Comscore Tracker

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiri

Sayangi dirimu sebelum menyayangi orang lain

Bersikap adil tak hanya pada orang lain melainkan juga pada diri sendiri. Dirimu adalah titipan Tuhan yang wajib kamu rawat, jaga dan bahagiakan. Well, memang menjadi adil adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi tak ada salahnya untuk terus berusaha dan mencobanya semaksimal mungkin. Perlu kamu kenali, ini tujuh tanda kamu sudah tak adil pada diri sendiri. Yuk, jangan diabaikan!

1. Selalu menyalahkan diri sendiri

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiriunsplash.com/@courtneyrclayton

Yakinlah, tidak semua kesalahan murni disebabkan olehmu. Karena dalam tiap usaha manusia pasti ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Jangan terus menerus menyalahkan dirimu atas penyebab suatu masalah. Bukankah manusia itu tak pernah luput dari kesalahan?

Yang terpenting, saat kamu telah melakukan kesalahan segera sadari dan evaluasi. Cobalah memaafkan diri sendiri. Karena menyesal dan menyalahkan dirimu hanya akan menghancurkan dirimu sendiri. So, teruslah menjadi yang terbaik bukan yang sempurna.

2. Malas merawat diri sendiri

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiripexels.com/Dazzle Jam

Jiwa dan ragamu adalah pemberian dari Tuhan. Yup, yang namanya pemberian harus dirawat, dijaga dan disyukuri dong. Orang yang tak adil pada dirinya akan malas merawat dirinya sendiri. Karena ia tak menghargai dan tak mencintai yang diberikan kepadanya.

7Jadi, mulailah seimbang dalam merawat mental dan fisikmu. Jika kamu berusaha menjaga tubuhmu selalu sehat, begitu pun dengan mentalmu. Jangan sampai secara fisik kamu segar bugar, tapi secara mental kamu stres dan menderita.

3. Berada di lingkungan yang tidak kondusif untukmu

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiriunsplash.com/seemurray

Memang benar kalau manusia harus mampu berjuang di kondisi terburuk sekalipun. Tapi, apakah terus menerus bertahan di lingkungan yang sudah tak kondusif terus dipertahankan? Tentu tidak. Yang ada kamu akan tidak adil pada dirimu sendiri.

Jika berada di lingkungan yang tidak kondusif untukmu tak bisa diatasi lagi, maka segaralah tinggalkan. Carilah lingkungan baru dengan suasana yang lebih mendukung untuk kenyamanan dan kebahagiaanmu.

Baca Juga: No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amat

4. Menjalin hubungan dengan orang yang selalu menyakitimu

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendirisp.depositphotos.com

Guys, lepaskanlah ia tak pernah membuatmu bahagia. Tinggalkanlah ia yang selalu memberikanmu luka dan penderitaan. Masih banyak kok orang-orang yang pantas kamu berikan kesempatan, selain ia yang tak pernah memiliki niat untuk berubah. 

Jangan sampai kamu memberikan kebahagiaan pada orang lain, tetapi dirimu sendiri tidak pernah mendapat kebahagiaan yang adil. So, jangan berhubungan dengan mereka yang hanya jadi toxic bagi kamu. Oke?

5. Terus melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiriunsplash.com/Soroush Karimi

Jangan paksa dirimu untuk melakukan sesuatu yang di luar kendalimu sendiri. Lakukanlah sesuatu yang memang benar-benar kamu sukai. Selain akan membawa dampak kebahagiaan bagimu, hal tersebut juga akan membuatmu melakukannya secara maksimal. 

6. Mudah menyesali segala hal

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiriunsplash.com/@joshrh19

Guys, sesuatu yang telah terjadi biarlah berlalu. Percayalah, sebuah yang disesali itu tak ada artinya. Yang ada hanya akan menyakiti dan tak adil pada dirimu. Ambillah hikmah dari setiap kejadian, kemudian renungkan dan cari solusi agar tak terulang di kemudian hari.

Merasa bertanggung jawab terhadap semua masalah bukan suatu tindakan yang bijak. Tetaplah berpikir positif meski di saat situasi tersulit sekalipun. Peganglah prinsip tidak mudah menyesali tapi merenungi dan mencari solusi.

7. Memprioritaskan kebahagiaan orang lain

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Kamu Sudah Tidak Adil pada Diri Sendiriunsplash.com/Allan Filipe Santos Dias

Memang ada tipe orang yang sumber kebahagiaannya jika melihat kebahagiaan pada orang lain. Tapi jika terus menerus seperti itu apakah adil bagi dirimu? Boleh berbagi kebahagiaan, namun tak berarti melupakan kebahagiaanmu. Karena kamu juga butuh dibahagiakan. Kamu juga perlu memprioritaskan kebahagiaanmu.

Jadi, jangan terlalu memaksakan diri untuk membahagiakan semua orang. Karena cara bahagia setiap orang berbeda dan kamu belum tentu sanggup memprioritaskan kebahagiaan mereka dibandingkan dirimu sendiri.

Nah, itulah tadi tujuh tanda kamu sudah bersikap tak adil pada diri sendiri. Gimana nih, guys? Apa kamu sering tak sadar melakukannya? Kalau begitu, yuk segera diubah. Kamu juga butuh keadilan untuk dirimu sendiri, lho.

Baca Juga: Cuma Orang Jujur & Bijaksana yang Punya 5 Kebiasaan Ini!

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You