Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Matre, Jiwa Sosialnya Kurang!

#IDNTimesLife Malu-maluin aja

Kayaknya memang gak ada ya, orang yang sama sekali gak tertarik pada benda benama uang? Bisa dimengerti sih, sebab uang memang penting banget dalam kehidupan kita.

Namun hati-hati, jangan sampai kamu menjadi terlalu mata duitan! Jangan cepat-cepat menyangkal. Cek dulu dari lima tanda berikut ini:

1. Gak ada uang gak jalan

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Matre, Jiwa Sosialnya Kurang!Ilustrasi pria berjaket (pexels.com/mary-taylor)

Segala hal darimu itu seperti butuh 'ongkos bensin'. Tentu saja permintaanmu akan upah yang layak wajar bila ini soal pekerjaan. Namun jika semua hal dilabeli biaya jasa, itu namanya keterlaluan.

Misal, dimintai tolong oleh saudara atau tetangga yang sedang kesulitan. Kamu gak akan memenuhi permintaan tolongnya kalau gak dijanjikan akan diberi upah. Sekalipun permintaan tolongnya sebenarnya mudah banget bagimu.

2. Semua dihitung untung ruginya

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Matre, Jiwa Sosialnya Kurang!Ilustrasi pria berpikir (pexels.com/ashford-marx-1565533)

Berhitung untung rugi sudah seharusnya dilakukan jika dalam konteks bisnis. Akan tetapi kalau dalam kegiatan yang bersifat sosial pun begini, kamu jadi dinilai gak pernah ikhlas jadi orang.

Mungkin kamu memang gak bisa setiap saat mengharapkan keuntungan berupa uang. Namun misalnya, kamu berprinsip uang yang dikeluarkan harus sebanding dengan nama baik yang diperoleh. Kalau gak, ya gak mau keluar uang.

3. Auto meremehkan orang yang kantongnya cekak

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Matre, Jiwa Sosialnya Kurang!Ilustrasi orang kaya (pexels.com/mjlo)

Padahal kalau dipikir-pikir, mereka yang gak sekaya kamu juga belum tentu pernah merugikan atau mengganggumu. Namun tetap saja kamu memandang mereka sebelah mata.

Sayangnya, terkadang penilaianmu tentang orang lain juga gak akurat. Misalnya, kamu cuma melihat dari penampilan seseorang. Nanti malu sendiri dan berusaha mengubah sikap setelah tahu ternyata dompetnya tebal juga.

Baca Juga: Jangan Salah Sangka, Ini Bedanya Cewek Matre VS Cewek Realis

4. Mendekati siapa pun yang uangnya banyak

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Matre, Jiwa Sosialnya Kurang!Ilustrasi dua wanita dan seorang pria (pexels.com/eman-genatilan-3459781)

Berlawanan dengan sikapmu pada orang-orang yang sepertinya berkantong cekak, sikapmu manis banget pada orang-orang kaya. Bahkan kamu rela melakukan apa saja biar bisa dekat dengan mereka.

Harapanmu tentu agar kamu bisa kecipratan enaknya. Juga biar 'kelasmu' terjaga bahkan naik. Hati-hati, sifat ini juga membuatmu rawan menjadi pelakor atau pebinor, lho!

5. Cuma bisa menghargai pemberian yang harganya mahal

5 Tanda Kamu Sudah Terlalu Matre, Jiwa Sosialnya Kurang!Ilustrasi berkunjung ke museum (pexels.com/rabiahanim)

Seharusnya, diberi saja sudah alhamdulillah. Artinya, masih ada orang yang sangat peduli padamu. Namun buatmu, kepedulian itu gak penting. Yang penting harga pemberiannya.

Kalau semahal yang kamu harapkan barulah terasa penting. Kalau gak, kamu gak bakal berterima kasih untuk itu. Boro-boro berterima kasih, mau menerimanya saja belum tentu.

Sifat mata duitanmu pasti membuat risi semua orang. Siapa pun yang sudah tahu sifatmu ini bakal cepat-cepat menghindarimu. Gak ada untungnya buat mereka dan malah berpotensi merugikan.

Baca Juga: Bukan Matre, Ini 5 Alasan Cewek Perlu Cari Calon Suami Mapan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya