Comscore Tracker

5 Manfaat Punya Teman Berolahraga, Lebih Semangat Capai Tujuan

Mereka akan semakin memotivasimu untuk konsisten

Sebagai anak muda, sudah seharusnya kamu suka berolahraga. Olahraga penting untuk menjaga tubuhmu tetap bugar. Nah, biasanya kamu lebih suka olahraga sendirian atau bersama teman?

Meski kegiatannya sama, adanya teman berolahraga akan memberi banyak manfaat, lho. Yuk, baca apa saja keuntungannya dan mulailah mendaftar teman-teman yang bisa kamu ajak olahraga bareng.

1. Jadi lebih semangat, olahragamu gak bolong-bolong lagi

5 Manfaat Punya Teman Berolahraga, Lebih Semangat Capai Tujuanilustrasi olahraga bersama teman (pexels.com/Nathan Cowley)

Kalau kegiatan berolahraga cuma dilakukan sendirian, ini seperti misi rahasia. Bagusnya, kamu dapat mengejutkan semua orang apabila kegiatan rutinmu berolahraga memberimu perubahan positif yang signifikan.

Akan tetapi, sisi negatifnya adalah bila kamu lagi malas melakukannya, gak ada orang yang menegurmu. Akibatnya, rasa malas dapat terus berlanjut dan goals-mu tak kunjung tercapai.

2. Bisa sambil berkompetisi tipis-tipis, seru!

5 Manfaat Punya Teman Berolahraga, Lebih Semangat Capai Tujuanilustrasi teman berolahraga (pexels.com/RODNAE Productions)

Kehadiran lawan pasti memancing adrenalinmu. Berolahraga lebih lama pun menjadi tidak terasa karena kamu punya keinginan untuk mengalahkannya. Kalian bakal bertanding habis-habisan.

Lain halnya dengan ketika kamu berolahraga sendirian. Saat hendak memulainya saja, kerap kali kamu sudah malas duluan. Setelah mulai pun, 10 menit berolahraga bisa terasa setengah jam.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Saat Olahraga yang Membahayakan Kesehatan, Hindari!

3. Gak malu lagi kalau mau berolahraga di luar ruangan

5 Manfaat Punya Teman Berolahraga, Lebih Semangat Capai Tujuanilustrasi teman berolahraga (pexels.com/Monstera)

Buat kamu yang pemalu, ini pasti hambatan besar saat kamu ingin berolahraga. Meski olahraga dapat dilakukan di mana saja termasuk di kamar kos, olahraga di luar ruangan memang paling enak.

Apalagi pada pagi hari ketika udara masih bersih dari polusi dan cuaca belum panas. Dengan adanya teman, kamu bisa lari pagi, senam, atau bermain bola tanpa merasa seperti orang hilang.

4. Bisa sharing pengalaman soal olahraga yang efektif buat goals-mu

5 Manfaat Punya Teman Berolahraga, Lebih Semangat Capai Tujuanilustrasi teman berolahraga (pexels.com/Justin Luck)

Tujuan orang dalam berolahraga tentunya macam-macam. Ada yang sekadar telah terbiasa sejak kecil, ingin menurunkan berat badan, atau membentuk otot di bagian tubuh tertentu.

Selain saran dari pelatih yang ahli, pengalaman teman juga mampu membantumu memilih jenis latihan yang tepat. Apabila sudah ada orang yang berhasil mencapai goals yang sama denganmu, tak ada salahnya buat kamu menirunya.

5. Menjaga kontak sosial selepas sibuk  bekerja

5 Manfaat Punya Teman Berolahraga, Lebih Semangat Capai Tujuanilustrasi teman berolahraga (pexels.com/Gustavo Fring)

Tidaklah keliru jika kamu merasa seiring bertambahnya usiamu, kontak sosialmu dengan orang-orang makin menurun. Biasanya, kesibukan bekerja membuatmu jarang bertemu dengan orang baru apalagi sempat mengobrol panjang.

Meski hal ini dialami oleh banyak orang, kehidupan yang hanya dipenuhi oleh pekerjaan dan layar gadget tentu tak sehat. Maka dari itu, sebaiknya kamu menggunakan waktu berolahraga sekalian untuk menjalin kontak sosial dengan orang-orang.

Berolahraga sendirian juga sudah bagus ketimbang sama sekali tidak melakukannya. Akan tetapi kalau ada teman, pasti jauh lebih mengasyikkan dan bikin kamu termotivasi. Segera hubungi calon partnermu buat bergerak lebih aktif, ya.

Baca Juga: 5 Tantangan Menjalin Hubungan dengan Teman Seorganisasi, Relate? 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya