Comscore Tracker

Gak Harus Berupa Uang, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menyebarkan Kebaikan

#IDNTimesLife Kamu sudah coba melakukannya?

Berbuat kebaikan bukanlah suatu pilihan tetapi adalah keharusan. Karena ketika kamu berbuat kebaikan pasti akan ada banyak orang yang merasa terbantu dan terinspirasi. Berbuat baik pada sesama gak selamanya berhubungan dengan uang. 

Kamu bisa menyebarkan kebaikan pada orang lain tanpa harus memikirkan berapa banyak uang yang kamu miliki. Nah, berikut ini lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyebarkan kebaikan pada orang lain. Let's get started! 

1. Bersikap ramah

Gak Harus Berupa Uang, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menyebarkan KebaikanIlustrasi wanita sedang tersenyum (unsplash.com/Brooke Cagle)

Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyebarkan kebaikan pada orang lain. Ketika kamu bersikap ramah kepada orang sekitar, maka orang tersebut akan merasakan kebaikan dan ketulusan dari hatimu. 

Selain itu dengan bersikap ramah dan memberi senyuman, maka secara gak langsung kamu sudah menularkan kebaikan pada orang lain. Jadi, jangan takut untuk berbuat kebaikan dimulai dari hal yang paling sederhana. 

2. Mendonasikan barang bekas yang layak pakai

Gak Harus Berupa Uang, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menyebarkan KebaikanIlustrasi dua pria sedang mengangkat sebuah box (unsplash.com/Ismael Paramo)

Barang-barang bekas yang masih layak pakai akan sangat baik, jika kamu sumbangkan pada orang lain yang lebih membutuhkan. Misalnya, kamu bisa menyumbangkan baju, sepatu, buku, ataupun barang bekas lainnya yang masih layak pakai. 

Ketika kamu memiliki hati yang ikhlas untuk memberi, yakinlah orang menerima bantuan dari kamu akan sangat bahagia. Mulailah belajar untuk memiliki hati memberi kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Harus Terbiasa Menebar Kebaikan pada Siapa Saja

3. Memberi pujian pada orang-orang di sekitarmu 

Gak Harus Berupa Uang, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menyebarkan KebaikanIlustrasi tiga orang wanita tertawa bahagia (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Memberi pujian pada orang lain gak akan menurunkan kualitas dirimu. Malah sebaliknya, orang lain akan menyukai ketulusan hatimu. Tetapi perlu kamu ingat, berikan pujian pada orang lain sesuai porsinya dan gak berlebihan. 

Pasalnya, kebaikan hati bisa terlihat ketika kamu dengan tulus memberi pujian pada orang lain. Jadi jangan takut untuk memberi pujian, karena itu salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyebarkan kebaikan. 

4. Membantu orang asing tanpa diminta

Gak Harus Berupa Uang, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menyebarkan KebaikanIlustrasi seorang wanita dan nenek sedang mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berbuat kebaikan pada orang lain sama sekali gak akan merugikan dirimu. Cobalah memulai berbuat baik dengan membantu orang asing tanpa diminta. Kamu boleh memulainya dari hal yang sederhana misalnya, memberikan kursimu pada orang yang membutuhkan ketika sedang di transportasi umum dan membantu lansia yang ingin menyebrang jalan. Hal tersebut pasti sering kamu alami dan jangan takut untuk melakukannya. 

5. Menjadi pendengar yang baik ketika ada orang curhat dengan kamu

Gak Harus Berupa Uang, Ini 5 Cara Sederhana untuk Menyebarkan KebaikanIlustrasi dua wanita sedang mengobrol (unsplash.com/Andrea Tummons)

Dengan menjadi pendengar yang baik, itu berarti kamu sudah menyebarkan kebaikan untuk orang lain. Kamu mau dengan sabar mendengarkan keluh kesah orang lain, dan dia pasti akan sangat terbantu dengan sikapmu tersebut. Gak selamanya uang membuat orang lain bahagia, tetapi cukup menjadi pendengar yang baik bagi orang lain maka dia akan merasa sangat terbantu. 

Kamu harus sadar bahwa gak selamanya menyebarkan kebaikan itu harus berupa uang. Tetapi dengan ketulusan hati yang mau membantu orang lain, itu akan jauh sangat berarti. Jadi pertanyaannya sekarang, siapkah dirimu untuk menyebarkan kebaikan untuk orang lain? 

Baca Juga: 5 Kelegaan jika Kamu Menerima Masa Lalu Buruk dengan Hati Ikhlas

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya