Comscore Tracker

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu Berdebat

Karena pendapat, tidak melulu harus diperdebatkan

Memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain, sering membuat kita tertantang untuk membela pendapat kita tersebut di ruang publik. Apalagi, jika kita tahu, hal tersebut memang benar dan tak boleh untuk dilanggar.

Tapi, bukan berarti semua perbedaan pendapat tersebut, segalanya harus didebatkan lho. Menjauhkan diri dari konflik itu ada juga baiknya, berikut ini beberapa keuntungannya:

1. Hidup terasa lebih enteng

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu BerdebatPixabay.com/free-photos

Hal pertama dari keuntungan menjauhkan diri dari konflik adalah, hidupmu akan terasa lebih enteng. Tidak ada yang perlu dipikirkan lebih jauh, soal kehidupan sekitar. Semua pun akan terasa lebih sederhana dan menyenangkan setiap hari. Hidup tanpa konflik dan drama, akan membuatmu lebih bahagia.

2. Menjauhkan diri dari banyak drama

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu BerdebatPixabay.com/free-photos

Banyak drama terbentuk akibat  perdebatan pendapat, yang berujung merenggangnya hubungan petermanan. Satu hal yang harus kamu ingat, tak melulu segala hal di dunia ini harus diperdebatkan lho.

Ada kalanya, mengalah  adalah langkah yang tepat. Tidak ada gunanya juga, berdebat kepada seseorang yang tidak memiliki pengetahuan yang sama, ya kan?

3. Memiliki hubungan jangka panjang yang baik

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu BerdebatPixabay.com/5688709

Mungkin kamu sangat kesal dengan bos mu, karena semua sikapnya yang menyebalkan. Rasanya, kamu ingin sekali, menyanggah setiap perkataannya. Namun, cobalah untuk berfikir kembali, jika kamu membuat konflik dengan bos mu, apakah kamu yakin hubunganmu dengan bosmu akan berjalan dengan baik?

Lingkungan kerja yang nyaman itu penting lho. Kalau belum apa-apa kamu sudah berkonflik dengan bos, maka pekerjaanmu juga tidak akan nyaman. Hal ini juga berlaku pula, pada relasi sosialmu yang lain.

Baca Juga: Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan Pasanganmu

4. Dapat menahan diri dari keluarnya kata-kata yang buruk

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu BerdebatPixabay.com/Ashish_choudhary

Setiap orang memiliki batasannya sendiri, dalam menahan setiap emosi yang ada. Jika batasan tersebut telah dilanggar, maka tak menutup kemungkinan, orang tersebut akan meledak sejadi-jadinya. Untuk itu, menjauhkan diri dari konflik adalah salah satu bentuk pengendalian diri, agar kamu tidak mudah terpancing emosi.

5. Dapat memfokuskan diri ke hal yang lebih penting!

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu BerdebatPixabay.com/stocksnap

Seperti yang telah disebutkan diatas, tidak ada gunanya berdebat kepada seseorang yang tidak memiliki pengetahuan yang sama. Walau kamu tahu kebenarannya, berdebat kepada seseorang seperti itu, hanya akan membuang waktu dan energimu saja. 

Cukup simpan saja energimu, untuk hal yang lebih penting. Seperti kata pepatah, air yang tenang, menunjukan kedalam isi dari lautan yang luas!

Nah, itulah beberapa alasan dan keuntungan, kenapa kamu sebaiknya menjauhkan diri dari konflik. Semoga beberapa pembahasan diatas, dapat memberikanmu pengetahuan yang baru. Stay classy!

Baca Juga: 6 Cara Berdebat yang Bikin Sebal dan Gak Berfaedah, Jangan Dilakukan!

Maya Andita Photo Verified Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya