Comscore Tracker

5 Rahasia Ketenangan Hidup, Dijamin Bikin Lebih Bahagia

Kamu sudah paham banget aturan main dalam kehidupan

Hidup yang tenang menjadi impian banyak orang. Gak banyak drama, minim konflik dengan siapa pun, dan gak sering merasa galau lagi. Gak heran bila banyak orang yang merasa 'iri' dengan ketenangan hidupmu.

Padahal, hidupmu bisa setenang itu juga bukan tanpa usaha darimu, kan? Ketenangan gak tiba-tiba saja menghampiri hidupmu. Kamu pasti selalu menerapkan lima hal di bawah ini.

1. Gak pernah ingin menjalani kehidupan orang lain

5 Rahasia Ketenangan Hidup, Dijamin Bikin Lebih Bahagiailustrasi seorang pria (Unsplash.com/omarlopez1)

Semenarik apa pun kehidupan orang lain kelihatannya, kamu gak pernah ada keinginan buat bertukar tempat dengannya. Kamu tetap enjoy dengan kehidupanmu sendiri seperti apa pun kondisinya.

Sebab kamu mengerti betul, apa yang kamu lihat dari kehidupan orang lain sering kali hanyalah salah satu sisinya. Kamu belum mengetahui sisi lain dari kehidupan mereka yang gak enak bahkan teramat gelap.

Jadi ketimbang seperti membeli kucing dalam karung, kamu lebih suka mensyukuri hidupmu. Kamu sudah tahu setiap sisi lebih dan kurangnya. Pun bila hingga saat ini kamu masih eksis, itu artinya kehidupanmu bukanlah yang terburuk untuk dijalani.

2. Menemukan kebahagiaan dalam pekerjaanmu

5 Rahasia Ketenangan Hidup, Dijamin Bikin Lebih Bahagiailustrasi seorang pria (Unsplash.com/mixedhype)

Bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan passion tentu akan sangat kamu syukuri. Namun kalaupun gak sesuai, kamu juga tetap bisa menemukan sisi menarik dari pekerjaanmu saat ini dan itu membuatmu cukup bahagia.

Mungkin dari sisi gajinya, gengsinya, atau kesempatan jalan-jalan dan bertemu berbagai tipe orang. Bayangkan saja jika kamu gak bisa menikmati pekerjaanmu padahal setiap hari harus melakukannya dengan sebaik mungkin. Bukannya hidupmu terasa tenang, malah kamu jadi selalu cemas dan tertekan.

Baca Juga: 6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem Lagi

3. Gak setengah-setengah, selalu memberikan yang terbaik dari dirimu

5 Rahasia Ketenangan Hidup, Dijamin Bikin Lebih Bahagiailustrasi kemenangan (Unsplash.com/japhethmast)

Dengan selalu sepenuh hati dalam melakukan segala hal, kamu jadi gak terbebani lagi. Terlepas dari apa pun hasilnya nanti, toh kamu sudah mengerahkan segenap kemampuanmu. Ini akan sangat berbeda bila kamu selalu setengah-setengah dalam berusaha.

Sekilas terasa lebih enak begini, gak bikin capek badan maupun pikiran. Namun di akhir akan selalu ada penyesalan. Saat hasilnya buruk, kamu sedih bahkan marah pada diri sendiri karena tahu sebenarnya kamu bisa melakukan lebih dari ini.

4. Gak pernah tertarik merecoki kehidupan orang lain

5 Rahasia Ketenangan Hidup, Dijamin Bikin Lebih Bahagiailustrasi wanita bahagia (Unsplash.com/dennys88)

Kalau ada yang mengira orang lainlah yang paling merasa gak nyaman saat kehidupannya direcoki, ini gak terlalu tepat. Sebab orang yang suka merecoki kehidupan orang lain justru menjadi yang pertama gak tenang dan akan selalu begitu.

Kan, setiap waktu dia jadi sibuk memperhatikan kehidupan orang lain. Dia berpikir lebih keras biar bisa membuat orang lain merasa terganggu. Padahal, orang itu lama-kelamaan akan belajar untuk makin cuek. Dia jadi harus berpikir lebih keras lagi untuk mencari strategi baru.

5. Selalu paham kapan waktunya merelakan meski berat

5 Rahasia Ketenangan Hidup, Dijamin Bikin Lebih Bahagiailustrasi kelegaan (Unsplash.com/seankkkkkkkkkkkkkk)

Kamu sudah paham banget tentang arti hidup ini. Bahwa hidup itu bukan cuma tentang mendapatkan sebanyak-banyaknya melainkan juga melepaskan sebanyak yang pernah didapatkan. Begitulah cara hidup terus menyeimbangkan dirinya.

Kamu sudah merasakan berbagai pengalaman kehilangan baik tentang barang maupun orang. Sekalipun setiap kali itu terjadi, kamu kadang masih syok; kamu bisa sembuh lebih cepat dari kebanyakan orang dengan jalan merelakannya.

Hidup yang tenang memang bukan berarti kamu gak pernah ada masalah. Namun dengan memegang lima kunci di atas, masalah-masalah itu bisa kamu tangani dengan baik. Benar, kan?

Baca Juga: 5 Cara Hidup Tenang tanpa Stres Meski Berada dalam Keterbatasan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya