rasanya kalau kamu yang menjalaninya 'kan? 

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas Kemampuanmu

3. Kamu berani tampil beda tanpa takut berlebihan terhadap pandangan orang

5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih BahagiaPexels.com/Ray Rodriguez

Punya standar hidup sendiri membuatmu gak takut tampil beda di hadapan orang lain. Kamu menganggap perbedaan adalah sebuah hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Jika segala hal di bumi rupanya sama tentu juga tidak indah, bukan? Saat teman seusiamu telah memilih untuk berumah tangga, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk mengikuti jejaknya.

Yang menjalani hidupmu adalah kamu dan segala pilihan ada di tanganmu. Punya standar sendiri membantumu gak gampang terbawa suasana terlebih terpengaruh oleh omongan sumbang dari orang lain.

4. Kamu gak akan kelelahan mengejar gengsi dan lebih fokus pada apa yang kamu impikan

5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih BahagiaUnsplash.com/Anete Lūsiņa

Saat kamu mengikuti standar hidup orang lain, tiap harinya hidupmu akan terasa dipenuhi beban. Tuntutan gengsi dan ambisi memaksa dirimu untuk mengejar apa yang tidak benar-benar kamu inginkan.

Alih-alih merasa bahagia, saat hal yang kamu kejar tersebut berhasil kamu dapatkan hatimu justru tampak biasa saja. Hal tersebut terjadi akibat kamu mengejar standar milik orang lain bukan standar yang dibuat sendiri. 

5. Kamu bisa hidup atas pilihanmu sendiri, bukan mengikuti apa yang dikejar dan dikatakan orang lain

5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih BahagiaPexels.com/Andrea Piacquadio

Punya standar hidup bisa membuatmu lebih bahagia karena kamu bisa hidup atas pilihanmu sendiri. Gak banyak orang di dunia ini dapat memilih jalan hidupnya sendiri. Bahkan, gak jarang kamu harus rela mengikuti apa yang diinginkan orang terdekat karena kamu pun tidak paham apa yang kamu inginkan sebenarnya.

Agar bahagia lebih mudah kamu rasakan, mulai sekarang coba tulis ulang apa saja standar hidupmu. Gunakan patokan dan indikatormu sendiri agar apa yang kamu lakukan tidak hanya menghabiskan energi. 

 

Nah, itulah lima alasan mengapa punya standar hidup sendiri bisa membuatmu lebih bahagia. Gak usah ikut-ikut orang lain, kamu tetap berhak bahagia walaupun caranya berbeda dari kebanyakan orang. Yuk, sama-sama intropeksi dan benahi diri! 

Baca Juga: 5 Cara Bikin Standar Hidup tanpa Terpengaruh Orang Lain, Manjur!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya