Comscore Tracker

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem Lagi

Memang kadang ada yang bikin kamu jengkel, kan?

Sesabar-sabarnya orang pasti juga bisa marah atau sedih, kan? Apalagi saat ada masalah yang benar-benar membuatmu kesal. Misalnya, terkait harga dirimu.

Asal gak sering-sering, lumrah kok kalau emosimu tersulut. Nah, sekarang tinggal bagaimana caranya supaya emosimu lekas surut dan kamu bisa tenang lagi. Enam cara berikut ini bisa kamu praktikkan.

1. Tarik napas dalam-dalam dan embuskan, ulangi beberapa kali

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem LagiUnsplash.com/enaraslens

Kalau memungkinkan untuk mendapatkan udara segar seperti di luar ruangan tentu akan lebih baik. Kalaupun gak, melakukan ini di mana pun juga sudah bisa membuatmu merasa lebih baik, kok.

Beberapa kali menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya juga akan memberimu waktu untuk mencerna segala yang telah terjadi dengan lebih baik. Dengan begini, diharapkan sikapmu akan lebih terkontrol.

2. Menyingkir dahulu dari arena panas

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem LagiUnsplash.com/candice_picard

Inilah sebabnya jika terjadi pertikaian, orang yang berusaha melerai biasanya akan membawa salah satu pihak menjauh. Gak bisa kalau kamu terus bertahan di arena sepanas itu.

Bukannya menjadi tenang, bisa-bisa kamu malah makin emosi. Pergi saja dahulu. Gak perlu meminta izin siapa pun daripada kamu keburu lepas kendali. 

3. Coba bayangkan kemungkinan-kemungkinan terbaik dari masalah yang terjadi

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem LagiUnsplash.com/jonatron

Saat kamu emosi, segalanya memang tampak begitu buruk. Masalah yang seperti gak akan ada solusinya, orang-orang yang gak memahamimu, dan sebagainya.

Padahal, bisa jadi semua itu hanya ada dalam pikiranmu. Jadi cobalah membayangkan kebalikannya. Misalnya, orang lain hanya gak sengaja menyinggungmu atau solusi dari masalahnya akan mudah saja asal kamu bisa tenang terlebih dahulu.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan Pikiran

4. Jalan kaki juga membantu, lho

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem LagiUnsplash.com/impatrickt

Buat kamu yang terbiasa berjalan kaki pasti percaya banget akan manfaatnya dalam membuatmu lebih tenang. Berjalan kaki gak cuma melemaskan otot-ototmu yang mungkin sangat tegang.

Duniamu juga akan terasa melambat sehingga kamu gak panik merasa dikejar-kejar apa pun. Kamu bisa lebih menikmati udara segar, mengatur pernapasan, dan fokusmu yang sempat hancur karena ledakan emosi akan pulih.

5. Duduk dan nikmati minuman favoritmu

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem LagiUnsplash.com/etienneblg

Teh, kopi, air putih, jus, cokelat? Apa pun yang menjadi minuman favoritmu pasti akan memberimu efek menenangkan. Haus saja sudah bikin kamu gak bisa berpikir dengan jernih, kan?

Makanya, ayo duduk dan nikmati minuman kesukaanmu. Kamu bisa sekalian mengistirahatkan diri dan memikirkan kembali semua yang telah terjadi serta apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

6. Berbaring atau tidur sekalian

6 Cara Mengembalikan Ketenangan Setelah Ledakan Emosi, Adem LagiUnsplash.com/taniamousinho

Mungkin kamu memang sudah sejak awal dalam kondisi lelah. Lalu terjadi masalah, emosimu meledak, dan ini membuatmu makin lelah baik secara fisik maupun psikis. Jadi jika kelima cara di atas kurang ampuh, cobalah untuk berbaring.

Kalau bisa tidur, tidur saja sekalian. Nanti kalau tubuhmu sudah terbebas dari kelelahan, kamu pasti akan merasa lebih tenang dan siap menghadapi apa pun. 

Jika kamu memaksakan diri untuk terus menghadapi orang atau masalah yang membuat emosimu meledak, pasti responsmu akan makin gak tepat. Itu akan membuat situasi yang kamu hadapi makin pelik. Cobalah satu atau beberapa cara di atas.

Baca Juga: Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stres

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya