Comscore Tracker

No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amat

sesekali boleh kok abaikan saja

Bagi sebagian orang, cara mereka dipandang oleh sekitarnya bisa menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mereka jadi terlalu peduli pada pemikiran dan ucapan orang lain tentang diri mereka. Bahkan parahnya, tak jarang keinginan orang akan dituruti demi tetap dipandang baik. Pada akhirnya sedikit saja dijadikan bahan pembicaraan orang, mereka akan langsung berpikiran terlalu jauh. 

Padahal hal semacam ini bisa saja hanya datang dari dalam pikiran sendiri. Kadang, kita perlu bersikap sedikit bodo amat terhadap apa yang orang lain katakan dan pikirkan. Bukan karena menjadi antisosial, hanya saja terkadang sedikit abai pada pandangan orang lain juga ada manfaatnya.

Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh saat kita bisa bersikap bodo amat.

1. Lebih bisa menikmati hidup

No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amatunsplash.com/Rowan Chestnut

Saat kita bisa bersikap bodo amat atas pandangan orang lain, ada kebahagiaan hidup yang sulit dijelaskan. Kita akan merasa bebas melakukan apapun yang kita inginkan dan tidak harus merasa terbebani dengan kritikan dari orang lain. Baik itu tentang cara kita memilih style fashion atau hal sepele berkaitan dengan cara menghabiskan weekend, semua bisa dilakukan sesuai keinginan kita.

2. Adakalanya cuek justru membuat hidup terasa lebih tenang

No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amatunsplash.com/Kristopher Roller

Dengan sedikit saja mengabaikan apa yang orang lain pikirkan tentang kita, hidup bisa terasa lebih tenang. Bukan berati kita jadi tidak peduli pada sekitar, hanya saja menjadi cuek memang sesekali boleh dilakukan. Terlebih saat apa yang dibicarakan hanya berfokus pada kekurangan dan kesalahan yang memang pernah kita lakukan. Sikap bodo amat pada hal-hal semacam ini akan membuat pikiran kita tenang dan jauh dari stres.

3. Tidak lagi merasa iri atas apa yang didapat orang lain

No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amatunsplash.com/Charnee May

Tak jarang saat membicarakan seseorang, akan ada perbandingan dengan orang lain yang ditambahkan. Kelebihan orang yang satu akan dibesar-besarkan dihadapan kesalahan yang kita lakukan. Pada akhirnya, hal semacam ini akan mengusik pikiran kita hingga merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Dengan sedikit bodo amat, semua perasaan iri itu akan diredam dan kita akan lebih fokus dengan apa yang sudah dimiliki.

Baca Juga: Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Ini

4. Bisa lebih fokus pada tujuan hidup kita sendiri

No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amatunsplash.com/David Iskander

Setiap orang pasti sudah memiliki tujuan hidup dan menargetkan beberapa pencapaian. Namun seringkali komentar orang lain akan sedikit mengalihkan konsentrasi. Progres dari tujuan yang sudah ditetapkan akan sedikit terhambat demi melayani omongan orang. Jika kita mampu bersikap bodo amat, tujuan hidup menuju target pasti akan lebih cepat tercapai. Bukan karena kita ambisius, tapi lebih karena kita mampu berfokus pada tujuan yang ingin dicapai dibandingkan menanggapi keinginan orang lain yang tidak ada habisnya.

5. Tidak lagi cepat merasa cemas pada sesuatu

No Overthinking, Ini 5 Manfaat Saat Kita Bisa Bersikap Bodo Amatunsplash.com/Giulia Bertelli

Saat kita lebih memperhatikan komentar orang lain, tak jarang akan muncul perasaan cemas yang berlebihan. Kita akan terus mengkhawatirkan pendapat orang lain dibandingkan menjalani semua sesuai pemikiran kita. Andai komentar tadi sifatnya membangun, boleh saja kita terima dam pikirkan baik-baik. Namun jika malah terus menjatuhkan, kita sendiri yang akan rugi. Pada akhirnya, rasa cemas berlebihan hanya akan menunda kita untuk maju dan meraih cita-cita.

Menjadi sedikit cuek dan tidak peduli sesekali boleh saja dilakukan. Dengan catatan jika tertuju pada komentar dan pemikiran yang hanya akan melemahkan kita. Terkadang dengan bersikap bodo amat, kita justru akan mendapatkan manfaat yang tidak kita duga sebelumnya.

Baca Juga: 10 Quotes Mark Manson di Buku: "Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat"

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You