Comscore Tracker

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya Diri

Masih aman atau sudah berlebihan ya?

Punya kepercayaan diri memang bagus. Jangan sampai kamu gampang minder yang bikin sulit bergaul dan gak berani menerima berbagai tantangan yang bagus buat kemajuanmu. Tetapi percaya diri yang berlebihan juga buruk, lho. Bisa bikin kamu terkesan angkuh, suka memaksa, dan sulit menjadi lebih baik lagi karena merasa sudah amat baik.

Gak mau kan, itu terjadi padamu? Coba cek yuk, apakah kadar rasa percaya dirimu sudah berlebihan atau masih aman?

1. Sering tiba-tiba meremehkan orang lain 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya DiriPexels.com/ekaterina-bolovtsova

Pernah gak sih saat mengobrol kamu meremehkan lawan bicara? Kamu mengomentari pilihan hidupnya, seleranya, atau bahkan profesinya. Kerap kali, hal ini dilakukan tanpa sadar. Bisa saja kamu baru sadar beberapa saat setelahnya dan menyesalinya. Namun bisa juga kamu tetap tidak sadar telah meremehkan orang lain, tetapi beberapa temanmu menegurmu dan bilang kamu sudah keterlaluan.

2. Sulit banget introspeksi 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya DiriPexels.com/olly

Sering berbuat salah, termasuk meremehkan orang lain seperti dalam poin pertama, tanpa menyadari letak kesalahanmu menjadi tanda berikutnya. Kamu gak bisa lagi melihat dirimu sendiri dengan jernih. Tiap kamu mencoba melihat pada diri sendiri, kamu selalu merasa kamu memang benar.

Kamu sama sekali gak bisa melihat hal-hal lain yang mungkin membuatmu tak sepenuhnya benar. Akibatnya, kamu sering terlibat konflik dengan orang lain. Orang lain merasa capek karena jika kamu selalu merasa benar, pasti orang lainlah yang menurutmu bersalah.

3. Selalu merasa semua mata tertuju padamu 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya DiriPexels.com/fauxels

Kamu merasa menjadi pusat perhatian karena berbagai keunggulanmu seperti ketampanan atau kecantikan, kepintaran, dan sebagainya. Padahal, sebenarnya orang lain menganggapmu biasa-biasa saja.

Tetapi kamu selalu melihat perhatian dari orang di sekitarmu jauh lebih besar daripada yang sesungguhnya. Dilirik sedikit, kamu sudah merasa seseorang jatuh cinta padamu. Tidak disanjung pun, kamu sudah merasa melambung.

Baca Juga: Percaya Diri, 6 Zodiak Ini Gak Kenal Canggung di Masa PDKT Lho! 

4. Selalu yakin pasti berhasil sampai gak terima kalau harus gagal 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya DiriUnsplash.com/levi_stute_cinematography

Keyakinan akan berhasil memang sangat penting. Itu tandanya kamu orang yang optimis. Kalau belum apa-apa sudah tidak yakin, kamu akan mudah menyerah. Namun jika sampai jadi gak bisa menerima kegagalan sebab kamu merasa sudah amat pantas untuk berhasil, itu artinya kepercayaan dirimu perlu diturunkan.

Kalau tidak, kamu akan sulit belajar lebih banyak untuk menjadi lebih baik lagi. Kamu hanya akan sibuk menyalahkan orang lain yang kamu anggap sengaja menggagalkanmu dan dengki pada mereka yang berhasil.

5. Senang sekali melancarkan kritik karena merasa paling tahu dan benar 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya DiriPexels.com/nappy

Bagimu, mengkritik sudah menjadi hobi, sesuatu yang kamu senangi. Kamu merasa puas sekali bila dapat mengkritik siapa pun dan tentang apa pun. Sampai-sampai beberapa orang menegurmu karena kamu jadi terkesan hanya senang mencela segala hal tanpa ada kontribusi nyata untuk membuatnya lebih baik.

6. Terlalu banyak membicarakan diri sendiri 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 6 Tanda Kamu Overdosis Rasa Percaya DiriUnsplash.com/les_elizabethj

Saking asyiknya membicarakan diri sendiri, kamu jadi kerap mengabaikan cerita orang lain. Jika orang lain sedang menceritakan tentang dirinya, kamu tidak menanggapinya dan malah langsung ganti menceritakan dirimu sendiri. Kamu juga bisa jadi gak peka dengan sekitarmu dengan menceritakan kemujuran-kemujuranmu di tengah orang-orang yang sedang kesusahan.

Semua yang berlebihan memang gak baik. Kepercayaan diri yang terlalu tinggi sama menghambatnya dengan sifat rendah diri. Jadi, kontrol kepercayaan dirimu ya.

Baca Juga: 6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemi

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya