Comscore Tracker

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung Jawab

#IDNTimesLife Gak cuma ngaku-ngaku

Menjadi pribadi yang benar-benar bertanggung itu gak gampang, lho. Sering kali kita sudah merasa sangat bertanggung jawab dan gak terima disebut sebaliknya, tetapi nyatanya perilaku kita belum sesuai.

Bahkan, jauh dari yang diharapkan. Jadi, sudah seberapa bertanggung jawab dirimu sebenarnya? Sembilan hal di bawah ini akan menjadi bukti kamu asli bertanggung jawab atau cuma suka ngaku-ngaku. Ayo, cek!

1. Paham banget apa itu kebebasan yang bertanggung jawab

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi seorang pria beraksi (unsplash.com/purzlbaum)

Setiap orang punya kebebasan. Namun jika kamu orang yang bertanggung jawab, kamu paham bahwa kebebasan yang dimaksud bukan berarti gak ada batasannya. Sebab kalau begitu, bisa merugikan bahkan membahayakan banyak orang.

Kamu tetap paham konsekuensi dari setiap tindakan yang akan diambil. Kamu juga tahu bahwa perbuatanmu gak boleh sampai merugikan atau mengganggu orang lain. Maka kamu menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak dan ini bukan berarti kebebasanmu terenggut.

2. Bisa mengatur kehidupanmu sehari-hari dengan baik

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi pria menata tempat tidur (unsplash.com/ceteduvn)

Ini menyangkut segala hal dalam keseharianmu. Kalau mendisiplinkan diri sendiri saja kamu gak bisa, berarti kamu belum punya rasa tanggung jawab pada hidupmu. Misalnya, bangun tidur masih harus dibangunkan. Itu pun sukar sekali.

Pakaian kotor dan segala tugas membereskan kamar masih diurusi oleh orangtua. Apalagi kalau kamu sudah dewasa tetapi gak juga punya keinginan untuk bekerja. Malah nyaman saja terus bergantung pada orangtua. Parah! Sebab saat kamu telah dewasa, hidupmu ya tanggung jawabmu.

3. Gak melarikan diri dari masalah atau kesalahan yang dibuat

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi perempuan dan laut (unsplash.com/v_chernolysov)

Bahwa kamu butuh waktu untuk sejenak menenangkan diri, itu normal. Sebab dengan ketenangan, kamu akan bisa melihat dengan jernih berbagai pilihan solusi. Namun yang pasti, kamu tetap ada di tempatmu.

Kamu gak hendak lari begitu saja sekalipun konsekuensi yang harus ditanggung amatlah besar. Misalnya, harus memberikan ganti rugi yang nilainya gak main-main. Kamu akan tetap menunaikannya sekalipun harus dengan mencari pinjaman, menjual semua yang dimiliki, atau mencicilnya seumur hidup.

4. Gak membebani orang lain dengan tugas membahagiakanmu

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi kebahagiaan (unsplash.com/claudialam)

Sama seperti hidupmu, kebahagiaanmu juga tanggung jawabmu. Bukan tanggung jawab orang lain. Siapa pun itu gak dilahirkan dengan mengemban tugas untuk membahagiakanmu seorang.

Lagi pula, cuma kamu yang paling tahu tentang hal-hal yang ampuh untuk membuatmu bahagia atau sedih. Pun kalau orang lain yang harus membahagiakanmu, siapa yang akan membahagiakan mereka? Kamu? Kamu bahkan gak tahu cara membahagiakan diri sendiri.

5. Gak menyalahkan orang lain atas setiap kegagalan atau hal buruk yang dialami

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi perempuan tertelungkup (unsplash.com/ngocntmn)

Bahkan meski di situ ada andil orang lain, kamu tetap lebih suka berintrospeksi. Bukan untuk menyudutkan diri sendiri. Namun kamu lebih fokus pada hal-hal yang masih bisa kamu perbaiki.

Kamu sangat mengerti bahwa kamu gak bisa meminta orang lain berubah. Kamulah yang harus belajar untuk terus memperbaiki diri agar kesalahan atau kegagalan serupa gak terjadi lagi.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Konon Sering Lari dari Tanggung Jawab, Benarkah Begitu?

6. Gak egois lagi

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi seorang perempuan (unsplash.com/janpictures)

Tanggung jawab sebagai orang dewasa ada dua, pada diri sendiri dan orang lain. Jadi, kalau kamu masih cuma mementingkan diri sendiri, itu namanya kamu belum bisa melihat keperluan orang lain atau orang banyak. Itu artinya, kamu belum bisa disebut sepenuhnya bertanggung jawab.

Jika kamu bertanggung jawab, kamu tahu peran-peran yang harus dimainkan dengan sebaik mungkin. Di tengah keluarga dan masyarakat, misalnya. Kalau ada acara besar dan kamu mampu, kamu harus menunjukkan tanggung jawabmu dengan ikut menyumbang.

7. Gak ada tugas-tugasmu yang terbengkalai

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi wanita karier (unsplash.com/amelune)

Sikap profesional dalam bekerja sudah menjadi cirimu. Kamu gak perlu dikejar-kejar teman atau atasan di kantor hanya untuk mengerjakan hal-hal yang sudah menjadi tugasmu. Malah kamu yang jadi gak tenang kalau ada tugas yang belum terselesaikan.

Kamu gak mau makan gaji buta. Soal deadline, kalaupun benar-benar gak bisa memenuhinya, kamu tahu cara mengomunikasikannya dengan pemberi tenggat sehingga dia gak kehilangan kepercayaan padamu. Sekalipun butuh tambahan waktu, itu sangat jarang terjadi dan hasil kerjamu tetap memuaskan.

8. Sadar akan betapa pentingnya menyongsong masa depan yang cerah

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi merayakan wisuda (unsplash.com/yuhao)

Bukan malah orang lain yang sampai mencemaskan masa depanmu sedangkan kamu santai-santai saja. Betah bermalas-malasan padahal waktu terus berjalan dan gak bisa diputar kembali.

Bahkan meski yang mencemaskan masa depanmu adalah keluargamu, ini gak tepat. Kamu yang seharusnya paling cemas jika gak serius dalam menyongsong masa depan. Sebab itu akan berakibat sangat fatal bagi dirimu sendiri.

9. Serius dalam menjalani hubungan

9 Bukti Kamu Memang Pribadi yang Bertanggung JawabIlustrasi pasangan (unsplash.com/slaiden)

Nah, masihkah kamu menjalin hubungan asmara sekadar untuk bersenang-senang biar hidup gak terasa membosankan? Kalau ya, jelas kamu pribadi yang gak bertanggung jawab. Kamu gak tahu cara menghargai dan menjaga komitmen dengan orang lain.

Meski masih sebatas pacar, seharusnya kamu menunjukkan rasa tanggung jawabmu pada hubungan itu. Apalagi kalau sudah menikah. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan gak menjadikannya status belaka lalu sebentar-sebentar bubar.

Banyak kan, yang harus kamu buktikan biar bisa disebut bertanggung jawab? Makanya, gak semua orang bisa begini. Kalau kamu bisa, kamu hebat!

Baca Juga: 5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya