Comscore Tracker

5 Tanda Hidupmu Terancam Gak Berkembang, Jauhi Sekarang Juga! 

Semoga gak ada di kamu ya? 

Hidup yang berkembang itu hidup yang seperti apa sih? Tentu banyak ukurannya. Pencapaian materi hanyalah salah satunya. Gak harus tajir melintir tetapi paling gak sudah gak bergantung pada siapa pun. Di luar materi, hidup yang berkembang bisa tampak pada seberapa jauh kiprahmu memberikan manfaat untuk lingkungan yang lebih luas.

Ya, hidup yang berkembang tak ubahnya pertumbuhan sebatang pohon. Makin besar makin banyak manfaat yang bisa diambil darinya. Mengembangkan hidup tentu butuh kemauan yang kuat dan usaha yang bersungguh-sungguh. Sebaliknya, tanpa sadar bisa saja hidupmu sekarang sudah terancam gak berkembang. Penasaran? Ini lima tandanya.

1. Segala bentuk kritik cuma bikin kamu tersinggung dan membela diri, gak ingin menjadi lebih baik 

5 Tanda Hidupmu Terancam Gak Berkembang, Jauhi Sekarang Juga! Unsplash.com/craft_ear

Benar, ada kritik yang sangat gak enak untuk didengar. Bukan cuma cara penyampaiannya melainkan juga isi kritik yang keluar dari pokok bahasan. Meski begitu, setiap kritik mestinya menjadi tantangan untukmu agar makin lebih baik lagi sebagai pribadi, juga dalam cara kerja dan karya.

Kalau sebaliknya, setiap kritik bahkan yang paling santun dan benar adanya cuma bikin kamu emosi serta membela diri mati-matian, kualitas dirimu maupun hasil kerjamu akan begitu-begitu saja. Gak ada perbaikan, justru mungkin terjadi kemunduran atau kamu disalip oleh orang-orang yang lebih terbuka pada kritik.

2. Bersikap anti pada kesibukan, hanya mau bersantai-santai 

5 Tanda Hidupmu Terancam Gak Berkembang, Jauhi Sekarang Juga! Unsplash.com/cys_escapes

Kesibukan memang melelahkan. Namun toh, lelah bisa dihilangkan cukup dengan menyediakan waktu untuk beristirahat. Tetapi bagimu, lelah akibat kesibukan itu tampak abadi sehingga sebisa mungkin kamu menghindarinya. Kamu bahkan menandai orang yang sukses sebagai orang yang sudah bisa banyak bersantai.

Padahal makin sukses seseorang, kesibukannya justru makin bertambah. Sebaliknya belum sukses pun, nyatanya kamu sudah bisa bersantai melebihi santainya orang-orang dengan pencapaian di atasmu.

Baca Juga: Saatnya Berubah, 5 Alasan Gak Perlu Bangga dengan Sikap Aroganmu 

3. Gak suka dengan kehadiran orang baru yang lebih pintar dan produktif ketimbang dirimu 

5 Tanda Hidupmu Terancam Gak Berkembang, Jauhi Sekarang Juga! Unsplash.com/honeyyanibel

Bukannya merasa antusias dan berharap kehadirannya membawa kebaikan juga untukmu, kamu justru merasa terancam. Tentu kamu gak akan mengatakannya secara terang-terangan pada siapa pun. Namun kamu bersikap kurang bersahabat padanya. Suka menyindir, meremehkan, dan selalu berpikiran buruk tentangnya.

Akibatnya, kamu hanya akan sibuk memperhatikannya untuk menemukan bahan celaan. Sampai-sampai kamu gak fokus dengan tugas-tugasmu sendiri termasuk pengembangan dirimu. Dengan bersikap begini, jelas cuma bikin kamu makin tertinggal.

4. Berpikir gak ada lagi yang perlu dipelajari karena sudah selesai sekolah atau kuliah 

5 Tanda Hidupmu Terancam Gak Berkembang, Jauhi Sekarang Juga! Unsplash.com/wellschan_

Padahal belajar itu bukan cuma tugas murid atau mahasiswa. Juga bukan cuma dari buku-buku pelajaran. Keinginan untuk terus belajar dari siapa pun dan apa pun harus selalu dipelihara jika kamu ingin hidupmu berkembang. Buka mata dan telinga lebar-lebar, perluas wawasan dan dalami bidang yang kamu sukai.

Ada begitu banyak buku baik fiksi maupun nonfiksi yang bisa memberimu pengetahuan sekaligus kebijaksanaan dalam hidup. Memperluas sudut pandangmu biar gak lagi melihat sesuatu hanya sebagai benar atau salah. Manfaatkan gadget dan kuota internetmu untuk memancing kreativitasmu agar bisa berinovasi dalam pekerjaan.

5. Berpikir teman yang banyak lebih penting ketimbang teman yang berkualitas 

5 Tanda Hidupmu Terancam Gak Berkembang, Jauhi Sekarang Juga! Unsplash.com/waguluz_

Kalau bisa, tentu yang terbaik adalah memiliki banyak teman berkualitas. Namun bila harus memilih, utamakan kualitas ketimbang kuantitas. Memiliki lingkar pertemanan kecil tetapi berkualitas akan membuatmu tetap berkembang. Namun lingkar pertemanan besar yang toksik dan gak berfaedah sudah pasti akan membuatmu mengalami kemunduran besar.

Semoga gak satu pun dari kelima tanda di atas ada pada dirimu. Tetapi jika pun ada, sekarang kamu sudah tahu kalau itu gak baik untukmu. Berubahlah mumpung kamu masih muda.

Baca Juga: 6 Hal yang Gak Boleh Kamu Contoh dari Teman-temanmu 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya