Comscore Tracker

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun 

Jangan tunggu orang lain berubah, kamu yang harus memulai

Hubungan toksik bisa terjadi antara kamu dengan siapa saja. Tak cuma dengan pasangan melainkan juga dalam pertemanan. Kabar baiknya, hubungan toksik bukanlah sesuatu yang pasti akan menjebakmu untuk selama-lamanya.

Bila sudah terjadi, hubungan toksik bisa diakhiri cukup dengan kehendak yang kuat darimu. Bahkan hubungan yang tak sehat ini sangat bisa dicegah agar tak pernah menimpamu.

6 hal berikut ini harus kamu perhatikan dan terapkan agar kamu terhindar dari hubungan toksik dengan siapa pun. Apa saja?

1. Jika suatu hubungan membuat hidupmu terasa lebih buruk, jangan ragu untuk menghentikannya 

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun Unsplash.com/korart

Terlalu cepat mengakhiri hubungan apa pun memang tidak baik. Maka menghentikan di sini berarti dua hal. Pertama, memberi jeda agar masing-masing dapat melakukan introspeksi yang akan membuat hubungan menjadi lebih baik.

Kedua, benar-benar mengakhirinya bila memang tidak ada perbaikan dalam hubungan tersebut. Sikap tegas seperti ini perlu agar orang lain tahu kamu berani bersikap.

2. Jangan pernah berpikir jika hubunganmu dengan seseorang harus berakhir, kamu tak akan menemukan pengganti yang lebih baik 

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun Unsplash.com/igorrodrigues

Salah satu yang amat menghambatmu dalam bersikap tegas adalah kekhawatiran tak akan menemukan pengganti yang lebih baik daripada teman atau kekasihmu saat ini. Padahal jelas tak ada alasan yang masuk akal untuk kekhawatiran seperti itu.

Dunia ini amat luas. Ada banyak sekali orang baik yang bisa menjadi temanmu. Juga kekasih barumu, pada saatnya nanti. Jangan membuang-buang waktu dan energi untuk orang yang tak bisa memperlakukanmu dengan baik.

3. Masuklah dalam hubungan apa pun dengan konsep diri yang jelas 

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun Unsplash.com/jsycra

Jangan mencari-cari konsep diri di luar dirimu. Sebelum masuk dalam hubungan apa pun, kamu harus sudah memiliki konsep diri yang jelas. Tanda kamu sudah memilikinya adalah kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Siapa kamu? Apa yang kamu sukai dan tidak sukai? Apa yang bisa kamu toleransi dan apa yang tidak? Bagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain? Dan, bagaimana kamu akan memperlakukan mereka?

Tanpa konsep diri yang jelas, kamu akan selalu terombang-ambing dalam hubungan. Kamu tampak rapuh dan orang lain akan mengambil kendali atas hidupmu.

Baca Juga: 5 Perjuangan Seseorang yang Telah Melepaskan Diri dari Hubungan Toksik

4. Selalu katakan pada diri sendiri bahwa kamu dan hidupmu amatlah berharga 

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun Unsplash.com/wildlittlethingsphoto

Meski terdengar sepele, ini sangat penting agar kamu memiliki rasa tidak terima bila diperlakukan dengan buruk oleh siapa pun. Bukan pasrah saja dan berpikir mungkin kamu memang layak menerimanya. Tidak, kamu terlalu berharga untuk dapat diperlakukan sembarangan.

5. Menjadi pribadi yang bisa bertoleransi amat berbeda dengan berada di bawah dominasi orang lain 

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun Unsplash.com/armin_lotfi

Jangan campur adukkan antara toleransi dengan didominasi orang lain. Di dalam toleransi ada keseimbangan. Kedua belah pihak dalam posisi yang setara sehingga bisa saling menghormati.

Sedang saat kamu didominasi orang lain, kedudukan kalian tidak sama dan seseorang berusaha untuk membuatmu makin kalah darinya. Toleransi melahirkan kepuasan semua pihak. Dominasi menimbulkan penderitaan bagimu.

6. Jangan hanya berharap orang lain akan berubah, kamulah yang harus memulai perubahan itu 

6 Panduan Biar Kamu Tak Terjebak Hubungan Toksik dengan Siapa pun Unsplash.com/judebeck

Kalau sudah merasa tidak nyaman dalam suatu hubungan dan kamu diam saja, berharap teman atau pasanganmu dengan sendirinya berubah menjadi lebih baik, itu tak ubahnya mimpi di siang bolong.

Beberapa orang bahkan tak pernah sadar mereka telah bersikap begitu buruk pada orang lain. Atau sadar, tetapi meyakini tindakannya sebagai sesuatu yang benar. Mulailah perubahan itu demi kebaikan dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Hal Positif saat Berhasil Mengabaikan Ucapan Toksik Orang Lain

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya