5 Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih!

Jas hujan yang berwarna terang membuat kita mudah terlihat

Memasuki musim hujan, jas hujan menjadi salah satu barang yang penting dan wajib dimiliki. Seiring berkembangnya zaman, model jas hujan pun ikut berkembang menjadi berbagai macam, termasuk yang bergambar karakter lucu atau memiliki bentuk yang imut-imut.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa jas hujan yang baik adalah yang dapat melindungi kita dari hujan dan memudahkan ruang gerak selama beraktivitas di musim hujan. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk memilih jas hujan yang nyaman dan juga aman.

1. Pilih jas hujan yang terbuat dari material berkualitas

5 Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih!ilustrasi jas hujan tahan air (unsplash.com/Hamed darzi)

Memilih jas hujan dengan material berkualitas menjadi hal yang sangat krusial. Material berkualitas tinggi membuat jas hujan menjadi lebih kokoh dan kurang rentan terhadap kerusakan.

Hal ini memastikan bahwa jas hujan dapat digunakan secara maksimal dan optimal dalam jangka waktu yang lama sebagai pelindung tubuh kita selama hujan deras atau badai. Kalian dapat memilih jas hujan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti PVC, yang terkenal andal dalam menahan air dan memiliki daya tahan yang baik.

2. Pilih jas hujan dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh

5 Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih!ilustrasi orang menggunakan jas hujan (pexels.com/John Diez)

Pastikan jas hujan memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh kalian. Hindari yang terlalu longgar atau terlalu ketat, sehingga memberikan kenyamanan dan perlindungan optimal tanpa menghambat gerakan. Fleksibilitas yang memadai pada jas hujan memastikan kita dapat bergerak dengan mudah dan menjalankan aktivitas tanpa kendala.

Jas hujan yang sesuai dengan ukuran tubuh juga dapat memberikan tampilan yang lebih estetis. Selain itu, perhatikan tinggi jas hujan untuk memastikan perlindungan menyeluruh, termasuk bagian bawah dan sekitar pergelangan tangan.

Baca Juga: Alasan Jas Hujan Model Ponco Bisa Bikin Celaka

3. Pilih jas hujan dengan desain yang sesuai kebutuhan

dm-player
5 Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih!ilustrasi jas hujan yang memiliki tudung (pexels.com/Zeynep Sude Emek)

Beberapa jas hujan dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti resleting atau kancing, dan tudung yang dapat memberikan perlindungan lebih baik, terutama pada bagian kepala. Namun, pastikan jas hujan yang kalian pilih memiliki ventilasi yang cukup untuk membantu mengurangi kelembapan, menjaga kesejukan, dan menghindari rasa pengap di dalamnya.

Pastikan juga bahwa jahitan pada jas hujan rapi dan kuat. Selain itu, bagi kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan, pilih desain yang ringan dan mudah dilipat untuk dibawa kemana-mana.

4. Pilih jas hujan dengan warna terang agar terlihat

5 Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih!ilustrasi orang menggunakan jas hujan warna kuning (unsplash.com/ Alesia Kaz)

Warna terang dapat membuat kita lebih terlihat di kondisi hujan dan minim cahaya, sehingga dapat meningkatkan tingkat keamanan. Hal ini menjadi lebih penting, terutama jika kita berada di tempat yang minim lampu atau di jalan raya yang padat dan ramai.

Pastikan untuk memilih jas hujan dengan warna cerah atau dilengkapi elemen reflektif yang mencolok agar kita mudah terlihat oleh pengendara dan pejalan kaki lainnya. Dengan begitu, kita tidak hanya mendapatkan perlindungan dari hujan, tetapi juga meningkatkan keamanan diri selama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca buruk.

5. Pilih jas hujan yang mudah dirawat dan mudah dibersihkan

5 Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman, Jangan Sampai Salah Pilih!ilustrasi jas hujan (unsplash.com/Katya Ross)

Pilihlah jas hujan yang mampu mengering dengan cepat dan mudah dibersihkan setelah digunakan. Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan penggunaan berikutnya, tetapi juga memastikan jas hujan tetap dalam kondisi baik dan bebas dari kelembapan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap atau pertumbuhan bakteri. 


Dengan menerapkan tips-tips di atas, kalian dapat memilih jas hujan nyaman sesuai dengan kebutuhan yang dapat memberikan perlindungan maksimal saat cuaca buruk. Kalian juga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman, terlindung dari hujan, tanpa khawatir terkendala oleh jas hujan yang tidak sesuai. Jangan sampai memilih jas hujan yang dapat membuat kalian kesulitan bergerak, apalagi sampai membuat kalian terpeleset dan jatuh, ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toko Jas Hujan di Surabaya

Milla Photo Verified Writer Milla

I am a learner. I love to learn, and sometimes, I still make mistakes, but I try to learn from them.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya