Comscore Tracker

Ini 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Memiliki Sifat Pendendam

Lebih baik memaafkan daripada dimaafkan 

Sifat buruk yang kamu miliki akan berdampak negatif juga kepada kehidupan sehari-hari. Seperti memiliki sifat pendendam yang terus kamu lakukan sampai menjadi kebiasaan. Boleh saja tidak suka tapi, jangan sampai dendam. Usahakan untuk berjaga jarak darinya dan kamu dapat mencari teman yang lebih baik. Mudah bukan? Jadi, tidak perlu dendam. Nah berikut ini lima dampak negatif yang wajib kamu ketahui akibat suka dendam. 

1. Hidup akan sulit untuk maju

Ini 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Memiliki Sifat PendendamPexels/Daniel Reche

Dendam berarti sama saja kamu membuat hidupmu sendiri sulit untuk maju. Tidak ada yang mampu membuat hidup kamu sukses kecuali, itu diri sendiri. Dendam membuat kamu hanya terpaku tentang bagaimana membalas kesalahan orang lain. Itu yang secara otomatis membuat hidupmu sulit maju. Jika mau maju, maka gali kemampuan diri buka sudutkan kesalahan orang. 

2. Tidak dapat menemukan kelebihan diri

Ini 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Memiliki Sifat PendendamPexels/THE COLLAB.

Kelebihan diri tidak dapat kamu temukan bagi orang yang suka dendam. Dengan kamu terus dendam maka itu membuat kamu memikirkan hal yang negatif. Sehingga diri dipenuhi dengan sifat keburukan bukan kelebihan positif. 

Tanpa kamu sadari hidup akan penuh dengan keraguan dan kepercayaan diri menurun. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menjadi seorang yang terfokus pada kejelekan diri. Kalau sudah begitu kamu hanya ingin terus dendam dan sulit berubah. 

Baca Juga: 5 Hal Negatif yang Kamu Alami Jika Terlalu Pasif dalam Hubungan Asmara

3. Kamu tidak dapat mengatur emosi dengan baik

Ini 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Memiliki Sifat PendendamPexels/rawpixel.com

Orang yang pendendam pasti sulit untuk mengatur emosi. Bawaannya pasti marah, kecewa, dan sedih yang berlebihan. Ketika kamu tidak berhasil meluapkan rasa dendam tersebut maka, kamu akan kecewa dan sedih. Itu mengapa orang dendam dapat julukan susah lihat orang senang. 

Lebih baik belajar mengutarakan ketidaksukaan kamu, itu akan jauh lebih baik. Daripada disimpan dan terus membuat kamu akan sakit hati. 

4. Tidak mendapat kehidupan yang damai

Ini 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Memiliki Sifat PendendamPexels/Pixabay

Kebanyakan orang mau hidup dengan damai tapi, kamu lebih menyukai dendam. Otomatis itu berpengaruh pada kehidupanmu sendiri yang tidak akan damai. Orang lain mau mencari ketenangan sedangkan kamu berbeda sendiri karena suka mencari keributan dengan orang. Damai itu dapat diukur dari berapa banyak orang yang senang berteman dengan kamu. Oleh sebab itu, jauhi dendam dan carilah kedamaian. 

5. Tidak ada yang mau berteman dengan kamu

Ini 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Memiliki Sifat PendendamPexels/Keenan Constance

Tidak ada seseorang yang akan hidup bahagia tanpa memiliki teman. Dan jika kamu memiliki sifat pendendam maka, siap-siap untuk dijauhi oleh orang sekitar. Bagi kamu yang suka dendam, pasti akan mengalami hal ini. Dan pasti kamu akan menyesal jika semua sudah terjadi. 

Sudah terbukti bahwa dendam sangat tidak baik. Maka dari itu, bangunlah pertemanan yang sehat dan tunjukkan integritasmu tanpa rasa dendam.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Memiliki Sifat Ceroboh, Banyak Ruginya!

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya