Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Bisa Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Hidup jadi lebih damai

Kamu mungkin telah sering mendengar ribuan nasihat tentang memaafkan dan melupakan kejahatan orang lain terhadapmu. Tetapi apakah kamu benar-benar bisa melakukannya? Ketika seseorang benar-benar menyakitimu, apakah kamu masih ingin memaafkan orang itu?

Memaafkan kesalahan orang lain yang sangat menyakiti hatimu tampaknya hampir tidak wajar. Tetapi memaafkan adalah hal yang baik, karena itu berikut adalah beberapa alasan yang bisa lebih meyakinkanmu mengapa kamu harus memaafkan seseorang bahkan jika sebagian dari dirimu tidak mau.

1. Memaafkan memberi arti bahwa kamu siap melepaskan rasa sakit

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Bisa Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash/Toa Heftiba

Memaafkan tidak berarti menganggap suatu hal gak pernah terjadi, dan itu juga bukan berarti bahwa orang tersebut harus tetap diterima dalam hidup kamu. Memberikan maaf atau pengampunan hanya berarti bahwa kamu sudah bisa berdamai dengan rasa sakit, dan kamu siap untuk melepaskannya.

2. Memaafkan adalah sesuatu yang dilakukan untuk diri sendiri

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Bisa Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash/Joshua Rawson-Harris

Memaafkan bukanlah sesuatu yang kamu lakukan untuk orang lain, justru itu adalah sesuatu yang kamu lakukan untuk diri kamu sendiri. Tidak memaafkan seseorang sama dengan tetap terjebak dalam sel penjara kepahitan, melayani waktu untuk kejahatan orang lain.

Seperti sebelumnya, kamu membuat pilihan sendiri untuk memikirkan penyebab rasa sakit yang kamu terima dari orang lain atau kamu ingin memaafkan dan melanjutkan hidupmu.

Baca Juga: Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiri

3. Memaafkan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kuat

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Bisa Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash/Sarah Cervantes

Orang yang lemah tidak akan pernah bisa memaafkan, karena memberikan pengampunan adalah atribut dari orang yang kuat. Dibutuhkan orang yang kuat untuk menghadapi rasa sakit secara langsung, memaafkan, dan melepaskannya. Sementara orang yang lemah akan bergumul dengan rasa sakitnya dan terus menyalahkan orang lain.

4. Memaafkan mengajarkan untuk berdamai dengan diri sendiri

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Bisa Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash.com/A L L E F . V I N I C I U S Δ

Memaafkan tidak selalu tentang orang lain, tetapi juga tentang memaafkan diri sendiri. Rasa bersalah tidak pernah membuat orang merasa lebih baik. Jadi, selalu ingat untuk memaafkan diri sendiri dan terus maju untuk bisa memaafkan orang lain. Ketika kamu sudah bisa berdamai dengan diri sendiri, maka kamu pun akan lebih mudah untuk berdamai dengan keadaan dan kesalahan orang lain.

5. Memaafkan bisa melapangkan dan mendamaikan hati

5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Bisa Memaafkan Kesalahan Orang Lainunsplash/Barbora Polednová

Memaafkan seseorang adalah bentuk cinta tertinggi dan terindah. Kamu mungkin akan menemukan bahwa kamu mendapatkan rasa damai dan bahagia sebagai balasannya. Dengan memanfaatkan berarti kamu tidak memiliki rasa dendam dan benci sehingga hatimu akan selalu diliputi ketenangan dan merasa lapang.

Jika tidak ada satu pun dari hal di atas yang menarik bagi kamu. 

Baca Juga: Stop Dendam, Ini 5 Cara Tepat Agar Ikhlas Memaafkan Kesalahan Orang

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya