Comscore Tracker

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang Pendiam

Temukan bahagiamu dengan keluar dari zona nyaman

Orang yang pendiam cendrung tidak suka keramaian. Mereka sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan orang yang baru. Terkadang, banyak hal yang membuat mereka sebenarnya ingin keluar dari zona tersebut. Akan tetapi, tidak mudah melawan rasa ketakutan dari pusat perhatian.

Buat kamu, si pendiam yang ingin keluar dari zona nyaman, salah satu caranya adalah coba deh ikut sebuah organisasi. Kalau kamu bertahan, yakin aja sikapmu bakal berubah 180 derajat setelahnya.

1. Kamu dipaksa harus menyuarakan pendapat

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang Pendiampexels.com/ Christina Morillo

Orang pendiam biasanya mengeluh tidak dapat berkomunikasi dengan baik, padahal dunia kerja butuh kemampuan tersebut. Nah di organisasi, kita bisa mengasah kemampuan berbicara. Mau tidak mau di setiap kesempatan pertemuan kita setidaknya diharuskan berbicara walaupun hanya satu kali.

2. Kamu bertemu banyak orang

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang Pendiampexels.com/Helena Lopes

Tidak perlu dipertanyakan lagi, sebuah organisasi merupakan kumpulan dari orang yang mempunyai tujuan bersama. Jadi, kamu yang sebenarnya tidak menyukai keramaian, harus mencoba bertemu dan mengerti kepribadian masing-masing orang yang tentunya berbeda-beda.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang PendiamPexels.com/mentatdgt

Saat kamu masuk ke dalam organisasi yang tujuannya sama seperti tujuan yang ingin kamu capai pastinya kamu bersemangat mengikutinya. Kamu yang biasanya hanya memendam kemampuan selama ini, dalam organisasi kemampuan itu sangat bermanfaat dan tentunya akan mengalami peningkatan jika terus diasah.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri kamu tentunya, saat kamu mendapat pujian atas hasil kerja kerasmu. Jika mendapat sebuah kritikan, jangan langsung berputus asa. Kritikan adalah hal baik yang akan membangun karakter kamu ke depannya.

Baca Juga: 6 Dilema Jujur yang Dirasakan Orang Pendiam Ketika Jatuh Cinta

4. Banyak ilmu yang akan didapat

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang Pendiampexels.com/ Startup Stock Photos

Bertemu banyak orang artinya kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman hidup berharga yang tidak akan kamu dapat jika kamu hanya berdiam diri. Dari situlah kamu bisa mendapatkan pembelajaran.

5. Memperluas jaringan pertemanan

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang PendiamPexels.com/Tirachard Kumtanom

Tanpa disadari, kamu akan mendapatkan banyak teman dibandingkan jika tidak mengkuti organisasi mana pun. Jaringan pertemanan akan sangat berguna jika kamu nanti memerlukan bantuan atau pun di masa datang dalam hal pekerjaan.

6. Bisa mengetahui kekurangan diri

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang Pendiampexels.com/Zoe Pappas

Dengan mengamati banyak orang, kita jadi punya perbandingan. Lain halnya saat kita hanya sendiri dan berdiam diri. Tidak akan ada hal yang mampu membuat kamu sadar bahwa ada sesuatu hal yang harus diperbaiki. Melalui organisasi, kamu jadi tahu kemampuan, kekurangan, dan batasan kamu saat merasakan ikut andil dalam sebuah acara atau pun rapat dalam organisasi.

7. Kamu tidak akan merasa sendiri

7 Alasan Organisasi Ampuh Mengubah Sikap Orang PendiamPexels.com/Min An

Rasa kekeluargaan dengan sendirinya akan terbentuk dalam sebuah organisasi. Kehadiran masing-masing anggota adalah hal yang penting. Kamu tidak akan merasa kesepian karena dalam organisasi semua adalah keluarga.

Nah berdasarkan keuntungan-keuntungan yang sudah dibahas di atas jika kita mengikuti organisasi, apakah kamu si pendiam bersedia keluar dari zona nyamanmu?

Baca Juga: 5 Hal yang Kerap Dirasakan Sosok Pendiam di Kehidupan Sosial

Melonave Photo Community Writer Melonave

008

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You