Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam Diri

#IDNTimesLife Yuk, intip apa saja caranya!

Emosi yang muncul dalam diri, merupakan ekspresi yang wajar muncul secara manusiawi. Disamping itu, hal positif dalam diri sangat berguna untuk mendorong kamu menuju kesuksesan. Sebaliknya, emosi negatif dalam diri bisa menghambat kamu dalam meraih kesuksesan. 

Bahkan ketika kamu gak bisa mengubah emosi negatif, maka kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup akan hilang. Intinya, kamu harus bisa mengubah dan menahan emosi negatif agar gak merusak hal positif dalam diri. Yuk, kalahkan emosi negatif kamu dengan menerapkan lima cara jitu berikut ini. 

1. Mengingat hal-hal yang bahagia

5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam DiriUnsplash.com/Vila Gianandrea

Dengan mengingat hal-hal yang bahagia, maka itu sangat membantu kamu untuk menahan emosi negatif agar gak merusak hal positif dalam diri. Emosi negatif dapat dikalahkan dengan semua hal yang mampu buat kamu bahagia. 

Jadi, kamu harus lebih sering memikirkan hal-hal yang bahagia agar hidup kamu bisa selalu penuh sukacita. Cobalah untuk mengurangi beban hidup, dengan memikirkan hal yang bahagia dan tetap selalu tersenyum. 

2. Kelilingi diri dengan orang-orang yang ceria

5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam DiriUnsplash.com/Brooke Cagle

Sulit mengendalikan emosi negatif buat orang lain takut berteman denganmu. Oleh sebab itu, penting untuk kamu memilih teman yang memiliki sifat ceria. Tujuannya, agar kamu bisa mengendalikan emosi negatif tersebut dan gak mudah terpancing emosi. Lambat-laun kamu juga akan lebih ceria daripada marah-marah.

3. Gak salah untuk mengasah hobi

5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam DiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu mulai gak nyaman sebab munculnya emosi negatif, cobalah untuk mengasah hobi. Dengan banyaknya kegiatan positif yang kamu lakukan, maka emosi negatif dapat kamu kalahkan. 

Misalnya, kamu hobi bernyanyi dan gak salah jika kamu les bernyanyi untuk meningkatkan kualitas vokal kamu. Sangat mudah jika kamu belajar untuk membiasakannya, dan dengan mengasah hobi buat kamu semakin berpikir positif. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

4. Melakukan meditasi sejenak

5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam DiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Buat kamu yang masih suka terpancing akan emosi negatif, kamu harus memiliki tekad untuk berubah. Jangan buat diri kamu semakin terpuruk, karena dapat dipastikan orang lain akan menjauhi kamu. 

Jadi untuk memecahkan masalah tersebut, cobalah kamu menyisihkan waktu untuk meditasi. Ini adalah salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan. Dengan meditasi sejenak, akan buat kamu lebih tenang dan tidak kepikiran untuk terpancing emosi negatif. 

5. Mencari sumber motivasi hidup

5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam DiriPexels.com/nappy

Emosi yang negatif cenderung buat kamu menjadi minder dan sulit melangkah untuk merancang masa depan. Yang terus kamu pikirkan hanya bagaimana caranya meluapkan emosi negatif tersebut. Padahal dengan kamu meluapkan emosi negatif, justru itu buat kegagalan semakin dekat. 

Jadi, sebelum seluruh hidup kamu berubah menjadi negatif, kamu harus mau mencari sumber motivasi hidup. Banyak-banyak membaca buku atau menonton film yang menginspirasi. Itu akan sangat membantu kamu, untuk membuang jauh-jauh emosi negatif dalam diri. 

Emosi negatif bisa datang kapan saja, tergantung bagaimana kita mengendalikan keadaan. Jadi, kamu harus perbanyak aktivitas yang positif agar emosi negatif tidak merusak hal tersebut. Mulai dari sekarang kamu harus belajar lebih sabar dan ingat, bahwa diri kamu juga penting untuk bahagia. 

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya. Find me on IG: @marr_thaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya