Comscore Tracker

5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! 

Biar istirahatmu berkualitas 

Istilah overthinking atau berlebihan dalam berpikir mungkin baru sering kamu dengar akhir-akhir ini. Namun sebenarnya, ini bukan hal baru kok. Jauh sebelum istilah overthinking mencuat, siapa pun pasti pernah bahkan mungkin sering mengalaminya.

Selain bikin kesehatanmu menurun yang kerap diawali dengan sakit kepala dan gangguan pencernaan, kamu juga bisa mengambil keputusan yang sangat fatal hanya karena terlalu jauh dalam berpikir. Jika kamu juga mengalaminya, cobalah untuk menerapkan 5 kiat berikut ini:

1. Kenali penyebab overthinking-mu, kecapekan atau malah kelebihan energi

5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! Pexels.com/mike-468229

Jika kamu jadi sering overthinking saat kondisimu terasa sangat bugar meski sudah waktunya tidur malam, cobalah untuk tidak tidur siang. Kamu bangun pagi dan beraktivitas sampai penghujung sore. Dengan begini, malamnya kamu sudah mengantuk dan langsung tertidur begitu menyentuh kasur.

Sebaliknya bila pikiranmu gampang ke mana-mana setiap kamu merasa kelelahan, sediakan waktu untuk beristirahat di siang atau sore hari. Pastikan kamu bisa merasa santai di waktu-waktu istirahat itu sehingga malamnya kamu gak kelelahan.

2. Sadari bahwa merencanakan hari esok baik, tetapi gak usah terlalu detail 

5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! Pexels.com/bruzewalker

Perencanaan memang akan membuatmu merasa lebih siap menjalani hari. Namun gak perlu berlebihan dalam membuat rencana ya? Buat apa juga merencanakan hari esok sampai sedetail mungkin? Nanti kamu malah jadi terus-terusan berpikir.

Padahal, kamu juga gak tahu pasti apa yang akan terjadi besok. Maka cukup rencanakan secara garis besarnya saja, apa-apa yang paling penting untuk kamu lakukan besok. Selebihnya, yakinlah kamu punya kemampuan untuk bertindak spontan dan tetap akurat.

3. Mengevaluasi semua yang telah terjadi hari ini baik, tetapi gak perlu menyesali apa pun yang berjalan kurang memuaskan 

5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! Pexels.com/spencer-selover-142259

Kamu bisa memperbaikinya besok. Kalaupun benar-benar gak bisa diperbaiki lagi, bukankah kamu masih punya banyak hal untuk dikerjakan? Tebuslah kekeliruanmu dengan mengoptimalkan diri dalam mengerjakan tugas-tugas yang lain itu.

Ingatlah selalu bahwa gak seorang pun bisa memastikan hasil. Jangan menekan dirimu sendiri terlalu keras.

Baca Juga: Bukan Overthinking, Kamu Memang Perlu ‘Double Check’ untuk 5 Hal Ini 

4. Hindari pembicaraan dengan topik berat menjelang waktu tidur 

5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! Pexels.com/fariphotography

Jangan berdebat soal politik atau pembagian warisan saat waktu tidur malam sudah dekat. Topik-topik berat dan menguras emosi seperti itu akan membuat pikiranmu selalu terpusat ke sana.

Kamu jadi sulit tidur dan saat akhirnya tertidur pun, kamu akan bermimpi buruk atau gelisah sepanjang malam. Kemarahan dan kesedihan yang kuat bisa membuat pikiranmu tak terkendali sekalipun sepertinya kamu sudah tidur.

5. Jangan lupa membersihkan diri dan berdoa sebelum tidur 

5 Kiat Mencegah Overthinking di Malam Hari, Lekas Terapkan Ya! Pexels.com/olly

Terdengar sepele. Tetapi membersihkan diri dengan menggosok gigi serta mencuci tangan, kaki, dan wajah akan membuat tubuhmu terasa lebih nyaman. Ini sekaligus tanda untuk memberi tahu pikiranmu bahwa sekarang sudah waktunya tidur, jadi berhentilah berpikir.

Lalu dengan berdoa, kamu menyerahkan diri sepenuhnya dalam penjagaan Tuhan. Kamu memohon ampunan atas semua kesalahan yang kamu lakukan, baik sengaja maupun tidak. Juga tentu saja, kamu titipkan seluruh harapan terbaikmu untuk esok padaNya.

Kalau sudah begini, kamu gak akan overthinking lagi dan bisa tidur lebih nyenyak. Selamat mencoba!

Baca Juga: Awas Overthinking, 6 Zodiak Ini Sulit Mengendalikan Pikirannya Sendiri

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya