Comscore Tracker

5 Syarat biar Kamu Lebih Mudah Berubah dari Malas Menjadi Rajin 

#IDNTimesLife Harus ada keinginan yang kuat dari diri

Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik memang gak mudah. Itulah sebabnya, kamu gak boleh menyepelekan apa-apa yang kamu lakukan setiap hari. Sebab semuanya akan membentuk kebiasaan.

Nah, kalau sekarang kamu hobi bermalas-malas, kira-kira masih mungkin gak buatmu berubah? Bukan berubah makin malas melainkan justru menjadi lebih rajin. Mungkin banget dong. Tetapi proses perubahanmu bakal lebih mudah kalau kamu sudah memenuhi 5 syarat di bawah ini.

1. Punya rasa malu yang cukup 

5 Syarat biar Kamu Lebih Mudah Berubah dari Malas Menjadi Rajin Unsplash.com/lzzbest

Rasa malu pada siapa dan soal apa? Tentu rasa malu akan sifat malasmu, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Masa orang-orang sudah sibuk sejak pagi, kamu malah molor sampai siang?

Saat kamu baru bangun tidur, banyak orang sudah mengantongi uang hasil bekerja. Malulah pada dirimu yang bertubuh besar, kuat, sehat, dan pintar. Masa kamu akan menghabiskan masa mudamu dengan begitu-begitu saja?

Kalau rasa malu seperti ini sudah muncul, keinginanmu untuk berubah menjadi lebih kuat. Sebaliknya jika kamu malah bangga dengan gaya hidup malasmu, otomatis kamu akan terus mempertahankannya.

2. Paham manfaat menjadi lebih rajin dalam hidupmu 

5 Syarat biar Kamu Lebih Mudah Berubah dari Malas Menjadi Rajin Unsplash.com/edgemodelsandtalent

Sebenarnya sih, sejak kita kecil juga sudah diajari tentang berbagai manfaat dari rajin. Masalahnya, sering kali kita hanya sebatas mengetahuinya. Kerap mendengarnya tetapi sebenarnya belum benar-benar bisa merasakannya.

Saat kita makin dewasa, kita malah jadi makin skeptis. Jangan-jangan ajaran tentang pentingnya menjadi lebih rajin itu cuma omong kosong. Jika kamu juga berpikir seperti ini, sekarang kembali ke kamu saja deh.

Orang lain akan mendidikmu seperti apa pun gak akan mempan kalau kamu selalu bersikap menyangkal. Cobalah introspeksi. Bertanyalah pada diri sendiri. Apa saja hal-hal baik yang pernah kamu dapatkan saat kamu menjadi lebih rajin?

Juga peluang emas apa saja yang menjadi sia-sia karena kamu malas mengambilnya? Menjawab dua pertanyaan ini akan membantumu lebih memahami manfaat menjadi lebih rajin dalam hidupmu.

3. Paham juga bahayanya kalau kamu terus bermalas-malasan

5 Syarat biar Kamu Lebih Mudah Berubah dari Malas Menjadi Rajin Unsplash.com/ernan93

Melanjutkan penjelasan poin 2. Bila kamu mendapati begitu banyak peluang emas yang terlewatkan begitu saja karena sifat malasmu, seharusnya kamu mulai terpancing untuk berubah.

Bayangkan jika hal yang sama terus berulang, kamu selalu menyia-nyiakan berbagai kesempatan. Kira-kira mau dibawa ke mana hidupmu? Apa jadinya kamu kelak? Bagaimana masa tuamu nanti?

Akankah kamu bisa bertahan di tengah kerasnya hidup atau justru menjadi bagian dari orang-orang yang kalah? Jika kamu merasa ngeri saat membayangkannya, kamu belum terlambat. Berubahlah sekarang juga!

Baca Juga: Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembali

4. Pernah benar-benar kena batunya akibat kemalasan 

5 Syarat biar Kamu Lebih Mudah Berubah dari Malas Menjadi Rajin Unsplash.com/jusfilm

Kalau yang kamu alami belum parah betul, mungkin kamu masih belum terdorong untuk berubah. Lain jika kamu sudah pernah mengalami akibat yang buruk banget dari kemalasanmu.

Misalnya, tiba-tiba sakit parah karena tempat tinggalmu jorok. Sudah harus merasakan sakitnya, keluar uang untuk berobat, masih pula mau gak mau harus membersihkan seluruh kekacauan itu kalau kamu mau lekas sehat.

Dari situ kamu akan berpikir alangkah lebih mudahnya hidupmu jika setiap hari sudah terbiasa membersihkan tempat tinggal. Cukup menyapu dan mengepel sebentar, sudah kinclong semua. Kalau telanjur kotor sekali kan, butuh usaha ekstra untuk membersihkannya.

5. Punya contoh orang yang rajin atau justru sudah jenuh berada di tengah para pemalas 

5 Syarat biar Kamu Lebih Mudah Berubah dari Malas Menjadi Rajin Unsplash.com/karenzhaocn

Adanya sosok yang jauh lebih rajin darimu bisa menginspirasimu untuk menjadi sepertinya. Namun efek ini biasanya gak sekuat kalau kamu sendiri sudah bosan dikelilingi para pemalas.

Ya, percaya gak percaya, lingkar pertemanan kita memang cenderung berisi orang-orang yang mirip dengan kita. Orang rajin berteman dengan orang rajin. Pemalas juga berteman dengan pemalas karena gak nyaman jika ada orang yang rajin.

Tetapi tentu saja, ada kalanya hatimu akan terusik dengan kemalasan yang mengelilingimu. Kamu mulai merindukan perubahan. Jika kamu sudah mengalami hal ini, jangan berpikir dua kali.

Lekaslah menindaklanjutinya agar kamu gak kehilangan momentum untuk berubah dari malas menjadi rajin. Perubahan apa pun memang akan lebih mudah bila sudah ada keinginan dari dirimu sendiri. Bukan sekadar dorongan orang lain.

Semoga tulisan ini juga bisa membuatmu merasa tergugah ya?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kamu Makin Rajin, Yuk Praktikkan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya