Comscore Tracker

5 Waktu yang Tepat untuk Minta Bantuan Orang Lain

#IDNTimesLife Gak usah kelewat gengsi

Dalam rangka menjadi pribadi dewasa yang mandiri, bukan berarti kamu sama sekali gak boleh meminta bantuan pada orang lain, lho. Sama seperti malu bertanya dapat membuatmu tersesat, enggan meminta tolong padahal sangat membutuhkannya justru bisa berakibat buruk.

Bahkan akibatnya dapat fatal! Oleh sebab itu, ayo kenali kapan saja waktu yang tepat untukmu meminta bantuan orang lain. Jangan ragu bila situasinya seperti di bawah ini:

1. Benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan

5 Waktu yang Tepat untuk Minta Bantuan Orang LainIlustrasi mendapatkan bimbingan (pexels.com/allan-mas)

Misalnya, kamu benar-benar baru akan  belajar memanjat tebing seperti dalam ilustrasi. Jangan pernah nekat melakukannya sendirian, ya! Salah-salah, nyawamu menjadi taruhannya.

Kamu membutuhkan bantuan dari orang yang telah berpengalaman. Gak usah gengsi untuk memintanya mengajari bahkan menjagamu selama latihan. Begitu pula dalam situasi-situasi baru lainnya, seperti pertama kali masuk kerja.

Daripada sembarangan melakukan sesuatu dengan caramu sendiri tetapi ternyata salah dan bikin kesal semua orang, sebaiknya kamu meminta bimbingan senior. Minimal untuk memberitahukan hal-hal yang mungkin belum kamu mengerti.

2. Sudah mencoba mengatasi permasalahan sendiri, tetapi gagal terus

5 Waktu yang Tepat untuk Minta Bantuan Orang LainIlustrasi keputusasaan (pexels.com/george-milton)

Paham batas kemampuan diri itu sangat penting, lho. Ini bukan tanda kamu gak percaya diri dengan kemampuanmu. Namun gak ada gunanya juga kan, mencoba melakukan sesuatu yang melebihi kesanggupanmu?

Suatu tugas atau masalah apa pun gak bakal bisa selesai kalau kamu cuma terus memaksakan diri. Padahal makin lama terselesaikan, makin menghambat tugas-tugasmu berikutnya. Atau bahkan menimbulkan masalah baru.

Jadi, sebaiknya kamu segera menghubungi orang yang sekiranya mampu membantumu. Ketimbang kamu menjadi terlalu putus asa dan pesimis ada orang lain yang dapat melakukannya.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong 

3. Berada dalam kondisi yang amat berbahaya

5 Waktu yang Tepat untuk Minta Bantuan Orang LainIlustrasi ancaman bahaya (pexels.com/faruktokluoglu)

Contohnya, ada orang yang terus membuntutimu dalam perjalanan pulang dari bekerja. Benar, kamu tidak boleh terlalu cepat menyimpulkan dia punya niat jahat padamu.

Mungkin saja kalian cuma kebetulan satu arah. Akan tetapi bila perasaanmu sangat tidak nyaman sedangkan di depan jalanan akan makin sepi, sebaiknya kamu bergegas mencari bantuan.

Kalau tak ada petugas keamanan, siapa pun yang ada di sekitarmu juga boleh. Buat orang itu mengerti bahwa kamu 'punya teman' yang dapat membantumu jika terjadi sesuatu. Biar dia takut bila akan menjahatimu!

4. Jika sesuatu dikerjakan bersama orang lain, hasilnya akan lebih baik dan bermanfaat

5 Waktu yang Tepat untuk Minta Bantuan Orang LainIlustrasi bantuan teman (pexels.com/charlotte-may)

Siapa nih, yang lagi ingin membangun usaha sendiri? Nah, sekalipun keinginanmu ialah membangun usaha sendiri, ini gak berarti kamu gak perlu bekerja sama dengan siapa pun, lho.

Kerja sama tetap penting untuk memperbesar peluang keberhasilan usaha yang akan kamu rintis. Misalnya, kamu jago membuat berbagai kue.

Sayangnya, kamu kurang mengerti bagaimana cara mempromosikan kue buatanmu atau membuat kemasan yang menarik. Apabila temanmu ada yang mampu melakukan keduanya, kenapa kalian tidak bekerja sama saja?

5. Memang suatu tugas bukan tanggung jawabmu saja

5 Waktu yang Tepat untuk Minta Bantuan Orang LainIlustrasi anggota kelompok yang cuek (pexels.com/jopwell)

Jika tugasnya untuk kelompok, kenapa cuma kamu yang harus mengerjakannya? Seharusnya sih, kamu gak perlu sampai meminta bantuan pada anggota kelompok lainnya.

Tanpa diminta pun, sudah menjadi kewajiban mereka untuk ikut mengerjakannya juga. Namun mereka dapat bersikap acuh tak acuh bila kamu sendiri bersikap sok jago, seolah-olah kamu mampu mengerjakan semuanya sendirian.

Padahal bila sampai kamu gagal, kamu justru akan disalahkan semua orang. Akan tetapi seandainya sifat teman-temanmu memang terlalu cuek, kamu juga tetap harus mengingatkan tanggung jawab kalian atas tugas itu.

Meminta bantuan pada orang lain akan terasa mengganggu hanya jika terlalu sering dan urusannya sebetulnya sepele. Kalau begitu, barulah kamu layak disebut manja. Sebaliknya untuk lima hal di atas, kamu gak perlu mempersulit diri dengan berkeras melakukannya sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Sedikit-sedikit Minta Tolong Orang Lain 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya