Comscore Tracker

5 Cara Elegan Membalas Orang-orang yang Menyepelekanmu, Jangan Minder!

Mereka cuma gak ada kerjaan!

Guys, terkadang kamu gak bisa menghindar dari orang-orang yang menyepelekanmu. Benar kan? Yups, karena dalam hidup pasti ada orang yang satu frekuensi denganmu dan ada yang tidak. Orang yang menyepelakanmu terkadang begitu menyakiti perasaanmu sehingga membuatmu minder dan putus asa.

Padahal, orang-orang yang menyepelakanmu, merekalah yang seharusnya minder karena buruknya keadaan mental mereka. Kamu gak perlu susah payah menghadapi mereka yang menyepelaknmu, inilah lima cara elegan yang paling tepat untuk membalas perbuatan buruk mereka.

1. Buktikan dengan karya dan prestasi

5 Cara Elegan Membalas Orang-orang yang Menyepelekanmu, Jangan Minder!unsplash.com/Austin Distel

Gak perlu banyak bicara untuk membalas orang-orang yang sepele denganmu. Karena sikap demikian hanya akan membuang-buang waktumu saja. Bukti nyata lebih dibutuhkan bagi mereka, jadi bekerja keraslah untuk membuktikannya. Tunjukkan karyamu dan prestasimu, sehingga akan menolak pandangan mereka yang salah kepadamu.

Kamu harus ingat bahwa menunjukkan karya dan prestasimu bukan bertujuan untuk menjatuhkan atau menghina mereka. Namun, tujuanmu menunjukkan bukti dari karya dan prestasimu hanya untuk meluruskan cara pikir mereka yang tidak tepat kepadamu.

2. Jangan balas dengan keburukan

5 Cara Elegan Membalas Orang-orang yang Menyepelekanmu, Jangan Minder!pexels.com/Petro Sandrini

Kalau kamu membalas orang-orang yang menyepelekanmu dengan balasan yang buruk, itu artinya kamu sama saja seperti mereka. Yups, sama-sama melakukan perbuatan buruk dengan cara yang berbeda. So, buktikan kepada mereka bahwa pandangan buruk mereka kepadamu tidak sama seperti kenyataannya.

Responlah mereka dengan cara yang paling baik. Sehingga mereka pun akan sadar kalau dirimu gak mudah disepelkan. Nah, nantinya mereka akan lelah dan malu sendiri karena sudah sepele kepadamu.

3. Bersikap tenang dan positive thinking

5 Cara Elegan Membalas Orang-orang yang Menyepelekanmu, Jangan Minder!pexels.com/nappy

Jangan begitu cepat marah dan kesal dengan hujatan dan hinaan orang kepadamu. Jika mereka tidak percaya dengan kemampuan dan usahamu, kamu harus tetap sabar dan mengatur emosimu dengan bijak. Bersikaplah kalem dan tenang, seolah gak ada masalah apapun yang menimpamu.

Teruslah ingat bahwa dalam hidup kamu akan menemui mereka yang menyepelekanmu. Namun, kamu juga harus ingat bahwa masih ada orang-orang baik yang akan mendukungmu. Jadi, jangan hanya karena segelintir orang-orang buruk membuatmu lupa dengan orang-orang baik di sekelilingmu. Tetaplah berpikir positif!

Baca Juga: 5 Motivasi Masuk Akal Biar Semangat Menulismu Gak Luntur

4. Abaikan dan bersikap bodo amat

5 Cara Elegan Membalas Orang-orang yang Menyepelekanmu, Jangan Minder!unsplash.com/David Marcu

Abaikan dan bodo amat merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghindarkanmu dari tekanan orang-orang yang menyepelekanmu. Kamu gak perlu stres dan merasa kecewa dengan omongan mereka, selama yang mereka katakan bukanlah kebenarannya.

Jangan sampai kamu repot-repot merespon hal yang sebenarnya gak perlu direspon. Cukup diam dan jangan gubris celaan mereka yang sepele kepadamu. Karena nantinya mereka yang akan berhenti sendiri karena sikap cuekmu tersebut.

5. Say thanks to them!

5 Cara Elegan Membalas Orang-orang yang Menyepelekanmu, Jangan Minder!unsplash.com/ann_van_

Berterima kasihlah kepada orang-orang yang menyepelekanmu, karena mereka sudah mau meluangkan waktunya untukmu. Itu artinya mereka sudah mau memberikan sebagian dari 24 jam yang dimilikinya hanya untuk sibuk memperhatikan, mengurus dan mempedulikanmu. So, say thanks to them! 

Mengucapkan terima kasih merupakan bentuk balasan yang paling elegan kepada mereka. Biarkan saja mereka jadi bingung dengan sikapmu. Intinya, tetap sikapi dengan baik dan jangan mengambil hati perbuatan buruk mereka. Oke?

Itulah lima cara elegan untuk membalas sikap orang-orang yang sepele denganmu. Yuk, coba terapkan dalam kehidupanmu!

Baca Juga: 5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidup

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya