Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  

Yuk, segera berubah!

Orang sekitar akan menilai kamu dari sikap maupun perkataan. Dan jika kedua hal tersebut tidak dapat kamu lakukan maka, tidak ada yang mau berteman denganmu. Salah satunya dengan berkata kasar kamu mampu menyakiti orang walaupun itu tidak secara fisik.

Dan lebih parahnya lagi, kamu sulit untuk berubah dan semakin banyak orang yang akan membenci diri kamu. Nah, ketahui 5 dampak negatif berikut ini akibat kamu suka berkata kasar.

1. Sulit untuk menemukan kelebihan dalam diri

5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  Pexels/Kat Jayne

Kata-kata kasar yang sering kamu lontarkan membuat diri terpengaruh dengan banyak hal buruk. Sebaliknya, kelebihan dalam diri pasti tertutupi akibat kamu terus berkata kasar. Kelebihan diri tidak muncul dengan sendirinya kecuali, kamu rajin untuk terus mengasah. Tapi kamu malah sibuk melukai hati orang dengan kata-katamu. Alhasil, kelebihan dalam diri sulit untuk kamu temukan. 

2. Dikucilkan orang sekitar

5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  Pexels/Min An

Berkata kasar merupakan tindakan yang salah dan orang sekitar akan sangat menilai hal tersebut. Ketika kamu mampu berkata dengan sopan dan bijaksana maka, orang sekitar akan menghargainya. Namun, kamu yang suka berkata kasar akan dikucilkan oleh orang sekitar. Tidak akan ada yang mau dekat apalagi menyukai kamu.

3. Tidak mendapat kedamaian dalam hidup

5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  Pexels/Sam Pineda

Kedamaian hidup akan didapatkan jika banyak hal positif yang kamu tunjukkan. Tapi jika berkata kasar sudah menjadi kebiasaan kamu maka, kedamaian dalam hidup hanyalah sekedar angan. Kamu tidak akan pernah merasakannya karena banyak orang tidak menyukai kamu. Oleh sebab itu, berubah akan jauh lebih baik agar kamu mendapat kedamaian dalam hidup. 

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Ketika Orangtua Sering Berkata Kasar pada Anak 

4. Sulit untuk mencapai kesuksesan

5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  Pexels/Nathan Cowley

Suka berkata kasar akan membuat kamu semakin jatuh dan terpuruk. Kesuksesan yang kamu raih pasti sangat sulit dan itu akibat perkataan kamu. Teman kerja akan mengucilkan kamu dan itu akan sangat berpengaruh pada proses kesuksesan. Bagaimana kamu dapat menjadi kebanggaan orang lain jika perkataan saja tidak dapat dijaga.

5. Rasa percaya diri akan semakin menurun

5 Dampak Negatif Akibat Suka Berkata Kasar, Apa Itu Kamu?  Pexels/Pixabay

Berkata kasar dapat membuat percaya diri semakin menurun. Pasalnya, orang sekitar sulit menghormati kamu dan justru segala dukungan tidak kamu dapatkan. Sehingga kamu hanya diam dan bingung harus bagaimana menjalani hidup. Ini yang akan terus menurunkan rasa percaya diri padahal hal itu terjadi akibat kamu sendiri. 

Mulai sekarang ubah kebiasaan buruk kamu seperti suka berkata kasar. Tujuannya, agar semua orang dapat terinspirasi melalui karakter dan perkataan baik kamu.  

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasar

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya